Soal PEMA4210 STATISTIKA PENDIDIKAN


LATIHAN SOAL UAS S1 PGSD UNIVERSITAS TERBUKA (UT)
PEMA4210 STATISTIKA PENDIDIKAN

KODE NASKAH : LM01PEMA4210
NAMA PENGEMBANG : KARTONO (kartono@mail.ut.ac.id)

SAPAAN
Halo mahasiswa UT, selamat berjumpa kembali dalam Latihan Mandiri (LM). Apakah Anda sudah mempelajari Buku Materi Pokok (BMP) Statistika Dasar? Bila sudah, Anda dapat langsung mengerjakan LM mata kuliah PEMA4210/ Statistika Pendidikan.
LM ini dimaksudkan untuk membantu Anda mengetahui kaberhasilan atau kemajuan belajar Anda setelah mempelajari satu BMP dan untuk menyiapkan diri dalam menghadapi Ujian Akhir Semester (UAS). Naskah LM ini sudah dilengkapi hint yang berisi rambu-rambu untuk menyelesaikan setiap butir soal serta feedback yang berisi penjelasan untuk setiap option benar maupun salah.

Petunjuk mengerjakan soal.
Bacalah setiap butir soal pada Naskah Soal LM01PEMA4210 dengan teliti, kemudian pilihlah salah satu jawaban yang benar dari pilihan A, B, C, atau D pada Lembar Jawaban. Jika Anda menjawab dengan benar maka akan keluar keterangan bahwa jawaban Anda benar, sedangkan jika jawaban Anda salah maka akan muncul petunjuk jawaban disertai dengan langkah/ keterangan mengapa jawaban Anda salah. Selamat Mengerjakan.

1. Pembulatan angka 205,255 hingga perseratusan adalah ….

A. 205,2
B. 205,3
C. 205,25
D. 205,26

2. 
A. 15
B. 20
C. 35
D. 640

3. Tabel distribusi dari data berikut: 5, 7, 4, 8, 5, 9, 1, 6, 10, 4, 3, 9, 5, 2, 6, 5, 7, 3, 8, 5, 7. Jika data tersebut disajikan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi dengan panjang kelas 2 adalah ….
 4.

Panjang kelas interval tabel distribusi frekuensi di atas adalah ….

A. 9
B. 10
C. 11
D. 12

5.

Persentase banyaknya data pada interval ke 4 adalah ….

A. 13
B. 18,7
C. 26,7
D. 29,3

6.

Frekuensi kumulatif kurang dari 60 pada tabel di atas adalah ….

A. 1
B. 5
C. 19
D. 39

 7. Diberikan diagram lingkaran sebaran “Kesukaan Siswa pada 5 Mata Pelajaran” sebagai berikut:

Jika diketahui jumlah seluruh siswa 120 orang maka banyaknya siswa yang menyukai pelajaran matematika adalah….

A. 15 orang
B. 20 orang
C. 25 orang
D. 30 orang

8. Diberikan data sebagai berikut:
Siswa perempuan kelas IA 20 orang
Siswa laki-laki kelas IA 10 orang
Siswa perempuan kelas IB 15 orang
Siswa laki-laki kelas IB 25 orang
Siswa perempuan kelas IC 25 orang
Siswa laki-laki kelas IC 10 orang
Sajian data tersebut dalam bentuk diagram batang adalah ….







9. 
Rata-rata dari data di atas adalah ….

A. 60,0
B. 68,5
C. 68,1
D. 69,0 

10.

Modus dari data di atas adalah ….

A. 70,5
B. 71,0
C. 77,2
D. 80,0

11.
Median dari data di atas adalah ….

A. 20,5
B. 29,5
C. 36,17
D. 46,17

12.
Kuartil atas dari data di atas adalah ….

A. 9,5
B. 10,97
C. 45
D. 45,75

 13.
Nilai D3 dari data di atas adalah ….

A. 7,5
B. 7,9
C. 18,0
D. 18,3

14.
Nilai P60 dari data di atas adalah ….

A. 9,50
B. 9,77
C. 10,00
D. 10,00

15. Simpangan kuartil dari data 2, 2, 3, 4, 4, 4, 5, 7, 9, 9 adalah ….

A. 2,50
B. 2,75
C. 4,50
D. 4,75

 16. Rata-rata simpangan dari data 2, 2, 3, 4, 4, 4, 5, 7, 9, 9 adalah ….

A. 20,0
B. 20,8
C. 4,09
D. 4, 90

17. Koefisien kemiringan pertama Pearson dari data di bawah ini adalah ….

A. - 0,042
B. - 0,024
C. 0,024
D. - 0,042

18. Koefisien keruncingan dari data di bawah ini adalah ….

A. - 0,271
B. - 0,0271
C. 0,0271
D. 0,271

 19. Luas di bawah kurva normal antara z = 0,42 dan z = 1,45 adalah ….

A. 0,1628
B. 0,2630
C. 0,4265
D. 0,5893

20. Luas daerah di bawah distribusi t dari t = 1,86 ke kanan dengan derajat kebebasan 8 adalah ….

A. 0,01
B. 0,05
C. 0,95
D. 0,99

21. Nilai t agar luas di bawah distribusi t dari t ke kanan 0,025 dengan derajat kebebasan 9 adalah ….

A. - 2,260
B. - 0,703
C. 0,703
D. 2,260

 22.

A. 8,26
B. 12,4
C. 28,4
D. 37,6

23. Nilai F agar luas di bawah kurva F dari F ke kanan 0,01 dengan dk pembilang 11 dan dk penyebut 9 adalah ….

A. 2,9
B. 3,10
C. 4,63
D. 5,18

24. Anggapan atau pernyataan yang mungkin benar atau tidak, mengenai satu populasi atau lebih disebut ....

A. statistika
B. statistik
C. hipotesis
D. hipotesis statistik

 25. Kesalahan jenis I dari penelitian yang hendak mengetahui apakah metode baru lebih baik dari metode lama adalah….

A. menyimpulkan bahwa metode baru tidak berbeda nyata dengan metode lama
B. menyimpulkan bahwa metode baru lebih baik dari metode lama
C. menerima kesimpulan bahwa metode baru tidak berbeda nyata dengan metode lama padahal metode baru lebih baik dari metode lama
D. menerima kesimpulan bahwa metode baru lebih baik dari metode lama padahal metode baru tidak berbeda nyata dengan metode lama

26. Dua buah gugus data dengan jumlah sampel masing-masing 15 memiliki ragam (variansi) masing-masing 2,05 dan 4,85. Apabila kedua gugus data tersebut berdistribusi normal dan seorang peneliti ingin mengetahui kehomogenan dari kedua gugus data tersebut maka kesimpulan yang dapat ditarik adalah ….

A. kedua gugus data tersebut tidak homogen pada taraf nyata 0,02
B. kedua gugus data tersebut tidak homogen pada taraf nyata 0,1
C. kedua gugus data tersebut tidak dapat ditentukan kehomogenanya
D. kedua gugus data tersebut tidak dapat dianalisis

27. Pada suatu penelitian yang bertujuan menduga berat badan dari tinggi badan peserta pelatihan penerbangan, yang dapat dinyatakan sebagai peubah tak bebas (dependent variable) dan peubah bebas (independent variable) adalah ….

A. tinggi badan peserta sebagai peubah tak bebas dan berat badan peserta sebagai peubah bebas
B. tinggi badan peserta sebagai peubah bebas dan berat badan peserta sebagai peubah tak bebas
C. tinggi badan peserta dan berat badan peserta sebagai peubah bebas
D. tinggi badan peserta dan berat badan peserta sebagai peubah tak bebas

 28. Jika suatu penelitian menghasilkan persamaan regresi linear “Hasil Penjualan Mobil = 0,25 Harga BBM + 0,05” maka dapat disimpulkan bahwa ….

A. setiap kenaikan dua kali harga BBM maka akan diikuti dengan peningkatan penjualan satu unit mobil
B. setiap kenaikan empat kali harga BBM maka akan diikuti dengan peningkatan penjualan satu unit mobil
C. setiap kenaikan delapan kali harga BBM maka akan diikuti dengan peningkatan penjualan satu unit mobil
D. setiap kenaikan 16 kali harga BBM maka akan diikuti dengan peningkatan penjualan satu unit mobil

29.

A. setiap peningkatan satu unit peubah x maka akan diikuti oleh 0,20 peningkatan peubah y
B. setiap peningkatan satu unit peubah x maka akan diikuti oleh 0,80 peningkatan peubah y
C. keragaman yang dapat dijelaskan oleh model tersebut sebesar 20%
D. keragaman yang dapat dijelaskan oleh model tersebut sebesar 80%

30.

A. 0,414
B. 0,441
C. 0,514
D. 0,541


No comments:

Post a Comment