KUNCI JAWABAN DAN PEMBAHASAN SOAL UAS UT PDGK4204 PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA DI SD



KUNCI JAWABAN DAN PEMBAHASAN SOAL UAS UT
PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA DI SD PDGK4204


1. Materi soal ini dapat Anda baca di modul 1 kegiatan belajar 1.

A. Salah, karena merupakan sifat subsistem bahasa.

B. Benar, karena karakteristik bahasa selain terdiri atas sejumlah unsur yang tertata secara teratur, juga harus memiliki makna.

C. Salah, karena sifat sistemis bahasa harus mempunyai makna

D. Salah, karena merupakan tiga subsistem bahasa


2. Materi soal tersebut dapat Anda baca di modul 1 kegiatan belajar 1

A. Salah, karena merupakan percakapan antarteman yang terjadi di halte bus, menggunakan kosakata nonbaku: semalam, nggak, udah.

B. Salah, karena merupakan percakapan antara kakak dan adik yang terjadi di rumah, menggunakan kosakata nonbaku: loh, nitip, oke.

C. Salah, karena merupakan percakapan antara pembeli dan penjual yang terjadi di sebuah toko.

D. Benar, karena menggunakan kosakata baku, suasana di kantor



3. Materi soal tersebut dapat anda baca di modul 2, kegiatan belajar 1.

A. Benar, karena proses pemerolehan bahasa dilakukan secara spontan, tidak disadari, lisan, melalui menyimak dan berbicara.

B. Salah, karena pemerolehan bahasa anak hanya dilakukan secara tidak disadari dan tidak direncanakan/diniatkan khusus untuk belajar

C. Salah, karena pemerolehan bahasa anak tidak secara tertulis dan melalui membaca

D. Salah, karena proses pemerolehan bahasa anak harus dilakukan secara terus-menerus.


4. Materi soal tersebut dapat anda baca di modul 2, kegiatan belajar 1.

A. Benar, karena proses pemerolehan bahasa hanya dilakukan secara tidak sadar, lisan, melalui menyimak dan berbicara

B. Salah, karena pemerolehan bahasa anak hanya dilakukan secara tidak sadar dan tidak ada niat khusus untuk belajar;

C. Salah, karena pemerolehan bahasa anak tidak secara tertulis dan dengan membaca

D. Salah, karena proses pemerolehan bahasa anak harus dilakukan secara terus-menerus.


5. Materi soal ini dapat Anda baca di modul 2 kegiatan belajar 1.

A. Salah, karena pernyataan tersebut merupakan pengertian faktor motivasi

B. Salah, karena merupakan penjelasan faktor biologis

C. Benar, karena semakin tinggi inteligensinya, semakin cepat pemerolehan bahasa dan semakin kreatif

D. Salah, karena merupakan penjelasan dari faktor lingkungan sosial.


6. Materi soal ini dapat diakses di modul 2, kegiatan belajar 1.

A. Salah, karena merupakan pengertian strategi mengingat.

B. Salah, karena merupakan strategi mengingat;

C. Benar, karena dengan mengulang persis seperti yang didengar akan lebih mudah diingat dan diterima

D. Salah, karena merupakan penjelasan strategi mengalami langsung


7. Materi soal ini dapat Anda baca di modul 2, kegiatan belajar 1.

A. Benar, karena bunyi bahasa tersebut dihasilkan belum bermakna linguistik,

B. Salah, karena bunyi bahasa yang dihasilkan sudah bermakna

C. Salah, karena tuturan yang dihasilkan secara gramatikal sudah lebih jelas

D. Salah, karena ujaran yang dihasilkan sudah berupa kalimat, walaupun mungkin susunan katanya belum teratur


8. Materi soal ini dapat Anda baca di modul 2, kegiatan belajar 2.

A. Salah, karena tidak hanya kasus 1, tapi kasus 2 B2-nya juga bahasa Indonesia

B. B benar, karena Ayu menguasai bahasa Indonesia setelah bahasa Jawa, dan Astrid menguasai bahasa Indonesia setelah bahasa minang

C. Salah, karena B2 Sheila bukan bahasa Indonesia, tetapi bahasa Perancis dan bahasa Bugis

D. Salah, karena B2 Sheila bahasa Perancis dan bahasa Bugis.


9. Materi soal ini dapat Anda baca di modul 2 kegiatan belajar 2.

A. Salah, karena bahasa Sunda yang Mira pelajari tidak secara formal

B. Benar, karena Shinta belajar bahasa Jepang melalui lembaga formal, yaitu tempat kursus

C. Salah, karena bahasa Jawa yang dipelajari Mira tidak melalui lembaga formal

D. Salah, karena Edo dan sepupunya saling belajar bahasa masing-masing secara spontan.


10. Materi soal ini dapat Anda baca di modul 2, kegiatan belajar 2.

A. Salah, karena hanya dengan menguasai rumus tata bahasa tidak menjamin dapat menguasai bahasa yang sedang dipelajari

B. Salah, karena dengan menguasai sejumlah kosakata kalau tidak dipraktekkan untuk berkomunikasi sama saja

C. Benar, karena menurut teori wacana, dengan terlibat langsung dalam berkomunikasi dengan bahasa yang sedang dipelajari akan lebih efektif

D. Salah, karena walaupun belajar dengan tubian kalau tidak digunakan secara langsung hasilnya kurang maksimal.


Pendidikan Bahasa Indonesia di SD PDGK4204

11. Materi soal ini dpat Anda baca di modul 3, kegiatan belajar 1.

A. Benar, karena pada hakikatnya belajar bahasa adalah belajar berkomunikasi

B. Salah, karena dengan memahami unsur-unsur kalimat bukan merupakan belajar berkomunikasi;

C. Salah, karena aturan/kaidah bahasa dapat dipelajari bersamaan dengan menggunakan bahasa

D. Salah, karena pernyataan tersebut bagian dari prinsip empiris lainnya.


12. Materi soal ini dapat Anda baca di modul 3 kegiatan belajar 1.

A. Salah, karena cara tersebut digunakan dalam teknik pemberian tugas

B. Salah, karena tujuan teknik ramu pendapat bukan agar siswa tertarik belajar lebih lanjut, tetapi untuk mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya

C. Salah, karena usaha tersebut jelas digunakan dalam teknik pemberian tugas

D. Benar, karena dengan cara tersebut guru dapat memperoleh banyak pendapat/informasi, dengan demikian banyak pula materi yang dapat didiskusikan.


13. Materi soal ini dapat anda baca dalam modul 3 kegiatan belajar 1.

A. Salah, karena pernyataan tersebut penekanan dalam CBSA

B. Benar, karena untuk mendukung kemampuan komunikasi siswa, siswa harus diberi kesempatan sebanyak-banyaknya untuk melakukan komunikasi baik lisan maupun tulisan

C. Salah, karena hal itu merupakan penekanan dari pendekatan keterampilan proses

D. Salah, karena dalam berkomunikasi harus menguasai keempat keterampilan berbahasa.


14. Materi soal ini dapat Anda baca dalam modul 3 kegiatan belajar 2,

A. Salah, karena dalam pembelajaran bahasa, untuk memperkaya kosakata harus banyak membaca

B. Salah, karena untuk membuat pembelajaran Bahasa Indonesia lebih sederhana adalah dengan memilih materi pelajaran yang sesuai dengan kondisi sosial-budaya siswa

C. Benar, karena dengan adanya tema pembelajaran bahasa dapat lebih terarah dan fokus

D. Salah, karena yang diperlukan dalam pembelajaran lintas materi adalah kemampuan siswa terhadap minimal dua keterampilan berbahasa, yaitu keterampilan membaca dan menulis.


15. Materi soal ini dapat Anda akses di modul 3 kegiatan belajar 2.

A. Salah, karena bukan merupakan langkah pembelajaran terpadu lintas kurikulum, karena hanya mengilustrasikan pembelajaran Bahasa Indonesia yang mencakup dua keterampilan berbahasa (berbicara-menyimak)

B. Salah, karena bukan merupakan langkah pembelajaran terpadu lintas kurikulum, karena hanya mengilustrasikan pembelajaran Bahasa Indonesia yang mencakup dua keterampilan berbahasa (membaca-menulis)

C. Salah, karena bukan merupakan langkah pembelajaran terpadu lintas kurikulum, karena hanya mengilustrasikan pembelajaran Bahasa Indonesia yang mencakup dua keterampilan berbahasa ( menyimak-menulis)

D. Benar, karena ilustrasi tersebut mencakup mata pelajaran Bahasa Indonnesia dan Matematika.


16. Materi soal ini dapat Anda aca di modul 4 kegiatan belajar 1.

A. Salah, karena merupakan pendapat Franklin Bobbit;

B. Salah, karena pengertian kurikulum tersebut mrupakan pendapat Krug,

C. Benar, karena menurut Johnson kurikulum merupakan alat ukur untuk mencapai tujuan pembelajaran

D. Salah, karena pendapat tersebut dikemukakan oleh Harnack


17. Materi soal ini dapat Anda baca di modul 4 kegiatan belajar 1.

A. Salah, karena tugas guru tidak hanya membuat satuan pelajaran, tetapi antara lain melaksanakan proses belajar-mengajar

B. Benar, karena dalam menjalankan tugasnya sehari-hari guru memerlukan kurikulum

C. Salah karena pedoman untuk mengevaluasi siswa merupakan fungsi kurikulum bagi kepala sekolah

D. Salah, karena pernyataan tersebut merupakan fungsi kurikulum bagi sekolah.


18. Materi soal ini dapat Anda baca di modul 4 kegiatan belajar 1.

A. Salah, karena orang pergi ke pantai pada umumnya untuk rekreasi.

B. Benar, karena peristiwa meletusnya gunung Krakataubukan bukan merupakan pengalaman rekreasi.

C. Benar, karena pergi ke Danau Toba merupakan pengalaman yang mengindikasikan rekreasi.

D. Benar, karena pergi ke Kebun Raya mengindikasikan rekreasi.


19. Materi soal ini dapat Anda baca di modul 5 kegiatan belajar 1.

A. Salah, karena kompetensi dasar yang tepat adalah cukup membaca dongeng

B. Benar, karena pernyataan tersebut merupakan rumusan hasil belajar

C. Salah, karena indikator yang tepat adalah membacakan dongeng dengan penghayatan sesuai isi: dengan lafal dan intonasi yang sesuai

D. Salah, karena materi pokok yang tepat adalah teks dongeng


20. Materi soal ini dapat Anda baca di modul 4 kegiatan belajar 1.

A. Salah, karena dengan memparafrasekan cerita fiksi, siswa dapat memahami isi cerita.

B. Benar, karena indikator tersebut tidak sesuai hasil belajar.

C. Salah, karena indikator tersebut tidak sesuai dengan materi dan hasil belajar yang diharapkan

D. Salah, karena dengan mengajukan dan dapat menjawab pertanyaan yang sesuai isi cerita, berarti siswa memahami isi cerita


Pendidikan Bahasa Indonesia di SD PDGK4204

21. Materi soal ini dapat Anda baca di modul 5 kegiatan belajar 2.

A. Benar, karena pernyataan tersebut merupakan kriteria dalam prinsip presentasi bahan

B. Salah, karena dalam prinsip seleksi harus ada keterkaitan antara tujuan pengajaran, level materi, dan lamanya belajar

C. Salah, karena jumlah materi juga berkaitan dengan jumlah waktu belajar.

D. Salah, karena kriteria sangat diperlukan dalam seleksi sebagai landasan untuk menentukan pilihan.


22. Materi soal ini dapat Anda baca di modul 5 kegiatan belajar 2.

A. Benar, kelengkapannya meliputi: bagian awal naskah, bagian isi naskah

B. Salah, karena naskah yang ditullis harus asli dan belum pernah diterbitkan

C. Salah, karena merupakan patokan umum menurut Tarigan;

D. Salah, karena merupakan patokan khusus menurut Tarigan


23. Materi sial ini dapa Anda baca di modul 6 kegiatan belajar 1

A. Benar, karena sasaran membaca permulaan cukup sampai melek huruf

B. Salah, karena mengeja suku diajarkan bila siswa telah melek huruf.

C. Salah, karena mengeja suku kata dan membaca kata diajarkan bila siswa telah melek huruf

D. Salah, karena membaca kalimat sudah merupakan sasaran membaca lebih lanjut


24. Materi soal inidapat Anda pelajari di modul 6 kegiatan belajar 2.

A. Salah, karena tujuan metode SAS tidak hanya digunakan untuk membaca, tapi juga untuk menulis

B. Salah, karena metode SAS tidak hanya untuk menulis permulaan, tetapi juga membaca permulaan

C. Benar, karena merupakan tujuan metode SAS.

D. Salah, karena sasaran tersebut terlalu luas


25. Materi soal ini dapat anda baca di modul 6 kegiatan belajar 2

A. Salah, karena langkah tersebut merupakan langkah pembelajaran yang tepat, sesuai dengan tujuan pembelajaran

B. Salah, karena langkah tersebut merupakan langkah pembelajaran yang tepat, sesuai dengan tujuan pembelajaran

C. Salah, karena langkah tersebut merupakan langkah pembelajaran yang tepat, sesuai dengan tuuan pembelajaran.

D. Benar, karena guru akan memberikan penjelasan bila siswa tidak memahami gambar tersebut, hal itu kemungkinan kecil terjadi, karena guru selain memperlihatkan gambar, juga memperlihatkan kartu kata, diharapkan kartu kata tersebut sudah menggiring siswa untuk memahami gambar.


26. Materi soal ini dapat Anda baca di modul 6 kegiatan belajar 2

A. Salah, karena langkah-langkah pembelajaran tersebut sudah tepat, sesuai dengan tujuan pembelajaran

B. Salah, karena langkah-langkah pembelajaran tersebut sudah tepat, sesuai dengan tujuan pembelajaran

C. Salah, karena langkah-langkah pembelajaran tersebut sudah tepat, sesuai dengan tujuan pembelajaran

D. Benar, karena tidak sesuai, alasannya siswa tidak perlu menggambar seorang anak perempuan dan seorang anak laki-laki, karena tujuan pembelajarannya adalah pengenalan huruf, bukan menggambar


27. Materi soal di bawah ini dapat Anda baca di modul 6 kegiatan belajar 3.

A. Salah, karena menggunakan penilaian keterampilan proses

B. Salah, karena menggunakan penilaian hasil

C. Salah, karena menggunakan penilaian hasil

D. Benar, karena nilai akhir Talita tidak hanya dilihat dari hasil UAS, tetapi dilihat secara keseluruhan, yaitu dari nilai-nilai ulangan harian, bahkan prestasi di luar kelas pun (pandai pidato) diperhitungkan sebagai nilai tambah.


28. Materi kegiatan ini dapat Anda baca di modul 7 kegiatan belajar 1

A. Salah, karena merupakan aspek kemampuan berbahasa

B. Salah, karena merupakan aspek kemampuan berbahasa

C. Salah, karena merupakan aspek kemampuan berbahasa`

D. Benar, karena merupakan aspek kemampuan kebahasaan


29. Materi soal ini dapat And abaca di modul 7 kegiatana belajar 1.

A. Benar, karena kegiatannya diawali dengan membaca puisi, membaca puisi adalah membaca indah

B. Salah, karena Bu Erni menekankan pada aspek menyimak

C. Salah, karena pembelajaran yang disampaikan Pak Budi adalah pembelajaran yang menekankan pada keterampilan membaca dengan pemahaman

D. Salah, karena tugas yang diberikan Bu Jamilah menekankan pada keterampilan menulis


30. Materi soal ini dapat Anda baca di modul 7 kegiatan belajar 2.

A. Salah, karena mengenal kata dan kalimat merupakan tujuan membaca di kelas rendah.

B. Benar, karena membaca dengan pemahaman mempermudah untuk memahami isi bacaan.

C. Salah, karena  tujuan tersebut merupakan tujuan untuk bidang kebahasaan.

D. Salah, karena pernyataan tersebut merupakan salah satu langkah metode SQ3R


Pendidikan Bahasa Indonesia di SD PDGK4204

31. Materi soal ini dapat Anda baca di modul 7 kegiatan belajar 2.

A. Salah, karena menulis kata merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki siswa kelas rendah sebagai dasar menulis kalimat.

B. Salah, karena menulis kalimat sederhana merupakan kemampuan dasar menulis di kelas rendah dalam mengarang.

C. Salah, karena dalam menulis/mengarang perlu menguasai kaidah penulisan untuk memperlancar proses menulis.

D. Benar, karena merupakan aspek yang harus dikuasai siswa kelas tinggi.


32. Materi soal ini dapat Anda baca di modul 8 kegiatan belajar 1.

A. Salah, karena membedakan huruf merupakan tahap pengenalan huruf

B. Benar, karena dengan membaca dalam hati siswa diharapkan dapat lebih berkonsentrasi, sehingga lebih mudah dalam memahami isi bacaan

C. Salah, karena menjawab pertanyaan bukan merupakan tujuan utamanya, tapi tujuan lebih lanjut. Dengan memahami isi bacaan, siswa dapat menjawab pertanyaan yang dimaksud

D. Salah, karena merupakan tujuan membaca teknik


33. Materi soal ini dapat Anda baca di modul 8 kegiatan belajar 1.

A. Benar, karena membedakan bentuk wacana merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh siswa kelas tinggi

B. Salah, karena merupakan hal-hal yang harus dibinakan kepada siswa di kelas rendah menurut Oka

C. Salah, karena merupakan hal-hal yang harus dibinakan kepada siswa di kelas rendah menurut Oka

D. Salah, karena merupakan hal-hal yang harus dibinakan kepada siswa di kelas rendah menurut Oka


34. Materi soal ini dapat Anda baca di modul 8 kegiatan belajar 1.

A. Salah, karena merupakan indikator yang berkompetensi dasar membaca sekilas teks agak panjang

B. Benar, karena sesuai dengan standar kompetensi, kompetensi dasar, dan materi pokok

C. Salah, karena tidak sesuai dengan hasil belajar yang diinginkan.

D. Salah, karena tidak sesuai dengan kompetensi dasar, hasil belajar, dan materi pokok.


35. Materi soal ini dapat Anda Anda baca di modul 8 kegiatan belajar 1.

A. Salah, karena merupakan metode bunyi

B. Salah, karena merupakan metode suku kata

C. Benar, karena dalam metode kata siswa diperkenalkan dengan kata-kata terlebih dahulu;

D. Salah, karena merupakan metode SAS


36. Materi soal ini dapat Anda baca di modul 8 kegiatan belajar 2

A. Salah, karena tidak jelas puisi yang dipelajari siswa dari mana sumbernya

B. Benar, karena kegiatan inti tersebut sudah runtut dan sesuai dengan tujuan.

C. Salah, karena membaca puisi tidak seharusnya dilakukan secara berkelompok

D. Salah, karena tidak ada interaksi antara guru, siswa, sesama siswa


37. Materi soal ini dapat Anda lihat di modul 9 kegiatan belajar 1

A. Salah, model pembelajaran tersebut sangat dianjurkan, karena belajar dengan pengalaman nyata (mengalami langsung) akan lebih berkesan bagi siswa, sehingga akan lebih mudah memahaminya dan diharapkan dapat menumbuhkan daya kreasinya

B. Salah, model pembelajaran tersebut sangat dianjurkan, karena belajar dengan pengalaman nyata (mengalami langsung) akan lebih berkesan bagi siswa, sehingga akan lebih mudah memahaminya dan diharapkan dapat menumbuhkan daya kreasinya;

C. Salah, model pembelajaran tersebut sangat dianjurkan, karena belajar dengan pengalaman nyata (mengalami langsung) akan lebih berkesan bagi siswa, sehingga akan lebih mudah memahaminya dan diharapkan dapat menumbuhkan daya kreasinya.

D. Benar, karena membuat ringkasan bukan merupakan pembelajaran menulis di SD. Selain itu tugas tersebut cukup berat bagi siswa bila tidak dikerjakan secara berkelompok.


38. Materi soal ini dapat Anda baca di modul 9 kegiatan belajar 2.

A. Salah, karena merupakan teknik menjawab pertanyaan.

B. Salah, karena merupakan teknik melengkapi kalimat;

C. Benar, sudah jelas, kalimat “Adik belajar” dengan menambahkan kata "matematika" menjadi kalimat yang lebih luas "Adik belajar matematika".

D. Salah, karena merupakan teknik transformasi.


39. Materi soal ini dapat Anda baca di modul 10 kegiatan belajar 1.

A. Salah, karena pengalaman merupakan sesuatu yang baru, yang perlu diasah.

B. Salah, karena melalui pembelajaran seseorang akan mengalami perubahan tingkah laku yang permanen.

C. Salah, karena melalui latihan praktis akan mengubah tingkah laku seseorang.

D. Benar, karena perubahan tingkah laku melalui proses, tidak secara tiba-tiba.


40. Materi soal ini dapat Anda baca di modul 10 kegiatan belajar 1.

A. Salah, karena hanya mendengarkan sepintas.

B. Benar, karena menyimak harus dilakukan dengan sengaja dan penuh perhatian, agar dapat memahami apa yang disimak.

C. Salah, karena menyimak harus dilakukan dengan sengaja.

D. Salah, karena mendengarkannya tidak dengan sungguh-sungguh.

Pendidikan Bahasa Indonesia di SD PDGK4204

41. Materi soal ini dapat Anda baca di modul 10 kegiatan belajar 1.

A. Benar, karena dengan memvisualisasikan materi yang harus diingat akan lebih mudah dalam mengingatnya.

B. Salah, karena merupakan teknik penggabungan.

C. Salah, karena merupakan teknik pengelompokan kategorial.

D. Salah, karena merupakan teknik menyimak pemenggalan.


42. Materi soal ini dapat Anda pelajari di modul 10 kegiatan belajar 1.

A. Salah, karena tujuannya untuk mendapatkan informasi.

B. Benar, karena dengan memahami hal-hal yang terkecil dari materi yang disimak, akan lebih mudah dalam menganalisis fakta.

C. Salah, karena menyimak seperti itu hanya untuk mendapatkan hiburan.

D. Salah, karena merupakan fungsi menyimak untuk mengevaluasi fakta.


43. Materi soal ini dapat Anda baca di modul 10 kegiatan belajar 2.

A. Salah, karena merupakan metode simak-ulang ucap.

B. Salah, karena merupakan metode simak-jawab.

C. Salah, karena merupakan metode simak-rangkum.

D. Benar, guru menyampaikan suatu tebakan, siswa diminta menerka.


44. Materi soal ini dapat Anda baca di modul 11 kegiatan belajar 1.

A. Salah, karena merupakan penjabaran dari aktivitas yang sistemik

B. Salah, karena mearupakan penjelasan dari aktivitas yang sistematis

C. Benar, dalam pembelajaran harus ada aturan, tahapan, dan tujuan yang jelas

D. Salah karena dalam proses tersebut tidak terdapat adanya tujuan yang ingin dicapai


45. Materi soal ini dapat Anda baca di modul 11 kegiatan belajar 1.

A. Salah, karena merupakan berbicara interpersonal

B. Salah, karena berbicara dengan metode impromptu tidak menggunakan naskah/teks/mendadak

C. Benar, sudah jelas

D. Salah, karena merupakan berbicara dengan tujuan membuat orang lain senang


46. Materi soal ini dapat Anda baca di modul 11 kegiatan belajar 2.

A. Salah, karena merupakan teknik berbicara yang memahami proses komunikasi massa, Markonah semula merasa grogi, tapi karena dia memahami proses komunikasi massa, menjadi lebih tenang dan dapat menjawab pertanyaan denan baik


B. Salah, karena merupakan teknik berbicara yang memahami proses komunikasi massa, Harmooni semula merasa grogi, tapi karena dia memahami proses komunikasi massa, menjadi lebih tenang dan dapat menjawab pertanyaan denan baik

C. Salah, karena merupakan teknik berbicara yang memiliki keberanian dan tekad yang kuat. Amanda mempunyai tekad yang kuat untuk menang.

D. Benar, karena Bu Lintang memiliki pengetahuan yang luas, sehingga dapat menyajikan materi seminar/gagasannya dengan lancar.


47. Materi soal ini dapat Anda pelajari di modul 11 kegiatan belajar 2

A. Salah, karena tidak mengandung keterampilan berbicara, tidak sesuai dengan tujuan

B. Salah, karena langkah-langkah pembelajaran tersebut kurang lengkap dan tidak sesuai dengan indikator.

C. Salah, karena tidak jelas dari mana sumber gambar, dan tidak sesuai dengan tujuan

D. Benar, karena langkah-langkah pembelajarannya runtut dan sesuai dengan tujuan


48. Materi soal ini dapat Anda baca di modul 11 kegiatan belajar 2.

A. Salah, karena kegiatan tersebut tidak ada unsur keterampilan berbicara, hanya menulis

B. Salah, karena aktivitas pembelajaran tersebut tidak ada aspek keterampilan berbicara, hanya menyimak dan menulis.

C. Benar, karena membaca puisi dilakukan secara individu

D. Salah, karena kegiatan tersebut tidak dilakukan secara individu, tetapi berkelompok


49. Materi soal ini dapat Anda baca di modul 12 kegiatan belajar 2.

A. Salah, karena rasa dendam yang dapat menimbulkan kebencian dapat berpengaruh buruk pada perkembangan jiwa anak

B. Salah, karena gaya penyajian secara langsung lebih mudah dipahami anak-anak

C. Salah, karena anak sedang dalam taraf menuntut ilmu yang bermanfaat untuk masa depan.

D. Benar, karena tema percintaan yang erotis belum waktunya diberikan kepada anak-anak.


50. Materi soal ini dapat Anda baca di modul 12 kegiatan belajar 1

A. Benar, karena kelas 1 merupakan kelas permulaan, tingkat pemahaman mereka baru sebatas pengenalan terhadap karya sastra yang paling mudah dipahami yaitu dongeng, yang sudah biasa mereka dengarkan sebelum masuk sekolah dasar.

B. Salah, karena merupakan tujuan pembelajaran di kelas 2, untuk kelas 1, mendeklamasikan puisi atau syair lagu

C. Salah, karena merupakan tujuan pembelajaran di kelas 2, kalau di kelas satu memerankan tokoh tertentu dalam dongeng.

D. Salah, karena merupakan tujuan pembelajaran di kelas tinggi



No comments:

Post a Comment