KUNCI JAWABAN DAN PEMBAHASAN SOAL UAS
UT
PDGK4203
PENDIDIKAN MATEMATIKA 1
1. MODUL 1 PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SD
Kb. 1.Teori Belajar dalam Pembelajaran Matematika
di SD
A. Benar, jika seorang anak dikatakan telah
mengerti bahwa banyaknya benda-benda itu akan tetap walaupun letaknya
berbeda-beda, maka dikatakan anak tersebut telah memiliki kekekalan bilangan
B. Salah, karena seorang anak dikatakan memiliki
kekekalan isi apabila ia sudah mengerti bahwa air yang ditumpahkan dari sebuah
bak atau gelas yang penuh adalah sama dengan isi sebuah benda yang
ditenggelamkannya.
C. Salah, karena seorang anak dikatakan memiliki
kekekalan panjang apabila ia berpendapat bahwa tali atau kawat yang tidak
dikerutkan akan lebih panjang daripada yang tidak dikerutkan.
D. Salah, karena seorang anak dikatakan memiliki
kekekalan luas apabila ia berpendapat bahwa luas daerah yang ditutupi oleh
benda-benda lebih luasdaripada yang tersebar, hanya cara menyimpannya saja
berbeda sehingga kelihatannya berbeda.
2. MODUL 1 PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SD
Kb. 1.Teori Belajar dalam Pembela-jaran Matematika
di SD
A. Benar, tahap Enaktif merupakan tahapan proses
belajar menurut Brunner
B. Salah, tahap Representasi merupakan tahapan
proses belajar menurut Dienes
C. Salah, tahap Simbolisasi merupakan tahapan
proses belajar menurut Dienes
D. Salah, tahap Formalisasi merupakan tahapan
proses belajar menurut Dienes
3. MODUL 1 PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SD
Kb. 1.Teori Belajar dalam Pembela-jaran Matematika
di SD
A. Salah, memilih materi pelajaran termasuk dalam
tahapan rencana pelaksanaan pembelajaran matematika di SD
B. Benar, mengerjakan latihan soal-soal tidak
termasuk dalam tahapan rencana pelaksanaan pembelajaran
C. Salah, tujuan belajar matematika termasuk dalam
tahapan rencana pelaksanaan pembelajaran
D. Salah, sumber belajar termasuk dalam tahapan
rencana pelaksanaan pembelajaran
4. MODUL 1 PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SD
Kb. 2.Model-Model Pembelajaran Matematika di SD
A. Benar, dalam suatu pembelajarankonsep yang
mengenal istilah atau pengertian "penjumlahan" dan "lambang
untuk penjumlahan (+)"disebut konsep dasar
B. Salah, karena konsep yang berkembang dari
konsep dasar adalah konsep yang dikembangkan dari konsep-konsep dasar, misalnya
"pengenalan tentang sifat pertukaran pada penjumlahan"
C. Salah, karena konsep yang harus dibina
keterampilannya adalah melakukan latihan untuk membina keterampilan dari
sekumpulan" bahasan, misalnya menyelesaikan soal-soal cerita sederhana
yang melibatkan penjumlahan bilangan 1 sampai dengan 5.
D. Salah, karena tidak ada konsep berhitung dalam
pembelajaran
5. MODUL 1 PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SD
Kb. 2.Model-Model Pembelajaran Matematika di SD
A. Salah, karena termasuk rancangan model-model
pendekatan pembelajaran matematika
B. Salah, karena termasuk rancangan model-model
pendekatan pembelajaran matematika
C. Salah, karena termasuk rancangan model-model
pendekatan pembelajaran matematika
D. Benar , karena bukan termasuk rancangan
model-model pendekatan pembelajaran matematika
PDGK4203 PENDIDIKAN MATEMATIKA 1
6. MODUL 2 BILANGAN CACAH
Kb. 1 Bilangan dan Lambangnya serta
Pembelajarannya di SD
A. Salah, karena tempat di ratusan ribu adalah
angka 4
B. Salah, karena tempat di puluhan ribu adalah
angka 7
C. Benar, karena 9 merupakan nilai tempat di
ribuan
D. Salah, karena tempat diratusan adalah angka 0
7. MODUL 2 BILANGAN CACAH
Kb. 2 Bilangan Cacah, Operasinya serta teknik
Penyelesai-an dan Pembela-jarannya di SD
A. Salah, seharusnya disebutkan gambarnya apa
B. Salah, seharusnya disebutkan gambarnya apa
C. Salah, bukan 3 bendera ditambah 4 bendera sama
dengan 7 bendera tetapi 3 bendera ditambah 1 bendera sama dengan 4 bendera
D. Benar, 3 bendera ditambah 1 bendera sama dengan
4 bendera
8. MODUL 2 BILANGAN CACAH
Kb. 2 Bilangan Cacah, Operasinya serta teknik
Penyelesaian dan Pembelajarannya di SD
A. Salah, karena hasil penjumahannya 3.176
B. Benar,
2.342
786
45
3
______ +
3.176
C. Salah, karena hasil penjumahannya 3.176
D. Salah, karena hasil penjumahannya 3.176
9. MODUL 2 BILANGAN CACAH
Kb. 2 Bilangan Cacah, Operasinya serta teknik Penyelesaian
dan Pembela-jarannya di SD
A. Salah, benar bahwa tertutup merupakan
sifat-sifat pada penjumlahan bilangan cacah
B. Salah, benar bahwa pengelompokkan merupakan
sifat-sifat pada penjumlahan bilangan cacah
C. Salah, benar bahwa pertukaran merupakan
sifat-sifat pada penjumlahan bilangan cacah
D. Benar, bahwa tidak tertutup bukan merupakan
sifat-sifat pada penjumlahan bilangan cacah
10. MODUL 2 BILANGAN CACAH
Kb. 2 Bilangan Cacah, Operasinya serta teknik
Penyelesaian dan Pembela-jarannya di SD
A. Salah, karena hasilnya adalah 8
B. Salah, karena hasilnya adalah 8
C. Benar, bahwa Akar pangkat 3 dari 512 = ( 83
)1/3= 8
D. Salah, karena hasilnya adalah 8
PDGK4203 PENDIDIKAN MATEMATIKA 1
11. MODUL 2 BILANGAN CACAH
Kb. 2 Bilangan Cacah, Operasinya serta teknik
Penyelesai-an dan Pembela-jarannya di SD
A. Salah, karena perkalian atau pembagian lebih
dulu diselesaikan sehingga hasilnya adalah 34.000 bukan 34.250
B. Benar, karena perkalian atau pembagian lebih
dulu diselesaikan sehingga hasilnya adalah 34.000
C. Salah, karena perkalian atau pembagian lebih
dulu diselesaikan sehingga hasilnya adalah 34.000 bukan 33.750
D. Salah, karena perkalian atau pembagian lebih
dulu diselesaikan sehingga hasilnya adalah 34.000 bukan 33.500
12. MODUL 3 BILANGAN BULAT
Kb. 1 Bilangan Bulat dan Lambangnya serta
Pembelajarannya di SD
A. Benar, karena pada bilangan bulat negatif -1 merupakan
bilangan bulat negatif terbesar dari pada -2 atau -3 atau -4 atau -5
B. Salah, karean -3 bukan bilangan negatif
terbesar
C. Salah, karean -4 bukan bilangan negatif
terbesar
D. Salah, karean -5 bukan bilangan negatif
terbesar
13. MODUL 3 BILANGAN BULAT
Kb. 2 Operasi pada Bilangan Bulat dan
Sifat-Sifatnya serta Pembelajarannya di SD
A. Salah, karena hasil penjumlahan dua buah
bilangan negatif tersebut bukan 10 tetapi hasilnya adalah -10
B. Salah, karena hasil penjumlahan dua buah
bilangan negatif tersebut bukan 10 tetapi hasilnya adalah -10
C. Salah, karena hasil penjumlahan dua buah
bilangan negatif tersebut bukan 10 tetapi hasilnya adalah -10
D. Benar, karena hasil penjumlahan dua buah
bilangan negatif tersebut hasilnya adalah -10
14. MODUL 3 BILANGAN BULAT
Kb. 2 Operasi pada Bilangan Bulat dan
Sifat-Sifatnya serta Pembelajarannya di SD
A. Benar, karena untuk pembulatan satuan terdekat
adalah 9,0
B. Salah, karena 9,4 bukan pembulatan kesatuan
terdekat
C. Salah, karena 9,5 bulan pembulatan ke satuan
terdekat
D. Salah, karena 10 bukan pembulatan ke satuan
terdekat
15. MODUL 4 PERPANGKATAN/ PENARIKAN AKAR PADA
BILANGAN BULAT DAN SISTEM BILANGAN ROMAWI
Kb. 1 Perpangkatan/ Penarikan Akar Bilangan Bulat
dan Penggunaan-nya
A. Salah, karena hasil dari ( 32 )3 = ( 3)2x3 = 36
bukan 35
B. Benar, karena ( 32 )3 = ( 3)2x3 = 36
C. Salah, karena hasil dari ( 32 )3 = ( 3)2x3 = 36
bukan 38
D. Salah, karena hasil dari ( 32 )3 = ( 3)2x3 = 36
bukan 39
PDGK4203 PENDIDIKAN MATEMATIKA 1
16. MODUL 4 PERPANGKATAN/ PENARIKAN AKAR PADA
BILANGAN BULAT DAN SISTEM BILANGAN ROMAWI
Kb. 1 Perpangkatan/ Penarikan Akar Bilangan Bulat
dan Penggunaannya
A. Salah, karena Akar 256 = Akar 16²
= 16 bukan 14
Benar, Akar 256 = Akar 16²
= 16
Salah, karena Akar 256 = Akar 16²
= 16 bukan 14
Salah, karena Akar 256 = Akar 16²
= 16 bukan 14
17. MODUL 4 PERPANGKATAN/ PENARIKAN AKAR PADA
BILANGAN BULAT DAN SISTEM BILANGAN ROMAWI
Kb. 1 Perpangkatan/ Penarikan Akar Bilangan Bulat
dan Penggunaannya
A. Salah, karena akar pangkat 3 dari 64 adalah 4
bukan 3
B. Benar, a pangkat 3 = 64, maka a = ( 64 )1/3
= ( 43)1/3 = 4
C. Salah, karena akar pangkat 3 dari 64 adalah 4
bukan 6
D. Salah, karena akar pangkat 3 dari 64 adalah 4
bukan 8
18. MODUL 4 PERPANGKATAN/ PENARIKAN AKAR PADA
BILANGAN BULAT DAN SISTEM BILANGAN ROMAWI
Kb. 2 Bilangan Romawi
A. Salah, karena 73 = LXXIII
B. Benar, karena CXXIII = 123
C. Salah, karena
523 = DXXIII
D. Salah, karena 1023 = MXXIII
19. MODUL 5 KELIPATAN DAN FAKTOTR BILANGAN
Kb. 1 Kelipatan dan Faktor Bilangan
A. Salah, bilangan genap adalah bilangan yang
habis dibagi 2
B. Benar, bilangan ganjil adalah bilangan yang
tidak habis dibagi 2
C. Salah, bilangan yang dimulai dari 0, 1, 2,
3.......
D. Salah, bilangan prima adalah bilangan yang
habis dibagi oleh 1 dan dirinya sendiri
20. MODUL 5 KELIPATAN DAN FAKTOTR BILANGAN
Kb. 2 Kelipatan Persekutuan, Faktor Persekutuan
dan Faktor Bilangan Prima
A. Salah, karena faktor dari 30 adalah 1, 2, 3, 5,
6, 10, 15 dan 30 sedangkan yang merupakan faktor primanya adalah 2, 3 dan 5
bukan hanya 2 dan 3
B. Salah, karena faktor dari 30 adalah 1, 2, 3, 5,
6, 10, 15 dan 30 sedangkan yang merupakan faktor primanya adalah 2, 3 dan 5
bukan hanya 3 dan 5
C. Salah, karena faktor dari 30 adalah 1, 2, 3, 5,
6, 10, 15 dan 30 sedangkan yang merupakan faktor primanya adalah 2, 3 dan 5, 1
bukan bilangan prima
D. Benar, karena faktor dari 30 adalah 1, 2, 3, 5,
6, 10, 15 dan 30 sedangkan yang merupakan faktor primanya adalah 2, 3 dan 5
PDGK4203 PENDIDIKAN MATEMATIKA 1
21. MODUL 5 KELIPATAN DAN FAKTOTR BILANGAN
Kb. 2 Kelipatan Persekutuan, Faktor Persekutuan dan
Bilangan Prima
A. Salah, karena 4 bukan faktor persekutuan dari
18 dan 48 akan tetapi 4 merupakan faktor dari 48
B. Benar, karena Faktor dari 18 adalah 1, 2, 3, 6,
9, 18.
Faktor dari 48 adalah 1, 2, 3, 4, 6, 8, 12, 16,
24, 48.
Faktor persekutuan dari 18 dan 48 = 1, 2, 3, 6
C. Salah, karena 4 bukan faktor persekutuan dari
18 dan 48 akan tetapi 4 merupakan faktor dari 48
D. Salah, karena 4 dan 8 bukan faktor persekutuan
dari 18 dan 48 akan tetapi 4 dan 8 merupakan faktor dari 48
22. MODUL 6 KPK dan FPB
Kb. 1 KPK dan FPB
A. Salah, karena 12 merupakan kelipatan dari 3
juga kelipatan dari 4 dan bukan kelipatan dari 8
B. Salah, karena 16 merupakan kelipatan dari 8 dan
bulkan merupakan kelipatan dari 3 dan juga merupakan kelipatan dari 4
C. Benar, karena
Kelipatan dari 3 = 3, 6, 9, 12, 15, 18, 21, 24
.............
Kelipatan dari 4 = 4, 8, 12, 16, 20, 24
....................
Kelipatan dari 8 = 8, 16, 24, 32
.......................
KPK dari 3, 6 dan 8 adalah 24
D. Salah, bukan kelipatan persekutuan terkecil
dari 3, 4 dan 8
23. MODUL 6 KPK dan FPB
Kb. 2 Penerapan KPK dan FPB
A. Salah, karena 4 bukan FPB dari 16 dan 24
B. Benar, karena
Faktor persekutuan dari 24 = 1, 2, 4, 6, 8, 12
Faktor persekutuan dari 16 = 1, 2, 4, 8
FPB dari 16 dan 24 = 8
C. Salah, karena 12 bukan faktor persekutuan dari
16
D. Salah, bukan faktor persekutuan dari 16
24. MODUL 6 KPK dan FPB
Kb. 2 Penerapan KPK dan FPB
A. Benar, karena
Kelipatan kelereng Adi adalah 20, 40, 60, 80, . .
.
Kelipatan kelereng Budi adalah 30, 60, 90,120, . .
.
Terlihat KPK nya adalah 60, ini diperoleh dari 3
kali kelereng Adi dan 2 kali kelereng Budi, sehingga a + b = 3 + 2 = 5.
Nilai 5 adalah nilai a + b yang paling kecil
B. Salah, karena KPK dari kelereng Adi dan Budi
adalah 60, ini diperoleh dari 3 kali kelereng Adi dan 2 kali kelereng Budi,
sehingga a + b = 3 + 2 = 5 bukan 4.
C. Salah, karena KPK dari kelereng Adi dan Budi
adalah 60, ini diperoleh dari 3 kali kelereng Adi dan 2 kali kelereng Budi,
sehingga a + b = 3 + 2 = 5 bukan 3.
D. Salah, karena KPK dari kelereng Adi dan Budi
adalah 60, ini diperoleh dari 3 kali kelereng Adi dan 2 kali kelereng Budi,
sehingga a + b = 3 + 2 = 5 bukan 2.
25. MODUL 7 BILANGAN PECAHAN BIASA DAN PECAHAN
DESIMAL
Kb. 1 Bilangan Pecahan dan Operasinya
A. Salah, perhatikan di attachment gambar bagian
yang diarsir dan bagian keseluruhannya tampak bahwa 2 bagian dari 8 bagian,
jadi 2/8 bukan 2/4
B. Benar, perhatikan gambar bagian yang diarsir
dan bagian keseluruhannya tampak bahwa 2 bagian dari 8 bagian, jadi 2/8
C. Salah, perhatikan di attachment gambar bagian
yang diarsir dan bagian keseluruhannya tampak bahwa 2 bagian dari 8 bagian,
jadi 2/8 bukan 4/4
D. Salah, perhatikan di attachment gambar bagian
yang diarsir dan bagian keseluruhannya tampak bahwa 2 bagian dari 8 bagian,
jadi 2/8 bukan 4/8
PDGK4203 PENDIDIKAN MATEMATIKA 1
26. MODUL 7 BILANGAN PECAHAN BIASA DAN PECAHAN
DESIMAL
Kb. 1 Bilangan Pecahan dan Operasinya
A. Salah, karena 3/4 < 3/2
B. Salah, karena 1/5 < 1/3
C. Benar, karena 2/3 > 2/5
D. Salah, karena 3/5 < 3/2
27. MODUL 7 BILANGAN PECAHAN BIASA DAN PECAHAN
DESIMAL
Kb. 1 Bilangan Pecahan dan Operasinya
A. Salah, karena 1/2 + 3/2 = 4/2 = 2 bukan 1
B. Benar, karena 1/2 + 3/2 = 4/2 = 2
C. Salah, karena 1/2 + 3/2 = 4/2 = 2 bukan 3
D. Salah, karena 1/2 + 3/2 = 4/2 = 2 bukan 4
28. MODUL 7 BILANGAN PECAHAN BIASA DAN PECAHAN
DESIMAL
Kb. 1 Bilangan Pecahan dan Operasinya
A. benar, karena 3 1/2 x 4 2/3 = 7/2 x 14/3 = 49/3
B. Salah, karena 3 1/2 x 4 2/3 = 7/2 x 14/3 = 49/3
bukan 54/3
C. Salah, karena 3 1/2 x 4 2/3 = 7/2 x 14/3 = 49/3
bukan 61/6
D. Salah, karena 3 1/2 x 4 2/3 = 7/2 x 14/3 = 49/3
bukan 78/6
29. MODUL 7 BILANGAN PECAHAN BIASA DAN PECAHAN
DESIMAL
Kb. 2 Pecahan Desimal
A. Salah, 0,25 = 25/100 = 1/4 bukan 1/5, karena
penyebut dan pembilang dari 25/100 sama-sama dibagi dengan 25
B. Benar, karena 0,25 = 25/100 = 1/4
C. Salah, 0,25 = 25/100 = 1/4 bukan 1/3, karena
penyebut dan pembilang dari 25/100 sama-sama dibagi dengan 25
D. Salah, 0,25 = 25/100 = 1/4 bukan 1/2, karena
penyebut dan pembilang dari 25/100 sama-sama dibagi dengan 25
30. MODUL 7 BILANGAN PECAHAN BIASA DAN PECAHAN
DESIMAL
Kb. 2 Pecahan Desimal
A. Salah, karena bilangan " tiga ratus enam
belas per puluh ribuan" adalah 0,0316 sedangkan 0,00316 adalah bilangan
"tiga ratus enam belas per ratusan ribuan"
B. Benar
C. Salah, karena bilangan " tiga ratus enam
belas per puluh ribuan" adalah 0,0316 sedangkan 0,31600 adalah bilangan
"tiga ratus enam belas per ribuan"
D. Salah, karena bilangan " tiga ratus enam
belas per puluh ribuan" adalah 0,0316 sedangkan 0,36100 adalah bilangan
"tiga ratus enam puluh satu per ribuan"
PDGK4203 PENDIDIKAN MATEMATIKA 1
31. MODUL 8 BILANGAN RASIONAL dan BILANGAN
IRASIONAL SERTA CARA MENGAJARKANNYA
Kb. 1 Bilangan Rasional dan Sifat-Sifatnya
A. Salah, karena 3/5 = 6/10 bukan 3/10
B. Benar, karena 3/5 = 6/10
C. Salah, karena 3/5 = 6/10 bukan 3/100
D. Salah, karena 3/5 = 6/10 bukan 6/100
32. MODUL 8 BILANGAN RASIONAL dan BILANGAN
IRASIONAL SERTA CARA MENGAJARKANNYA
Kb. 1 Bilangan Rasional dan Sifat-Sifatnya
A. Salah, karena 3/4 + 5/7 = 21/28 + 20/28 = 41/28
bukan 15/28
B. Salah, karena 3/4 + 5/7 = 21/28 + 20/28 = 41/28
bukan 31/28
C. Benar, karena 3/4 + 5/7 = 21/28 + 20/28 = 41/28
D. Salah, karena 3/4 + 5/7 = 21/28 + 20/28 = 41/28
bukan 56/28
33. MODUL 8 BILANGAN RASIONAL dan BILANGAN
IRASIONAL SERTA CARA MENGAJARKANNYA
Kb. 1 Bilangan Rasional dan Sifat-Sifatnya
A. Salah, karena 14,75 = 1475/100 bukan 1475/10
sebab 1475/10 = 147,5
B. Benar, karena 14,75 = 1475/100
C. Salah, karena 14,75 = 1475/100 bukan 1475/1000
sebab 1475/1000= 1,475
D. Salah, karena 14,75 = 1475/100 bukan 1475/10000
seb1b 1475/10000 = 0,1475
34. MODUL 8 BILANGAN RASIONAL dan BILANGAN
IRASIONAL SERTA CARA MENGAJARKANNYA
Kb. 2 Bilangan Irasional dan Sifat-Sifatnya
A. Salah, nilai pendekatan akar 5 adalah 2,2363
bukan 2,1353
B. Salah, nilai pendekatan akar 5 adalah 2,2363
bukan 2,2053
C. Benar, nilai pendekatan akar 5 adalah 2,2363
D. Salah, nilai pendekatan akar 5 adalah 2,2363
bukan 2,3263
35. MODUL 8 BILANGAN RASIONAL dan BILANGAN
IRASIONAL SERTA CARA MENGAJARKANNYA
Kb. 3 Mengajarkan Bilangan Rasional dan Irasional
di SD
A. Salah, karean bukan merupakan perbandingan 3
dari 5akan tetapi perbandingan 3 dari 8
B. Benar, karena merupakan perbandingan 3 dari 5
C. Salah, karean bukan merupakan perbandingan 3
dari 5 akan tetapi perbandingan 5 dari 8
D. Salah, karean bukan merupakan perbandingan 3
dari 5 akan tetapi perbandingan 8 dari 15
PDGK4203 PENDIDIKAN MATEMATIKA 1
36. MODUL 8 BILANGAN RASIONAL dan BILANGAN
IRASIONAL SERTA CARA MENGAJARKANNYA
Kb. 3 Mengajarkan Bilangan Rasional dan Irasional
di SD
A. Benar, perhatikan bagian-bagian gambarnya
karena 1/3 + 1/2 = 5/6
B. Salah, perhatikan bagian-bagian gambarnya
karena 1/3 + 1/2 = 5/6 bukan 2/5
C. Salah, perhatikan bagian-bagian gambarnya karena
1/3 + 1/2 = 5/6 bukan 3/6
D. Salah, perhatikan bagian-bagian gambarnya
karena 1/3 + 1/2 = 5/6 bukan 3/5
37. MODUL 9. PERSEN dan PERBANDINGAN
Kb. 1 Persen
A. Salah, karena 7/25 = 28/100 = 28 % bukan 4%
B. Salah, karena 7/25 = 28/100 = 28 % bukan 7%
C. Salah, karena 7/25 = 28/100 = 28 % bukan 14%
D. Benar, karena 7/25 = 28/100 = 28 %
38. MODUL 9. PERSEN dan PERBANDINGAN
Kb. 2 Menyelesaikan Soal Cerita yang Berhubungan
dengan Persen
A. Salah, karena 2 1/2% dari 800 = 2 1/2% x 800 =
5/2% x 800 = 5/200 x 800 = 40 bukan 20
B. Benar, karena 2 1/2% dari 800 = 2 1/2% x 800 =
5/2% x 800 = 5/200 x 800 = 40
C. Salah, karena 2 1/2% dari 800 = 2 1/2% x 800 =
5/2% x 800 = 5/200 x 800 = 40 bukan 60
D. Salah, karena 2 1/2% dari 800 = 2 1/2% x 800 =
5/2% x 800 = 5/200 x 800 = 40 bukan 80
39. MODUL 9. PERSEN dan PERBANDINGAN
Kb. 3 Perbandingan
A. Salah, karena 8 : 12 = 4 : 6 sama-sama dibagi
oleh 2 bukan 2 : 6
B. Salah, karena 8 : 12 = 4 : 6 sama-sama dibagi
oleh 2 bukan 3 : 4
C. Benar, karena 8 : 12 = 4 : 6 sama-sama dibagi
oleh 2
D. Salah, karena 8 : 12 = 4 : 6 sama-sama dibagi
oleh 2 bukan 4 : 3
40. MODUL 9. PERSEN dan PERBANDINGAN
Kb. 2 Menyelesaikan Soal Cerita yang Berhubungan
dengan Perbandingan
A. Salah, karena 4n + 3 n = 70.000 7n = 70.000
n = 10.000
Ani = 4n = 40.000, bukan 20.000
Budi = 3n = 30.000, bukan 50.000
B. Salah, karena 4n + 3 n = 70.000 7n = 70.000
n = 10.000
Ani = 4n = 40.000 bukan 30.000
Budi = 3n = 30.000 bukan 40.000
C. Benar, karena 4n + 3 n = 70.000 7n = 70.000
n = 10.000
Ani = 4n = 40.000
Budi = 3n = 30.000
D. Salah, karena 4n + 3 n = 70.000 7n = 70.000
n = 10.000
Ani = 4n = 40.000 bukan 50.000
Budi = 3n = 30.000 bukan 20.000
No comments:
Post a Comment