Sekilas PGSD

Program Pendas UT diselenggarakan oleh Jurusan Pendidikan Dasar  pada
FKIP yang terdiri atas Program Studi S1 PGSD dan S1 PGPAUD. Program
Studi S1 PGSD dan S1 PGPAUD merupakan program pendidikan dalam
jabatan yang bertujuan untuk meningkatkan mutu dan kualifikasi guru kelas
SD dan guru pada lembaga PAUD agar dapat mencapai kualifikasi S1.
Program ini bertujuan untuk: 
1.   meningkatkan kemampuan dan kualifikasi pendidik/guru pada lembaga
PAUD dan SD;
2.   mengembangkan kemampuan dan sikap inovatif untuk melakukan
pembaharuan dalam pendidikan pada lembaga PAUD dan SD secara terus
menerus;  serta 
3.   membantu meningkatkan kualitas pendidikan yang ada di bawah lembaga
PAUD dan SD.



PROGRAM S1 PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
(S1 PGSD)



Visi  

Bertekad untuk menjadi  penyelenggara program pendidikan guru sekolah
dasar  dalam jabata n melalui sistem belajar jarak jauh yang berkualitas
dunia.

Misi 

1.   Memperluas kesempatan belajar pada jenjang pendidikan tinggi yang
bermutu bagi guru SD melalui Pendidikan Jarak Jauh.
2.   Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi akademik, sosial,
d an pro fe sional ya ng mampu bersaing secara global. 
3.   Memanfaatkan teknologi yang tepat dalam menyelenggarakan
pengelolaan pendidikan dan proses pembelajaran guru SD melalui
sistem belajar jarak jauh.
4.   Meningkatkan akuntabilitas program pendidikan guru SD  dalam
jabatan.
5.   Menjalin dan memelihara kemitraan dengan berbagai lembaga untuk
meningkatkan kualitas p endidikan guru SD dalam jabatan. 
6.   Berperan aktif dalam penelitian, pengembangan, dan penyebaran ilmu
pengetahuan dan teknologi dalam bidang ke-SD-an  dan kependidikan
pada umumnya melalui pendidikan jar ak jauh secara berkesinam -bungan.
7.   Berperan aktif dalam mengembangkan budaya belajar sepanjang
hayat bagi guru SD dan pembentukan masyarakat belajar.

Tujuan

Tujuan program studi S1 PGSD adalah menghasilkan guru SD yang
memiliki kompetensi akademik, sosial,  dan profesional yang mampu
bersaing secara global ,   yang secara rinci menguasai kompetensi berikut. 
1.   Mengenal peserta didik secara mendalam. 
2.   Menguasai bidang studi baik disiplin ilmu maupun materi
pembelajaran di SD.
3.   Mengelola pembelajaran yang mendidik, yang   mencakup
merencanakan dan melaksanakan pembelajaran, menilai proses dan
hasil belajar siswa,  serta memperbaiki pembelajaran berdasarkan hasil
penilaian. 
4.   Mengembangkan profesionalitas secara berkelanjutan.   

Kompetensi Utama

1.   Memiliki kesadaran dan berperilaku sebagai warga negara
berpendidikan tinggi yang agamis, demokratis, dan cerdas. 
2.   Menguasai disiplin ilmu yang berkaitan dengan substansi dan
metodologi dasar keilmuan dari baha n lima mata pelajaran di SD.
3.   Memahami karakteristik anak usia SD dalam penggalan usia tertentu,
termasuk cara belajar, kemampuan awal, kesulitan belajar, serta latar
belakang keluarga dan masyarakat untuk menetapkan kebutuhan
belajar anak usia SD dalam konteks kebinekaan budaya.
4.   Memiliki kemampuan dalam merancang, melaksanakan, dan menilai
pembelajaran yang mendidik yang mengacu pada pencapaian tujuan
utuh pendidikan. 
5.   Mampu menemukan dan memecahkan permasalahan pembelajaran
dalam rangka perbaikan pengelolaan pembelajaran secara sistematis
dan ilmiah. 
6.   Memiliki kemampuan berkomunikasi secara sosial dan profesional,
baik di lingkungan sejawat maupun masyarakat.
7.   Mampu mengembangkan kemampuan profesional secara
berkelanjutan. 
  
Kompetensi Pendukung

1.   Mampu menjadi pendidik yang inovatif dengan memanfaatkan
perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK).  
2.   Memiliki kepribadian yang mendukung guru Sekolah Dasar serta
menjunjung tinggi kode etik keguruan berdasarkan Undang - undang
tentang Guru dan Dosen.
3.   Menguasai dasar-dasar pendidikan jasmani dan olah raga serta
pendidikan  kesenian dalam kurikulum SD.
4.   Mendalami perbedaan individual, baik segi kognitif, emosional,
maupun gerak tubuh (bodily kinetic ), serta kemungkinan kelainan
yang disand ang, serta pengaruh lingkungan sosial budaya terhadap
perkembangan siswa, termasuk pembentukan nilai -nilai yang relevan.

Kompetensi Lainnya

1.   Memiliki pemahaman tentang konsep pembelajaran kemasyarakatan.
2.   Memiliki keterampilan membelajarkan masyarakat di lingkungannya
melalui tiga program kemasyarakatan, yaitu: Pemberantasan Buta
Aksara, Taman Bacaan Masyarakat, dan Kepemudaan.

No comments:

Post a Comment