KUNCI JAWABAN DAN PEMBAHASAN SOAL UAS UT PDGK4106 PENDIDIKAN IPS DI SD



KUNCI JAWABAN DAN PEMBAHASAN SOAL UAS UT
PDGK4106 PENDIDIKAN IPS DI SD

1. Untuk menjawab soal ini anda dapat mempelajari Modul 1 KB 1 tentang Perkembangan Kurikulum Pendididkan IPS di SD.
A. benar, karena lebih simpel dan efektif serta berorientasi pada kompetensi dasar dengan kata kerja operasional
B. salah, karena merupakan ciri kurikulum tahun 1986 dan sebelumnya
C. salah, karena merupakan  ciri kurikulum 1994 dan tahun sebelumnya
D. salah, karena juga merupakan  ciri kurikulum 1994 dan tahun sebelumnya

2. Untuk menjawab soal ini anda dapat mempelajari Modul 1 KB 1 tentang Perkembangan Kurikulum Pendididkan IPS di SD.
A. salah, karena untuk landasan kurikulum tahun 1986
B. benar, karena  menekankan pada ketercapaian kompetensi dasar dari standar kompetensi
C. salah, karena untuk kurikulum tahun 1975 sedangkan 
D. salah, karena untuk  kurikulum tahun 1994

3. Untuk menjawab soal ini anda dapat mempelajari Modul 1 KB 2 tentang Latar Belakang, Pengertian, Manfaat dan Tujuan Pembelajaran IPS di SD.
A. benar, karena dilihat dari Tujuannya Ilmu Sosial dan IPS mempunyai perbedaan yaitu  menciptakan tenaga ahli dibidangnya sedangkan IPS (Study Social) akan membentuk warganegara  yang berkemampuan sosial
B. salah, karena  dari pengertian ilmu sosial dan IPS perbedaannya adalah menelaah  gejala dan masalah sosial di masyarakat ditinjau dari berbagai aspek kehidupan secara terpadu
C. salah,  karena objek  ilmu sosial  dilihat dari aspek  kehidupan manusia dikaji secara terlepas, sehingga melahirkan satu bidang ilmu, sedangkan IPS dikaji secara keseluruhan dan  tidak melahirkan bidang ilmu
D. salah, karena pendekatan  ilmu sosial  berdasarkan disipliner, sedangkan  IPS multidisiplin dan lintas sektoral

4. Untuk menjawab soal ini anda dapat mempelajari Modul 2 KB 1 tentang Peristiwa, Fakta, Konsep, Generalisasi ilmu-ilmu Sosial dlm Kurikulum SD  klas 3 dan  4
A. benar, karena  Hasil observasi yang dapat dibuktikan secara empiris adalah fakta  dan Peristiwa adalah kejadian yang pernah terjadi tetapi masih harus dibuktikan kebenarannya
B. salah, karena generalisasi adalah abstraksi yang terikat pada konsep
C. salah, karena  Konsep adalah pengungkapan abstrak yang bertujuan mengklasifikasikan suatu benda, gagasan atau peristiwa
D. salah, karena  Sejarah peristiwa yang terjadi pada masa lampau

5. Untuk menjawab soal ini anda dapat mempelajari Modul 2 KB 2 tentang Nilai, sikap keterampilan Intelektual/kemampuan analisis, Personal Sosial dlm Kurikulum IPS SD 2006  klas 3 & 4
A. benar, karena  contoh membuat laporan karyawisata merupakan salah satu bentuk keterampilan sosial
B. salah, karena Memimpin diskusi kelompok dalam topik “Banjir”  merupakan keterampilan personal
C. salah, karena Siswa dapat menggunakan globe dengan benar  merupakan keterampilan intelektual
D. salah, karena  Siswa dapat mencari Topik Kerawanan sosial  dari majalah atau surat kabar  merupakan keterampilan intelektual


6. Untuk menjawab soal ini anda dapat mempelajari Modul 3 KB 1 tentang Peristiwa, Fakta, Konsep, Generalisasi ilmu-ilmu Sosial dalam kurikulum SD 2006 klas 5 & 6
A. salah, karena  Letak wilayah gempa  adalah  konsep sedangkan,  pada pukul 9.00 WIB terjadi gempa di   kepulauan Nias merupakan (peristiwa)
B. salah, karena Gempa bumi di lautan Hindia  adalah (fakta) –  sedangkan  wilayah gempa di Indonesia dapat dilihat pada Peta  merupakan (fakta)
C. benar, karena  gempa tektonik adalah konsep sedangkan gempa yang dahsyat di atas 5 skala Richter merupakan (generalisasi)
D. salah, karena kalimat tersebut merupakan peristiwa dan fakta

7. Untuk menjawab soal ini anda dapat mempelajari Modul 3 KB 2 tentang Nilai dan sikap serta keterampilan intelektual /  kemampuan analisis, personal & sosial dalam Kurikulum IPS SD 2006
A. salah, karena keterampilan personal  siswa  seperti mempelajari konsep, membaca peta,  dan mencari informasi
B. benar, karena  keterampilan intelektual siswa adalah memperoleh informasi, membentuk konsep, berfikir kritis, mengambil keputusan, menggunakan media dalam menafsirkan fakta untuk menyusun laporan
C. salah, karena keterampilan sosial  membuat laporan karyawisata
D. salah, karena modifikasi prilaku 

8. Untuk menjawab soal ini anda dapat mempelajari Modul 3 KB 3 tentang Contoh keterkaitan antara Peristiwa, Fakta, konsep, Generalisasi, Nilai, Sikap &  ketrampilan Intelektual Personal, sosial  dalam konteks Pend IPS SD kelas 3 dan 4
A. benar , karena gambar tokoh pergerakan Nasional  adalah fakta  –  sedangkan Zaman Kolonialisme adalah konsep
B. salah, karena Naskah Sumpah Pemuda (fakta) -  Perwujudan Naionalisme sesuai dengan jamannya (generalisasi)
C. salah, karena  Persatuan Bangsa (konsep) -  penjajahan menimbulkan konflik (generalisasi)
D. salah, karena Pertempuran 10 Nopember di Surabaya (peristiwa) - Peringatan Sumpah Pemuda (fakta)

9. Untuk menjawab soal ini anda dapat mempelajari Modul 4 KB 1 tentang Trend Globalisasi dan keragaman Budaya
A. salah, karena merupakan jawaban yang  memang sebenarnya merupakan tujuan tujuan pembelajaran IPS sebagai adanya pengaruh globalisasi
B. salah, karena merupakan jawaban yang  memang sebenarnya merupakan tujuan tujuan pembelajaran IPS sebagai adanya pengaruh globalisasi
C. salah, karena merupakan jawaban yang  memang sebenarnya merupakan tujuan tujuan pembelajaran IPS sebagai adanya pengaruh globalisasi
D. benar , karena  menyikapi globalisasi dari segi keuntungan saja  bukan merupakan tujuan pembelajaran IPS sebagai adanya pengaruh globalisasi

10. Untuk menjawab soal ini anda dapat mempelajari Modul 4 KB 1 tentang Trend Globalisasi dan keragaman Budaya
A. benar, sebab   kasus tersebut  merupakan Stereotype dalam kelompok primondial
B. salah,  karena jawaban ketiganya  bukan salah satu  contoh dari keterlambatan proses asimilasi
C. salah,  karena jawaban ketiganya  bukan salah satu  contoh dari keterlambatan proses asimilasi
D. salah,  karena jawaban ketiganya  bukan salah satu  contoh dari keterlambatan proses asimilasi

11. Untuk menjawab soal ini anda dapat mempelajari Modul 4 KB 2 tentang Masalah-masalah Lingkungan & Pendidikan Lingkungan
A. benar, karena  daya dukung lingkungan yang tidak memadai  sebagai faktor dari terjadinya permasalahan lingkungan seperti tanah longsor, erosi dan pencemaran
B. salah, karena  merupakan  faktor dari  masalah sosial
C. salah, karena  merupakan  faktor dari  masalah sosial
D. salah, karena kemajuan peradaban manusia bukan faktor  penyebab masalah lingkungan 

12. Untuk menjawab soal ini anda dapat mempelajari Modul 4 KB 3 tentang Masalah-masalah  hukum, ketertiban dan kesadaran  Hukum
A. benar,  karena dalam interaksi  sosial terjadi konflik antara individu dengan individu lain sebagai adanya perbedaan kepentingan merupakan  masalah Hukum
B. salah, karena  masalah lingkungan dan ketertiban misalnya pengguna jalan raya yang mengalami kemacetan akibat pedagang kaki lima
C. salah, karena  masalah lingkungan dan ketertiban misalnya pengguna jalan raya yang mengalami kemacetan akibat pedagang kaki lima
D. salah, karena masalah norma  dapat  berupa pelanggaran aturan yang berkaitan dengan adat maupun agama

13. Untuk menjawab soal ini anda dapat mempelajari Modul 4 KB 4 tentang Masalah-masalah kesadaran dan Hukum dan Pendidikan kesadaran Hukum Warganegara
A. salah, karena  judul materi tersebut  kurang  tepat jika diangkat menjadi Topik  untuk pembelajaran IPS yang berkaitan dengan masalah kesadaran hukum dan pendidikan kesadaran hukum  yang disampaikan guru IPS dalam pembelajaran di kelas
B. benar, karena dengan membayar pajak berarti masyarakat memiliki kesadaran terhadap hukum yang berlaku
C. salah, karena  judul materi tersebut  kurang  tepat jika diangkat menjadi Topik  untuk pembelajaran IPS yang berkaitan dengan masalah kesadaran hukum dan pendidikan kesadaran hukum  yang disampaikan guru IPS dalam pembelajaran di kelas
D. salah, karena  judul materi tersebut  kurang tepat jika diangkat menjadi Topik  untuk pembelajaran IPS yang berkaitan dengan masalah kesadaran hukum dan pendidikan kesadaran hukum  byang disampaikan guru IPS dalam pembelajaran di kelas

14. Untuk menjawab soal ini anda dapat mempelajari Modul 5 KB 1 tentang Pendekatan Kognitif dalam Pembelajaran IPS SD
A. salah, karena  tidak memenuhi langkah  yang tepat untuk   pendekatan kognitif yang berorientasi pada proses penelitian dengan proses inquiry
B. benar, karena  dengan langkah pertama merumuskan masalah, kemudian membuat hipotesis, mengumpulkan  data yang sesuai dan menyajikan kesimpulan merupakan Pembelajaran IPS dengan pendekatan kognitif yang berorientasi pada proses penelitian dengan proses inquiry
C. salah, karena  tidak memenuhi langkah  yang tepat untuk   pendekatan kognitif yang berorientasi pada proses penelitian dengan proses inquiry
D. salah, karena  tidak memenuhi langkah  yang tepat untuk   pendekatan kognitif yang berorientasi pada proses penelitian dengan proses inquiry

15. Untuk menjawab soal ini anda dapat mempelajari Modul 5 KB 2 tentang Pendekatan sosial, personal, dan modifikasi prilaku dalam Pembelajaran IPS SD
A. salah, karena  jawaban pada pilihan A bukan  merupakan karakteristik pendekatan sosial  menurut  Goleman
B. benar, karena developmental dan practice (pengembangan dan  latihan)  menurut Goleman merupakan karakteristik pendekatan sosial
C. salah, karena  jawaban pada pilihan C bukan  merupakan karakteristik pendekatan sosial  menurut  Goleman
D. salah, karena  jawaban pada pilihan D bukan  merupakan karakteristik pendekatan sosial  menurut  Goleman

16. Untuk menjawab soal ini anda dapat mempelajari Modul 5 KB 2 tentang Pendekatan sosial, personal, dan modifikasi prilaku dalam Pembelajaran IPS SD
A. salah, karena model elspositori , kajian nilai dan integratif konsep dan nilai tidak menunjukkan contoh gambar, kliping dari tokoh bidang-bidang tertentu
B. benar, karena model analitik keteladanan dalam pembelajaran IPS salah satu langkahnya adalah dengan menunjukkan gambar, kliping dari tokoh berbagai bidang, dan tempat
C. salah, karena model elspositori , kajian nilai dan integratif konsep dan nilai tidak menunjukkan contoh gambar, kliping dari tokoh bidang-bidang tertentu
D. salah, karena model elspositori , kajian nilai dan integratif konsep dan nilai tidak menunjukkan contoh gambar, kliping dari tokoh bidang-bidang tertentu

17. Untuk menjawab soal ini anda dapat mempelajari Modul 5 KB 2 tentang Pendekatan sosial, personal, dan modifikasi prilaku dalam Pembelajaran IPS SD
A. benar, karena   bentuk komunikasi dialogis melalui ceramah, peragaan dan tanyajawab adalah karakteristik model pendekatan ekspositori berorientasi nilai dan sikap
B. salah, merupakan model analitik keteladanan
C. salah, bukan model pendekatan ekspositori berorientasi nilai dan sikap
D. salah, bukan model pendekatan ekspositori berorientasi nilai dan sikap

18. Untuk menjawab soal ini anda dapat mempelajari Modul 6 KB 1 tentang Merancang & menerapkan metode Pembelajaran IPS di SD kelas 3&4 dengan  pendekatan kognitif
A. salah, karena  garis besar program pembelajaran adalah payung dari perancangan pembelajaran
B. benar, karena   struktur program merupakan langkah awal yang harus dilakukan dalam perancangan metode pembelajaran IPS di SD dengan pendekatan kognitif
C. salah, karena analisis materi pelajaran adalah rincian dari isi materi pelajaran, sedangkan
D. salah, karena sumber belajar adalah bagian (isi) dari perancangan pembelajaran

19. Untuk menjawab soal ini anda dapat mempelajari Modul 6 KB 2 tentang Merancang & menerapkan metode Pembelajaran IPS di SD kelas 3&4 dengan  pendekatan sosial
A. salah, karena  memberi bantuan cara melakukan diskusi adalah tugas guru dalam pendekatan sosial
B. salah, karena  menciptakan iklim dan mengundang keterlibatan adalah ciri pendekatan personal
C. benar, karena  mengandung aspek sosial untuk  terciptanya diskusi kelas adalah salah satu ciri  dalam merancang metode Pembelajaran IPS SD dengan pendekatan sosial
D. salah, karena membantu menyusun program adalah  tahap dalam modifikasi prilaku

20. Untuk menjawab soal ini anda dapat mempelajari Modul 6 KB 3 tentang Merancang & menerapkan metode Pembelajaran IPS di SD kelas 3&4 dengan  pendekatan personal
A. benar,  karena  menciptakan iklim yang mengundang keterlibatan siswa  merupakan ciri karakteristik Metode pendekatan personal dalam Pembelajaran IPS 
B. salah, karena  penyajian masalah sosial  merupakan  langkah ke 2 dalam Metode pendekatan personal
C. salah, karena pelaksanaan program bukan metode pendekatan peronal
D. salah, karena pengenalan prinsip tingkah laku  kedua jawaban tersebut  merupakan metode pendekatan modifikasi prilaku

21. Untuk menjawab soal ini anda dapat mempelajari Modul 6 KB 4 tentang Merancang & menerapkan metode Pembelajaran IPS di SD kelas 3 & 4 dengan  pendekatan modifikasi prilaku
A. salah, karena  kurang tepat  jika  dipilih sebagai langkah-langkah dalam  tahap  kegiatan pendekatan modifikasi prilaku
B. benar, karena pengenalan prinsip tingkah laku merupakan salah satu tahap dalam pendekatan modifikasi prilaku yang bertujuan agar siswa dapat memahami kesulitan yang dihadapi
C. salah, karena  kurang tepat  jika  dipilih sebagai langkah-langkah dalam  tahap  kegiatan pendekatan modifikasi prilaku
D. salah, karena  kurang tepat  jika  dipilih sebagai langkah-langkah dalam  tahap  kegiatan pendekatan modifikasi prilaku
22. Untuk menjawab soal ini anda dapat mempelajari Modul 6 KB 5 tentang Merancang & menerapkan metode Pembelajaran IPS di SD kelas 3 & 4 dengan  pendekatan ekspositori
A. benar, karena   tahap pendahuluan dalam merancang pendekatan ekspositori  tugas guru  adalah harus memancing pengalaman belajar yang relevan dengan materi pelajaran IPS
B. salah, karena  pada tahap Penyajian  dalam pendekatan ekspositori tidak memiliki ciri  bahwa guru  harus memancing pengalaman belajar yang relevan dengan materi pelajaran IPS
C. salah, karena  pada tahap umpanbalik  dalam pendekatan ekspositori tidak memiliki ciri bahwa guru  harus memancing pengalaman belajar yang relevan dengan materi pelajaran IPS
D. salah, karena  pada tahap  penutup dalam pendekatan ekspositori tidak memiliki ciri  bahwa guru harus memancing pengalaman belajar yang relevan dengan materi pelajaran IPS
23. Untuk menjawab soal ini anda dapat mempelajari Modul 7 KB 1 tentang Merancang & menerapkan metode Pembelajaran IPS di SD kelas 5 dan 6 yang berlandaskan pendekatan kognitif
A. salah, karena penyajian masalah  bukan tahap dalam metode  Inquiry  dalam Pembelajaran  IPS   SD dengan pendekatan kognitif  dimana guru perlu membuktikan hakikat objek dan kondisi serta menyelidiki peristiwa masalah
B. benar, karena  mengumpulkan dan verifikasi data merupakan  tahap dalam metode  Inquiry  dalam Pembelajaran  IPS   SD dengan pendekatan kognitif  dimana guru perlu membuktikan hakikat objek dan kondisi serta menyelidiki peristiwa masalah
C. salah, karena   mengumpulkan unsur baru bukan tahap  dalam metode  Inquiry  dalam Pembelajaran  IPS   SD dengan pendekatan kognitif  dimana guru perlu membuktikan hakikat objek dan kondisi serta menyelidiki peristiwa masalah
D. salah,  karena  merumuskan penjelasan bukan tahap dalam metode  Inquiry  dalam Pembelajaran  IPS  SD dengan pendekatan kognitif  dimana guru perlu membuktikan hakikat objek dan kondisi serta menyelidiki peristiwa masalah
24. Untuk menjawab soal ini anda dapat mempelajari Modul 7 KB 2 tentang Merancang & menerapkan metode Pembelajaran IPS di SD kelas 5 & 6 dengan pendekatan sosial
A. benar,  menetapkan masalah sosial sebagai pokok bahasan dengan topik yang menarik, merumuskan masalah dan membatasi ruang lingkup permasalahan proses ini dalam latihan inquiry pembelajaran IPS yang berlandaskan pendekatan sosial  berada pada tahap orientasi 
B. salah, karena tahap Hipotesis, Definisi dan eksplorasi tidak berisi  langkah-langkah tersebut
C. salah, karena tahap Hipotesis, Definisi dan eksplorasi tidak berisi  langkah-langkah tersebut
D. salah, karena tahap Hipotesis, Definisi dan eksplorasi tidak berisi  langkah-langkah tersebut
25. Untuk menjawab soal ini anda dapat mempelajari Modul 7 KB 3 tentang Merancang & menerapkan metode Pembelajaran IPS di SD kelas 5 & 6 berlandaskan pendekatan sosial
A. benar, menciptakan iklim yang mengundang keterlibatan siswa merupakan tugas guru dalam salah satu langkah perencanaan pembelajaran IPS SD dengan pendekatan personal
B. salah, karena bukan termasuk dalam salah satu  langkah dalam pendekatan personal  pembelajaran IPS
C. salah, karena bukan termasuk dalam salah satu  langkah dalam pendekatan personal  pembelajaran IPS
D. salah, karena bukan termasuk dalam salah satu  langkah dalam pendekatan personal  pembelajaran IPS
26. Untuk menjawab soal ini anda dapat mempelajari Modul 7 KB 5 tentang Merancang & menerapkan metode Pembelajaran IPS di SD kelas 5 & 6 berlandaskan pendekatan ekspositori
A. salah, karena bukan merupakan tahap pendahuluan dalam model pendekatan ekspositori
B. benar, karena  memancing pengalaman siswa yang relevan dengan materi pelajaran merupakan       tahap  pendahuluan dengan  model pendekatan  ekspositori  dalam   metode  Pembelajaran IPS   SD
C. salah, karena bukan merupakan tahap pendahuluan dalam model pendekatan ekspositori
D. salah, karena bukan merupakan tahap pendahuluan dalam model pendekatan ekspositori
27. Untuk menjawab soal ini anda dapat mempelajari Modul 8 KB 1 tentang Merancang & Menyusun alat evaluasi secara umum dlm proses belajar IPS di SD
A. salah, karena merupakan langkah dalam merancang alat evaluasi pembelajaran IPS
B. salah, karena merupakan langkah dalam merancang alat evaluasi pembelajaran IPS
C. benar,   karena langkah menentukan siswa peserta tes  bukan  merupakan salah satu langkah dalam   merancang alat evaluasi pembelajaran
D. salah, karena merupakan langkah dalam merancang alat evaluasi pembelajaran IPS
28. Untuk menjawab soal ini anda dapat mempelajari Modul 8 KB 2 tentang Merancang & Menyusun alat evaluasi hasil  belajar IPS aspek kognitif
A. salah, karena menggunakan kata kerja mendemonstrasikan, menunjukkan, menuliskan, menggambarkan dan mengklasifikasikan
B. benar,  karena ranah kognitif  untuk  tingkat berpikir  Application  (penerapan) digunakan kata kerja  mendemonstrasikan, menunjukkan, menuliskan, menggambarkan dan mengklasifikasikan
C. salah, karena menggunakan kata kerja  mendemonstrasikan, menunjukkan, menuliskan, menggambarkan dan mengklasifikasikan
D. salah, karena menggunakan kata kerja  mendemonstrasikan, menunjukkan, menuliskan, menggambarkan dan mengklasifikasikan
29. Untuk menjawab soal ini anda dapat mempelajari Modul 8 KB 3 tentang Merancang & Menyusun alat evaluasi  nilai dan sikap sosial
A. salah, karena merupakan alat evaluasi untuk mengukur aspek nilai dan sikap dalam ranah afektif
B. salah, karena merupakan alat evaluasi untuk mengukur aspek nilai dan sikap dalam ranah afektif
C. salah, karena merupakan alat evaluasi untuk mengukur aspek nilai dan sikap dalam ranah afektif
D. benar, karena Survey bukan merupakan alat evaluasi untuk mengukur aspek nilai dan sikap dalam ranah afektif
30. Untuk menjawab soal ini anda dapat mempelajari Modul 8 KB 4 tentang Merancang & Menyusun alat  evaluasi  keterampilan IPS
A. benar, karena mendeskripsikan profil penduduk di Indonesia  dengan grafik merupakan hasil belajar dalam yang sesuai  untuk  merancang alat evaluasi hasil belajar IPS di SD  aspek keterampilan untuk  materi pokok  Penduduk Indonesia
B. salah, keterampilan tersebut kurang tepat untuk menilai  topik tersebut
C. salah, keterampilan tersebut kurang tepat untuk menilai  topik tersebut
D. salah, keterampilan tersebut kurang tepat untuk menilai  topik tersebut


No comments:

Post a Comment