KUNCI JAWABAN DAN PEMBAHASAN SOAL UAS
UT
PDGK4106 PENDIDIKAN IPS DI SD
1. Untuk
menjawab soal ini anda dapat mempelajari Modul 1 KB 1 tentang Perkembangan
Kurikulum Pendididkan IPS di SD.
A. benar,
karena lebih simpel dan efektif serta berorientasi pada kompetensi dasar dengan
kata kerja operasional
B. salah,
karena merupakan ciri kurikulum tahun 1986 dan sebelumnya
C. salah,
karena merupakan ciri kurikulum 1994 dan
tahun sebelumnya
D. salah,
karena juga merupakan ciri kurikulum
1994 dan tahun sebelumnya
2. Untuk
menjawab soal ini anda dapat mempelajari Modul 1 KB 1 tentang Perkembangan
Kurikulum Pendididkan IPS di SD.
A. salah,
karena untuk landasan kurikulum tahun 1986
B. benar,
karena menekankan pada ketercapaian
kompetensi dasar dari standar kompetensi
C. salah,
karena untuk kurikulum tahun 1975 sedangkan
D. salah,
karena untuk kurikulum tahun 1994
3. Untuk
menjawab soal ini anda dapat mempelajari Modul 1 KB 2 tentang Latar Belakang,
Pengertian, Manfaat dan Tujuan Pembelajaran IPS di SD.
A. benar,
karena dilihat dari Tujuannya Ilmu Sosial dan IPS mempunyai perbedaan
yaitu menciptakan tenaga ahli
dibidangnya sedangkan IPS (Study Social) akan membentuk warganegara yang berkemampuan sosial
B. salah,
karena dari pengertian ilmu sosial dan
IPS perbedaannya adalah menelaah gejala
dan masalah sosial di masyarakat ditinjau dari berbagai aspek kehidupan secara
terpadu
C. salah, karena objek
ilmu sosial dilihat dari
aspek kehidupan manusia dikaji secara
terlepas, sehingga melahirkan satu bidang ilmu, sedangkan IPS dikaji secara
keseluruhan dan tidak melahirkan bidang
ilmu
D. salah,
karena pendekatan ilmu sosial berdasarkan disipliner, sedangkan IPS multidisiplin dan lintas sektoral
4. Untuk
menjawab soal ini anda dapat mempelajari Modul 2 KB 1 tentang Peristiwa, Fakta,
Konsep, Generalisasi ilmu-ilmu Sosial dlm Kurikulum SD klas 3 dan
4
A. benar,
karena Hasil observasi yang dapat
dibuktikan secara empiris adalah fakta
dan Peristiwa adalah kejadian yang pernah terjadi tetapi masih harus
dibuktikan kebenarannya
B. salah,
karena generalisasi adalah abstraksi yang terikat pada konsep
C. salah,
karena Konsep adalah pengungkapan
abstrak yang bertujuan mengklasifikasikan suatu benda, gagasan atau peristiwa
D. salah,
karena Sejarah peristiwa yang terjadi
pada masa lampau
5. Untuk
menjawab soal ini anda dapat mempelajari Modul 2 KB 2 tentang Nilai, sikap keterampilan
Intelektual/kemampuan analisis, Personal Sosial dlm Kurikulum IPS SD 2006 klas 3 & 4
A. benar,
karena contoh membuat laporan karyawisata
merupakan salah satu bentuk keterampilan sosial
B. salah,
karena Memimpin diskusi kelompok dalam topik “Banjir” merupakan keterampilan personal
C. salah,
karena Siswa dapat menggunakan globe dengan benar merupakan keterampilan intelektual
D. salah,
karena Siswa dapat mencari Topik Kerawanan
sosial dari majalah atau surat
kabar merupakan keterampilan intelektual
6. Untuk
menjawab soal ini anda dapat mempelajari Modul 3 KB 1 tentang Peristiwa, Fakta,
Konsep, Generalisasi ilmu-ilmu Sosial dalam kurikulum SD 2006 klas 5 &
6
A. salah,
karena Letak wilayah gempa adalah
konsep sedangkan, pada pukul 9.00
WIB terjadi gempa di kepulauan Nias
merupakan (peristiwa)
B. salah,
karena Gempa bumi di lautan Hindia
adalah (fakta) –
sedangkan wilayah gempa di
Indonesia dapat dilihat pada Peta
merupakan (fakta)
C. benar,
karena gempa tektonik adalah konsep
sedangkan gempa yang dahsyat di atas 5 skala Richter merupakan (generalisasi)
D. salah,
karena kalimat tersebut merupakan peristiwa dan fakta
7. Untuk
menjawab soal ini anda dapat mempelajari Modul 3 KB 2 tentang Nilai dan sikap
serta keterampilan intelektual /
kemampuan analisis, personal & sosial dalam Kurikulum IPS SD
2006
A. salah,
karena keterampilan personal siswa seperti mempelajari konsep, membaca
peta, dan mencari informasi
B. benar,
karena keterampilan intelektual siswa
adalah memperoleh informasi, membentuk konsep, berfikir kritis, mengambil
keputusan, menggunakan media dalam menafsirkan fakta untuk menyusun laporan
C. salah,
karena keterampilan sosial membuat
laporan karyawisata
D. salah,
karena modifikasi prilaku
8. Untuk
menjawab soal ini anda dapat mempelajari Modul 3 KB 3 tentang Contoh
keterkaitan antara Peristiwa, Fakta, konsep, Generalisasi, Nilai, Sikap
& ketrampilan Intelektual
Personal, sosial dalam konteks Pend IPS
SD kelas 3 dan 4
A. benar
, karena gambar tokoh pergerakan Nasional
adalah fakta – sedangkan Zaman Kolonialisme adalah konsep
B. salah,
karena Naskah Sumpah Pemuda (fakta) -
Perwujudan Naionalisme sesuai dengan jamannya (generalisasi)
C. salah,
karena Persatuan Bangsa (konsep) - penjajahan menimbulkan konflik (generalisasi)
D. salah,
karena Pertempuran 10 Nopember di Surabaya (peristiwa) - Peringatan Sumpah Pemuda
(fakta)
9. Untuk
menjawab soal ini anda dapat mempelajari Modul 4 KB 1 tentang Trend Globalisasi
dan keragaman Budaya
A. salah,
karena merupakan jawaban yang memang
sebenarnya merupakan tujuan tujuan pembelajaran IPS sebagai adanya pengaruh globalisasi
B. salah,
karena merupakan jawaban yang memang
sebenarnya merupakan tujuan tujuan pembelajaran IPS sebagai adanya pengaruh
globalisasi
C. salah,
karena merupakan jawaban yang memang
sebenarnya merupakan tujuan tujuan pembelajaran IPS sebagai adanya pengaruh
globalisasi
D. benar
, karena menyikapi globalisasi dari segi
keuntungan saja bukan merupakan tujuan
pembelajaran IPS sebagai adanya pengaruh globalisasi
10.
Untuk menjawab soal ini anda dapat mempelajari Modul 4 KB 1 tentang Trend
Globalisasi dan keragaman Budaya
A. benar,
sebab kasus tersebut merupakan Stereotype dalam kelompok
primondial
B. salah, karena jawaban ketiganya bukan salah satu contoh dari keterlambatan proses asimilasi
C. salah, karena jawaban ketiganya bukan salah satu contoh dari keterlambatan proses asimilasi
D. salah, karena jawaban ketiganya bukan salah satu contoh dari keterlambatan proses asimilasi
11.
Untuk menjawab soal ini anda dapat mempelajari Modul 4 KB 2 tentang
Masalah-masalah Lingkungan & Pendidikan Lingkungan
A. benar,
karena daya dukung lingkungan yang tidak
memadai sebagai faktor dari terjadinya permasalahan
lingkungan seperti tanah longsor, erosi dan pencemaran
B. salah,
karena merupakan faktor dari
masalah sosial
C. salah,
karena merupakan faktor dari
masalah sosial
D. salah,
karena kemajuan peradaban manusia bukan faktor
penyebab masalah lingkungan
12.
Untuk menjawab soal ini anda dapat mempelajari Modul 4 KB 3 tentang
Masalah-masalah hukum, ketertiban dan kesadaran Hukum
A. benar, karena dalam interaksi sosial terjadi konflik antara individu dengan
individu lain sebagai adanya perbedaan kepentingan merupakan masalah Hukum
B. salah,
karena masalah lingkungan dan ketertiban
misalnya pengguna jalan raya yang mengalami kemacetan akibat pedagang kaki lima
C. salah,
karena masalah lingkungan dan ketertiban
misalnya pengguna jalan raya yang mengalami kemacetan akibat pedagang kaki lima
D. salah,
karena masalah norma dapat berupa pelanggaran aturan yang berkaitan
dengan adat maupun agama
13.
Untuk menjawab soal ini anda dapat mempelajari Modul 4 KB 4 tentang
Masalah-masalah kesadaran dan Hukum dan Pendidikan kesadaran Hukum Warganegara
A. salah,
karena judul materi tersebut kurang
tepat jika diangkat menjadi Topik
untuk pembelajaran IPS yang berkaitan dengan masalah kesadaran hukum dan
pendidikan kesadaran hukum yang disampaikan
guru IPS dalam pembelajaran di kelas
B. benar,
karena dengan membayar pajak berarti masyarakat memiliki kesadaran terhadap
hukum yang berlaku
C. salah,
karena judul materi tersebut kurang
tepat jika diangkat menjadi Topik
untuk pembelajaran IPS yang berkaitan dengan masalah kesadaran hukum dan
pendidikan kesadaran hukum yang
disampaikan guru IPS dalam pembelajaran di kelas
D. salah,
karena judul materi tersebut kurang tepat jika diangkat menjadi Topik untuk pembelajaran IPS yang berkaitan dengan
masalah kesadaran hukum dan pendidikan kesadaran hukum byang disampaikan guru IPS dalam pembelajaran
di kelas
14.
Untuk menjawab soal ini anda dapat mempelajari Modul 5 KB 1 tentang Pendekatan
Kognitif dalam Pembelajaran IPS SD
A. salah,
karena tidak memenuhi langkah yang tepat untuk pendekatan kognitif yang berorientasi pada
proses penelitian dengan proses inquiry
B. benar,
karena dengan langkah pertama merumuskan
masalah, kemudian membuat hipotesis, mengumpulkan data yang sesuai dan menyajikan kesimpulan
merupakan Pembelajaran IPS dengan pendekatan kognitif yang berorientasi pada
proses penelitian dengan proses inquiry
C. salah,
karena tidak memenuhi langkah yang tepat untuk pendekatan kognitif yang berorientasi pada
proses penelitian dengan proses inquiry
D. salah,
karena tidak memenuhi langkah yang tepat untuk pendekatan kognitif yang berorientasi pada
proses penelitian dengan proses inquiry
15.
Untuk menjawab soal ini anda dapat mempelajari Modul 5 KB 2 tentang Pendekatan
sosial, personal, dan modifikasi prilaku dalam Pembelajaran IPS SD
A. salah,
karena jawaban pada pilihan A bukan merupakan karakteristik pendekatan
sosial menurut Goleman
B. benar,
karena developmental dan practice (pengembangan dan latihan)
menurut Goleman merupakan karakteristik pendekatan sosial
C. salah,
karena jawaban pada pilihan C bukan merupakan karakteristik pendekatan
sosial menurut Goleman
D. salah,
karena jawaban pada pilihan D bukan merupakan karakteristik pendekatan
sosial menurut Goleman
16.
Untuk menjawab soal ini anda dapat mempelajari Modul 5 KB 2 tentang Pendekatan
sosial, personal, dan modifikasi prilaku dalam Pembelajaran IPS SD
A. salah,
karena model elspositori , kajian nilai dan integratif konsep dan nilai tidak
menunjukkan contoh gambar, kliping dari tokoh bidang-bidang tertentu
B. benar,
karena model analitik keteladanan dalam pembelajaran IPS salah satu langkahnya
adalah dengan menunjukkan gambar, kliping dari tokoh berbagai bidang, dan
tempat
C. salah,
karena model elspositori , kajian nilai dan integratif konsep dan nilai tidak
menunjukkan contoh gambar, kliping dari tokoh bidang-bidang tertentu
D. salah,
karena model elspositori , kajian nilai dan integratif konsep dan nilai tidak
menunjukkan contoh gambar, kliping dari tokoh bidang-bidang tertentu
17.
Untuk menjawab soal ini anda dapat mempelajari Modul 5 KB 2 tentang Pendekatan
sosial, personal, dan modifikasi prilaku dalam Pembelajaran IPS SD
A. benar,
karena bentuk komunikasi dialogis
melalui ceramah, peragaan dan tanyajawab adalah karakteristik model pendekatan
ekspositori berorientasi nilai dan sikap
B. salah,
merupakan model analitik keteladanan
C. salah,
bukan model pendekatan ekspositori berorientasi nilai dan sikap
D. salah,
bukan model pendekatan ekspositori berorientasi nilai dan sikap
18.
Untuk menjawab soal ini anda dapat mempelajari Modul 6 KB 1 tentang Merancang
& menerapkan metode Pembelajaran IPS di SD kelas 3&4 dengan pendekatan kognitif
A. salah,
karena garis besar program pembelajaran
adalah payung dari perancangan pembelajaran
B. benar,
karena struktur program merupakan
langkah awal yang harus dilakukan dalam perancangan metode pembelajaran IPS di
SD dengan pendekatan kognitif
C. salah,
karena analisis materi pelajaran adalah rincian dari isi materi pelajaran,
sedangkan
D. salah,
karena sumber belajar adalah bagian (isi) dari perancangan pembelajaran
19.
Untuk menjawab soal ini anda dapat mempelajari Modul 6 KB 2 tentang Merancang
& menerapkan metode Pembelajaran IPS di SD kelas 3&4 dengan pendekatan sosial
A. salah,
karena memberi bantuan cara melakukan
diskusi adalah tugas guru dalam pendekatan sosial
B. salah,
karena menciptakan iklim dan mengundang
keterlibatan adalah ciri pendekatan personal
C. benar,
karena mengandung aspek sosial
untuk terciptanya diskusi kelas adalah
salah satu ciri dalam merancang metode
Pembelajaran IPS SD dengan pendekatan sosial
D. salah,
karena membantu menyusun program adalah
tahap dalam modifikasi prilaku
20.
Untuk menjawab soal ini anda dapat mempelajari Modul 6 KB 3 tentang Merancang
& menerapkan metode Pembelajaran IPS di SD kelas 3&4 dengan pendekatan personal
A. benar, karena
menciptakan iklim yang mengundang keterlibatan siswa merupakan ciri karakteristik Metode
pendekatan personal dalam Pembelajaran IPS
B. salah,
karena penyajian masalah sosial merupakan
langkah ke 2 dalam Metode pendekatan personal
C. salah,
karena pelaksanaan program bukan metode pendekatan peronal
D. salah,
karena pengenalan prinsip tingkah laku
kedua jawaban tersebut merupakan
metode pendekatan modifikasi prilaku
21.
Untuk menjawab soal ini anda dapat mempelajari Modul 6 KB 4 tentang Merancang
& menerapkan metode Pembelajaran IPS di SD kelas 3 & 4 dengan pendekatan modifikasi prilaku
A.
salah, karena kurang tepat jika
dipilih sebagai langkah-langkah dalam
tahap kegiatan pendekatan
modifikasi prilaku
B.
benar, karena pengenalan prinsip tingkah laku merupakan salah satu tahap dalam
pendekatan modifikasi prilaku yang bertujuan agar siswa dapat memahami
kesulitan yang dihadapi
C.
salah, karena kurang tepat jika
dipilih sebagai langkah-langkah dalam
tahap kegiatan pendekatan
modifikasi prilaku
D.
salah, karena kurang tepat jika
dipilih sebagai langkah-langkah dalam
tahap kegiatan pendekatan
modifikasi prilaku
22.
Untuk menjawab soal ini anda dapat mempelajari Modul 6 KB 5 tentang Merancang
& menerapkan metode Pembelajaran IPS di SD kelas 3 & 4 dengan pendekatan ekspositori
A.
benar, karena tahap pendahuluan dalam
merancang pendekatan ekspositori tugas
guru adalah harus memancing pengalaman
belajar yang relevan dengan materi pelajaran IPS
B.
salah, karena pada tahap Penyajian dalam pendekatan ekspositori tidak memiliki
ciri bahwa guru harus memancing pengalaman belajar yang
relevan dengan materi pelajaran IPS
C.
salah, karena pada tahap umpanbalik dalam pendekatan ekspositori tidak memiliki
ciri bahwa guru harus memancing pengalaman
belajar yang relevan dengan materi pelajaran IPS
D.
salah, karena pada tahap penutup dalam pendekatan ekspositori tidak
memiliki ciri bahwa guru harus memancing
pengalaman belajar yang relevan dengan materi pelajaran IPS
23.
Untuk menjawab soal ini anda dapat mempelajari Modul 7 KB 1 tentang Merancang
& menerapkan metode Pembelajaran IPS di SD kelas 5 dan 6 yang berlandaskan
pendekatan kognitif
A.
salah, karena penyajian masalah bukan
tahap dalam metode Inquiry dalam Pembelajaran IPS
SD dengan pendekatan kognitif
dimana guru perlu membuktikan hakikat objek dan kondisi serta
menyelidiki peristiwa masalah
B.
benar, karena mengumpulkan dan
verifikasi data merupakan tahap dalam
metode Inquiry dalam Pembelajaran IPS
SD dengan pendekatan kognitif
dimana guru perlu membuktikan hakikat objek dan kondisi serta
menyelidiki peristiwa masalah
C.
salah, karena mengumpulkan unsur baru
bukan tahap dalam metode Inquiry
dalam Pembelajaran IPS SD dengan pendekatan kognitif dimana guru perlu membuktikan hakikat objek
dan kondisi serta menyelidiki peristiwa masalah
D.
salah, karena merumuskan penjelasan bukan tahap dalam
metode Inquiry dalam Pembelajaran IPS SD
dengan pendekatan kognitif dimana guru
perlu membuktikan hakikat objek dan kondisi serta menyelidiki peristiwa masalah
24.
Untuk menjawab soal ini anda dapat mempelajari Modul 7 KB 2 tentang Merancang
& menerapkan metode Pembelajaran IPS di SD kelas 5 & 6 dengan
pendekatan sosial
A.
benar, menetapkan masalah sosial sebagai
pokok bahasan dengan topik yang menarik, merumuskan masalah dan membatasi ruang
lingkup permasalahan proses ini dalam latihan inquiry pembelajaran IPS yang
berlandaskan pendekatan sosial berada
pada tahap orientasi
B.
salah, karena tahap Hipotesis, Definisi dan eksplorasi tidak berisi langkah-langkah tersebut
C.
salah, karena tahap Hipotesis, Definisi dan eksplorasi tidak berisi langkah-langkah tersebut
D.
salah, karena tahap Hipotesis, Definisi dan eksplorasi tidak berisi langkah-langkah tersebut
25.
Untuk menjawab soal ini anda dapat mempelajari Modul 7 KB 3 tentang Merancang
& menerapkan metode Pembelajaran IPS di SD kelas 5 & 6 berlandaskan
pendekatan sosial
A.
benar, menciptakan iklim yang mengundang keterlibatan siswa merupakan tugas
guru dalam salah satu langkah perencanaan pembelajaran IPS SD dengan pendekatan
personal
B.
salah, karena bukan termasuk dalam salah satu
langkah dalam pendekatan personal
pembelajaran IPS
C.
salah, karena bukan termasuk dalam salah satu
langkah dalam pendekatan personal
pembelajaran IPS
D.
salah, karena bukan termasuk dalam salah satu
langkah dalam pendekatan personal
pembelajaran IPS
26.
Untuk menjawab soal ini anda dapat mempelajari Modul 7 KB 5 tentang Merancang
& menerapkan metode Pembelajaran IPS di SD kelas 5 & 6 berlandaskan
pendekatan ekspositori
A.
salah, karena bukan merupakan tahap pendahuluan dalam model pendekatan
ekspositori
B.
benar, karena memancing pengalaman siswa
yang relevan dengan materi pelajaran merupakan tahap
pendahuluan dengan model
pendekatan ekspositori dalam metode
Pembelajaran IPS SD
C.
salah, karena bukan merupakan tahap pendahuluan dalam model pendekatan
ekspositori
D.
salah, karena bukan merupakan tahap pendahuluan dalam model pendekatan
ekspositori
27.
Untuk menjawab soal ini anda dapat mempelajari Modul 8 KB 1 tentang Merancang
& Menyusun alat evaluasi secara umum dlm proses belajar IPS di SD
A.
salah, karena merupakan langkah dalam merancang alat evaluasi pembelajaran IPS
B.
salah, karena merupakan langkah dalam merancang alat evaluasi pembelajaran IPS
C.
benar, karena langkah menentukan siswa
peserta tes bukan merupakan salah satu langkah dalam merancang alat evaluasi pembelajaran
D.
salah, karena merupakan langkah dalam merancang alat evaluasi pembelajaran IPS
28.
Untuk menjawab soal ini anda dapat mempelajari Modul 8 KB 2 tentang Merancang
& Menyusun alat evaluasi hasil
belajar IPS aspek kognitif
A.
salah, karena menggunakan kata kerja mendemonstrasikan, menunjukkan,
menuliskan, menggambarkan dan mengklasifikasikan
B.
benar, karena ranah kognitif untuk
tingkat berpikir Application (penerapan) digunakan kata kerja mendemonstrasikan, menunjukkan, menuliskan,
menggambarkan dan mengklasifikasikan
C.
salah, karena menggunakan kata kerja mendemonstrasikan,
menunjukkan, menuliskan, menggambarkan dan mengklasifikasikan
D.
salah, karena menggunakan kata kerja mendemonstrasikan,
menunjukkan, menuliskan, menggambarkan dan mengklasifikasikan
29.
Untuk menjawab soal ini anda dapat mempelajari Modul 8 KB 3 tentang Merancang
& Menyusun alat evaluasi nilai dan
sikap sosial
A.
salah, karena merupakan alat evaluasi untuk mengukur aspek nilai dan sikap
dalam ranah afektif
B.
salah, karena merupakan alat evaluasi untuk mengukur aspek nilai dan sikap
dalam ranah afektif
C.
salah, karena merupakan alat evaluasi untuk mengukur aspek nilai dan sikap
dalam ranah afektif
D.
benar, karena Survey bukan merupakan alat evaluasi untuk mengukur aspek nilai
dan sikap dalam ranah afektif
30.
Untuk menjawab soal ini anda dapat mempelajari Modul 8 KB 4 tentang Merancang
& Menyusun alat evaluasi keterampilan IPS
A.
benar, karena mendeskripsikan profil penduduk di Indonesia dengan grafik merupakan hasil belajar dalam
yang sesuai untuk merancang alat evaluasi hasil belajar IPS di
SD aspek keterampilan untuk materi pokok
Penduduk Indonesia
B.
salah, keterampilan tersebut kurang tepat untuk menilai topik tersebut
C.
salah, keterampilan tersebut kurang tepat untuk menilai topik tersebut
D.
salah, keterampilan tersebut kurang tepat untuk menilai topik tersebut
No comments:
Post a Comment