Soal IDIK4008 PENELITIAN TINDAKAN KELAS

IDIK4008



LATIHAN SOAL UAS S1 PGSD UNIVERSITAS TERBUKA (UT)
IDIK4008 PENELITIAN TINDAKAN KELAS

KODE NASKAH: LM01
PENGEMBANG : WAHYUNI KADARKO (wkadarko@mail.ut.ac.id)

Sapaan
Hallo, Mahasiswa Program Studi S1 FKIP-UT, apakah Anda sudah mempelajari Bahan Materi Pokok (BMP)? Bila sudah, Anda dapat langsung mengerjakan naskah Latihan Mandiri (LM) online matakuliah IDIK4008 Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Latihan Mandiri ini dimaksudkan untuk membantu Anda untuk mengetahui keberhasilan atau kemajuan belajar Anda setelah mempelajari BMP.
Bacalah Soal dengan teliti dan pilih atau klik-lah pada butir pilihan jawaban A, B, C, atau D. Setiap Anda mengklik suatu pilihan jawaban Anda akan mendapatkan umpan balik (feedback) mengenai benar salah jawaban yang Anda pilih. Dalam LM online ini disertai pula hint yang berisi rambu-rambu jawaban untuk menyelesaikan setiap butir soal. Selain itu LM ini Anda akan terbantu dalam memahami BMP yang sekaligus dapat dimanfaatkan untuk menyiapkan diri dalam menghadapi UAS.
Selamat mengerjakan dan selamat belajar!

Untuk No. Soal 1 sampai dengan Soal No. 50 Pilih satu jawaban yang tepat!
IDevice Question Icon1.
PTK adalah suatu bentuk inkuiri yang didahului dengan refleksi. Pendapat ini dikemukakan oleh ....
       
A. McTaggard
B. Carr dan Kemmis
C. Rochman
D. Schmuck

IDevice Question Icon2.
Maksud dari self-reflective inquiry adalah penelitian yang ....
       
A.berbasis refleksi diri
B. metode yang longgar dan fleksibel
C. berbasis hasil pengamatan dan renungan guru
D. disesuaikan dengan kemampuan guru

IDevice Question Icon3.
Dibandingkan dengan penelitian formal, sampel yang digunakan dalam PTK termasuk jenis ....
       
A. sampel representatif
B. sampel purposif
C. sampel acak
D. kasus khusus yaitu kelas

IDevice Question Icon4.
Perbedaan antara PTK dengan non-PTK ditinjau dari hasil akhir yang ingin dicapai terletak pada ....
       
A. teori belajar yang akan diuji
B. temuan penelitian yang dapat digeneralisasikan
C. perbaikan hasil belajar siswa
D. meningkatnya kemampuan guru dalam melakukan penelitian

IDevice Question Icon5.
Manfaat PTK bagi sekolah adalah untuk meningkatkan ....
       
A. kemampuan guru di bidang instruksional
B. kualitas pendidikan di sekolah yang bersangkutan
C. daya inovasi pada diri guru
D. kualitas pembelajaran di kelas



IDevice Question Icon6.
Berikut adalah keterbatasan PTK dibandingkan dengan penelitian formal, kecuali ....
       
A. peneliti
B. validitas
C. metodologi
D. instrumen

IDevice Question Icon7.
Berikut adalah beberapa persyaratan yang harus dipenuhi agar PTK dapat diterapkan secara kelembagaan, kecuali ....
       
A. dukungan dari pihak sekolah
B. kebebasan bagi guru untuk melakukan penelitian di kelasnya
C. pengawasan dari Kepala Sekolah
D. kerjasama antar personil sekolah

IDevice Question Icon8.
Langkah awal PTK oleh guru dimulai dengan melakukan ....
       
A. perumusan masalah
B. identifikasi masalah
C. analisis masalah
D. pembatasan masalah

IDevice Question Icon9.
Berikut adalah beberapa langkah yang dapat ditempuh dalam melakukan analisis masalah, kecuali ....
       
A. melakukan refleksi
B. mengkaji dokumen-dokumen kelas tentang siswa
C. berdiskusi dengan teman sejawat
D. melakukan studi banding ke sekolah lain

IDevice Question Icon10
Hipotesis tindakan adalah ....
       
A. tindakan perbaikan yang dirancang pada saat menyusun Rencana Perbaikan
B. alternatif tindakan perbaikan yangakan diujicobakan
C. dugaan-dugaan tentang upaya perbaikan pembelajaran yang rasional dan perlu dibuktikan
D. kajian teori yang relevan dengan masalah penelitian
IDevice Question Icon11
Langkah awal dalam pelaksanaan PTK adalah ....
       
A. menentukan metode pengolahan data yang tepat
B. mempersiapkan diri sebagai peneliti
C. menyusun Rencana Pembelajaran (RP) dan Skenario Tindakan (ST)
D. mempersiapkan sarana pendukung penelitian

IDevice Question Icon12
Yang dimaksud dengan high inference observation adalah model pengamatan ....
       
A. tanpa penafsiran
B. langsung sebagaimana yang teramati oleh peneliti
C. tidak langsung, yaitu tanpa sepengatahuan subyek penelitian (candid camera)
D. yang membutuhkan penafsiran

IDevice Question Icon13
Jika seorang guru ingin mengetahui suasana verbal dan nonverbal sekaligus, maka ia akan melakukan observasi ....
       
A. terfokus
B. sistematis
C. terstruktur
D. terbuka

IDevice Question Icon14
Berikut adalah teknik-teknik lain di samping observasi yang dapat digunakan guru sebagai peneliti PTK untuk mengumpulkan data, kecuali ....
       
A. wawancara
B. studi dokumen kelas
C. pengisian kuesioner
D. survai

IDevice Question Icon15
Refleksi paling tepat dilakukan oleh peneliti PTK pada saat ....
       
A. sebelum menyusun proposal
B. sesudah mengidentifikasi masalah
C. sesudah menentukan upaya tindakan perbaikan
D. sesudah melakukan upaya perbaikan

IDevice Question Icon16
Yang dimaksud dengan perencanaan tindak lanjut dalam PTK adalah ....
       
A. menyusun tindakan perbaikan untuk siklus berikutnya
B. merevisi pedoman observasi
C. menyusun proposal PTK
D. menentukan metode yang akan digunakan

IDevice Question Icon17
Apabila sebagian besar siswa Anda malas mengerjakan tugas-tugas yang Anda berikan, maka PTK yang akan Anda laksanakan dapat dikategorikan ke dalam domein ....
       
A. kenakalan remaja
B. disiplin belajar
C. interaksi belajar
D. prestasi belajar

IDevice Question Icon18
Berikut adalah kriteria yang perlu dipertimbangkan sebelum menentukan apakah masalah yang muncul di kelas layak diteliti atau tidak, kecuali ....
       
A. masalah pembelajaran bersifat spesifik dan bermanfaat bagi siswa
B. guru mampu untuk melaksanakannya
C. relevan dengan pengembangan sekolah
D. mendapat persetujuan dari Kepala Sekolah.

IDevice Question Icon19
Bagi guru yang peneliti PTK, langkah awal dalam analisis masalah adalah ....
       
A. melakukan kajian dokumen kelas
B. melakukan introspeksi diri tentang pembelajaran di kelas
C. mewawancarai siswa
D. memberikan tes formatif

IDevice Question Icon20
Hasil analisis masalah menunjukkan (1) siswa tidak mau menyimak pelajaran, (2) guru menjelaskan dengan metode ceramah, dan (3) siswa tidak ada yang bertanya kepada guru tentang pelajaran yang barusaja disajikan guru. Permasalahan yang dapat dirumuskan berdasarkan kasus-kasus di atas adalah, kecuali....
       
A. metode apa yang sebaiknya digunakan agar siswa mau menyimak pelajaran?
B. strategi apa yang sebaiknya digunakan agar siswa mau menyimak?
C. bagaimana cara saya menyelesaikan masalah ini?
D. bagaimana cara saya memotivasi siswa agar mau mau bertanya?
IDevice Question Icon21
Berikut adalah beberapa alternatif cara mengembangkan alternatif tindakan, kecuali ....
       
A. mengkaji teori-teori pembelajaran yang relevan
B. mempelajari hasil penelitian yang relevan
C. melakukan refleksi atas pengalaman mengajar selama ini
D. mengkopi hasil PTK rekan sejawat

IDevice Question Icon22
Cakupan Rencana Pembelajaran dan Rencana Perbaikan Pembelajaran nyaris sama, kecuali pada butir ....
       
A. tujuan perbaikan
B. TIU
C. TIK
D. Kegiatan pembelajaran

IDevice Question Icon23
Agar mampu mengembangkan RPP dengan efektif dan memberikan hasil yang signifikan, hal yang paling penting dilakukan sebelum memberikan tindakan perbaikan adalah ....
       
A. mempelajari proposal PTK
B. melakukan simulasi perbaikan
C. berdiskusi dengan rekan sejawat
D. memvalidasi RPP

IDevice Question Icon24.
Yang dimaksud dengan proposal PTK pada dasarnya adalah ....
       
A. penelitian yangdilakukan guru di sekolah
B. prosedur penelitian yangharus dipatuhi guru pada saat melakukan penelitian
C. rencana penelitian yang diusulkan guru untuk memperbaiki pembelajaran dikelasnya
D. rencana kegiatan penelitian yang diusulkan guru

IDevice Question Icon25
Kolaborasi dalam PTK dimaksudkan untuk membangun....
       
A. relasi antar-guru kelas
B. kerjasama antar pihak-pihak terkait
C. persamaan persepsi
D. citra guru sebagai peneliti

IDevice Question Icon26
Tindakan perbaikan dilanjutkan ke Siklus 2 apabila Siklus 1 ....
       
A. proses pelaksanaan tindakan 1 belum selesai dilakukan
B. sudah berhasil
C. belum menunjukkan perbaikan
D. tidak memperlihatkan dampak yang signifikan

IDevice Question Icon27
Hasil pengamatan yang dilakukan Pak Siswa di kelasnya berbentuk catatan-catatan tentang perilaku siswa dalam membaca sebuah teks di depan kelas. Hal ini dilakukan setelah Pak Siswo menjelaskan bagaimana cara membaca teks yang baik. Setiap anak diberi waktu 2 menit untuk membaca dan Pak Siswo mencatat perilaku siswa, seperti teknik membaca, sikap badan, ucapan/ejaan dan lain-lain. Data yang dikumpulkan Pak Siswo adalah data ....
       
A. ordinal
B. kuantitatif
C. kualitatif
D. numerik

IDevice Question Icon28.
Berikut adalah beberapa cara penyajian hasil analisis data hasil PTK, kecuali ....
       
A. penyajian seluruh hasil pengukuran yang dilakukan selama penelitian
B. grafik histogram
C. narasi tentang perilaku siswa
D. matriks-matriks sesuai variabel-variabel yang digunakan

IDevice Question Icon29.
Kesimpulan hasil PTK sebaiknya merupakan penjelasan-penjelasan yangdisusun sesuai dengan ....
       
A. urutan identifikasi masalah
B. pertanyaan penelitian
C. temuan penelitian
D. hasil analisis data

IDevice Question Icon30.
Mengapa PTK harus dilakukan per daur? Untuk ....
       
A. mempertinggi akurasi
B. memperoleh hasil yang valid
C. memperoleh perbaikan yang optimal
D. memperoleh presisi yang tinggi sesuai tujuan penelitian
IDevice Question Icon31
Secara spesifik laporan PTK memuat tentang ....
       
A. temuan penelitian
B. kesimpulan hasil penelitian
C. rekomendasi
D. saran-saran perbaikan pembelajaran

IDevice Question Icon32.
Judul PTK harus menggambarkan ....
       
A. upaya perbaikan pembelajaran
B. masalah pembelajaran
C. masalah pendidikan
D. perbaikan sistem persekolahan

IDevice Question Icon33.
Sistematika PTK sebagaimana ditetapkan Ditjen DIKTI (2004) harus memuat abstrak penelitian. Berikutrambu-rambu penulisan abstrak penelitian, kecuali ....
       
A. difokuskan pada saripasi penelitian
B. menggambarkan aspek terpenting dari temuan penelitian
C. disajikan secararuntut, singkatdan padat
D. merupakan ringkasan penelitian

IDevice Question Icon34.
Dalam menyusun laporan PTK, masalah penelitian ditulis/disajikan di bagian ....
       
A. identifikasi masalah
B. perumusan masalah
C. pendahuluan
D. Kesimpulan

IDevice Question Icon35.
Karena mau cepat selesai, pada saat penelitiannya masih harus dilanjutkan ke Daur 3, Pak Irsan sudah menghentikannya hanya sampai Daur 2. Ia kemudian menyusun laporan PTK dan melaporkan bahwa tindakan perbaikannya sudah menunjukkan hasil positif. Sesuai etika penulisan laporan, Pak Irsan telah mengabaikan ....
       
A. estetika
B. logika
C. kejujuran
D. ke-konsistenan (keajegan)

IDevice Question Icon36.
Tulisan tentang sebuah topik biasanya disusun berdasarkan paragraf-paragraf. yang dimaksud dengan paragraf dalam laporan PTK adalah .....
       
A. kumpulan gagasan yang ditulis peneliti
B. ungkapan penulis yangmemiliki kesatuan ide dan pikiran
C. kumpulan kalimat kuranglebihsebanyak setengah halaman yangdimulai dengan barisbaru
D. buah pikiran parapakar yang dikutip penulis

IDevice Question Icon37.
Berikut adalah aspek dibahas dalam bab kajian pustaka. Salah satu hal yang tidak sesuai sebagai aspek kajian pustaka adalah ....
       
A. teori-teori yang elevan
B. kerangka berpikir
C. metodologi
D. pertanyaan penelitian atau hipotesis

IDevice Question Icon38.
Diseminasi laporan PTK dilakukan untuk tujuan ....
       
A. proses sosialisasi laporan ilmiah
B. penyebarluasan hasil penelitian
C. publikasi temuan ilmiah
D. dimanfaatkan orang banyak terutama guru.

IDevice Question Icon39.
Manfaat diseminasi laporan PTK bagi sekolah adalah ....
       
A. dihasilkannya laporan ilmiah bagi sekolah
B. dihasilkannya metode perbaikan pembelajaran di kelas
C. meningkatnya kredibilitas sekolah.
D. meningkatnya intelektualitas staf guru.

IDevice Question Icon40
karena mau cepat selesai maka pada saat penelitiannya masih harus dilanjutkan ke daur 3 pak yusril sudah menghentikannya sampai daur 2. ia kemudian menyusun laporan PTK dan melaporkan bahwa tindakan perbaikannya sudah menunjukkan hasil positif. sesuai keetika penulisan laporan pak Yusri telah mengabaikan unsur ....
       
A. estetika
B. logika
C. kejujuran
D. keajegan
IDevice Question Icon41.
Dari hasil analisis masalah yang dilakukan di kelasnya, Pak Bambang melihat bahwa dalam 3 kali ulangan aritmatika yang diberikan, rata-rata hanya 2 orang dari 30 siswanya yangmendapatnilai di atas 60. Sebagian besarsiswa tidak mampu menyelesaikan soal-soal tentang perkalian. Selain itu, pada setiap pelajaran matematika, suasana kelas menjadi tegang karena isiwa merasa matematika sebagai pelajaran maut alias sulit. Sehubungan dengan masalah tersebut, Pak Bambang kemudian merumuskan masalah pembelajaran sebagai berikut: "Metode apa yang dapat saya gunakan agar siswa dapat mengerjakan soal-soal tentang perkalian serta dalam suasana yang lebih rileks?". Selanjutnya, permasalahan tersebut dapat dirinci secara operasional sebagai berikut:
  1. Apakah pemberian tugas tugas atau PR akan dapat meningkatkan hasil belajar siswa?
  2. Bagaimana bentuk materi tugas yang dapat membangkitkan motivasi siswa terhadap pelajaran aritmatika?
  3. Apakah saya perlu berkonsultasi dengan Kepala Sekolah?
       
A. 
B. 
C. 
D. 

IDevice Question Icon42
Salah satu prinsip observasi menurut Hopkins adalah perencanaan bersama. Perencanaan bersama yang bertujuan untuk membangun ....
(1) kesamaan persepsi antara guru dan teman sejawat
(2) membangun rasa saling percaya antar pihak-pihak yang terlibat
(3) membangun aturan main antar pihak-pihak yang terlibat
 
       
A. 
B.
C. 
D. 

IDevice Question Icon43.
Dalam upaya mencapai tujuan dan sasaran observasi, maka peneliti PTK hendaknya mengarahkan sasaran pokok dan fokus utama selama proses observasi untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut:
  1. apakah sudah terjadi perubahan di kelas saya?
  2. apakah tindakan perbaikan sudah berhasil?
  3. apakah dampak dari tindakan perbaikan yang sudah saya berikan?
       
A.
B.
C. 
D. 

IDevice Question Icon44
Observasi yang dilakukan oleh pengamat luar (teman sejawat) dalam PTK difokuskan pada ....
  1. perilaku mengajar guru dalam melaksanakan tindakan perbaikan
  2. suasana dan perilaku belajar siswa selama berlangsung tindakan perbaikan
  3. intensitas catatan penelitian yang dibuat/ditulis oleh pengamat
       
A.
B.
C. 
D. 

IDevice Question Icon45
Hasil analisis data dapat dijadikan bahan untuk ....
  1. membuat kesimpulan dan tindak lanjut penelitian
  2. melakukan refleksi untuk membuat perencanaan tindak lanjut
  3. mengidentifikasi temuan penelitian
       
A.
B.
C. 
D. 

IDevice Question Icon46
Pengumpulan dalam PTK melalui cara observasi terutama ditujukan untuk ....
  1. memperoleh masukan tentang perilaku belajar siswa
  2. mempelajari dampak tindakan perbaikan yang diberikan
  3. mempelajari dokumen hasil belajar
       
A.
B.
C.
D. 

IDevice Question Icon47
Dalam tahapan pelaksanaan tindakan perbaikan di kelas, sebagai peneliti guru akan ....
  1. mengidentifikasi dampak tindakan perbaikan yang diberikan dengan mengamati perilaku siswa
  2. mengidentifikasi penyebab masalah pembelajaran melalui wawancara dengan siswa
  3. mengajar sebagaimana biasa sesuai jadwal belajar siswa
       
A.
B. 
C. 
D.

IDevice Question Icon48
Refleksi pada dasarnya adalah .....
  1. mempertanyakan kepada diri sendiri mengapa masalah ini sampai terjadi dikelasnya
  2. merencanakan berbagai alternatif tindakan yang mungkin dapat dilakukan
  3. merenungkan dampak dari tindakan-tindakan yang sudah dilakukan selama ini
       
A.
B.
C. 
D. 

IDevice Question Icon49.
Yang dimaksud dengan interpretasi hasil analisis data adalah ....
  1. menemukan makna dari hasil analisis datauntuk menjawab pertanyaan penelitian.
  2. menterjemahkan hasil analisis data dan menghubungkannya dengan masalah penelitian.
  3. mengolah data hasil penelitian dengan menggunakan analisis statistik.
       
A.
B.
C. 
D. 

IDevice Question Icon50
Saran tindak lanjut hasil PTK adalah ....
  1. saran-saran perbaikan ditujukan untuk berbagai pihak
  2. alternatif perbaikan dibuat sesuai kesimpulan penelitian
  3. usulan perbaikan dapat dipertimbangkan melalui refleksi
       
A. 
B. 
C.
D. 


11 comments: