LATIHAN SOAL
UAS S1 PGSD UNIVERSITAS TERBUKA (UT)
PDGK4306
PEMBELAJARAN BERWAWASAN KEMASYARAKATAN
KODE NASKAH:LM01
PENGEMBANG: NGADI MARSINAH (ngadi@mail.ut.ac.id)
Sapaan
Halo mahasiswa UT, selamat berjumpa kembali dalam latihan Mandiri
(LM). Apakah Anda sudah mempelajari Buku Materi Pokok (BMP)? Bila sudah, Anda
dapat langsung mengerjakan LM mata kuliah tersebut. LM ini dimaksudkan untuk
membantu Anda mengetahui keberhasilan atau kemajuan belajar Anda setelah
mempelajari satu BMP dan untuk menyiapkan diri dalam menghadapi Ujian Akhir
Semester (UAS). Naskah LM ini sudah dilengkapi hint yang berisi
rambu-rambu untuk menyelesaikan setiap butir soal serta feedbeck yang
berisi penjelasan untuk setiap option benar maupun salah.
Petunjuk mengerjakan soal
Bacalah setiap butir soal dengan teliti. Pilih salah satu option
dengan cara mengklik jawaban yang benar. Selamat mengerjakan
1
Tahap pengalaman konkret merupakan tahap awal dalam peristiwa
belajar, yakni ketika seseorang dapat mengalami peristiwa atau kejadian
sebagaimana adanya. Pernyataan tersebut merupakan tahapan belajar sesuai dengan
Teori Humanistik yang dikemukakan oleh....
|
A. Mumford
|
|
B. Habermas
|
|
C. Honey
|
|
D. Kolb
|
2
Pak Joko mengajar di kelas III SD. Pak Joko menugaskan anak untuk
menuliskan jenis-jenis pekerjaan yang ada di lingkungan melalui pengamatan.
Dari kegiatan tersebut pembelajaran yang dilakukan merupakan contoh....
|
A. membimbing anak belajar aktif
|
|
B. menentukan materi pembelajaran
|
|
C. mengidentifikasi kemampuan peserta didik
|
|
D. mengevaluasi proses dan hasil belajar
|
3
Pendidikan merupakan proses sosial bagi anak untuk menjadi bagian
yang aktif dan partisipatif dalam masyarakat. Pernyataan tersebut sesuai dengan
teori pembelajaran yang dikemukakan oleh....
|
A. Honey
|
|
B. John Dewey
|
|
C. Mumford
|
|
D. Ausbel
|
4
Dalam cara pandang pendidikan tradisional, guru memegang kendali
dalam pembelajaran. Sedangkan pada cara pandang progresif guru bertindak
sebagai berikut, kecuali....
|
A. fasilitator
|
|
B. pengayom
|
|
C. teman berdiskusi
|
|
D. pemberi hukuman
|
5
Pandangan sosiokultural konstruktivisme Teori Vygotsky yang
menekankan kemandirian adalah siswa belajar....
|
A. untuk menyelesaikan tugas yang kompleks dengan menggunakan
media
|
|
B. berdasarkan konsep
|
|
C. melalui pemecahan masalah
|
|
D. dengan orang dewasa dan teman sebaya
|
6
Evaluasi belajar yang mengacu pada Teori Vygotsky menganjurkan
pengetesan lapisan bawah dan lapisan atas zona perkembangan untuk....
|
A. mengetahui tingkat status dan kemampuan belajar siswa saat
ini
|
|
B. menilai pemahaman anak yang lalu
|
|
C. mengukur kemampuan anak yang akan datang
|
|
D. menilai keterampilan dan pemahaman yang dimiliki anak
|
7
Pada kegiatan pembelajaran IPA kelas III SD, anak-anak ditugaskan
untuk mengamati dan menggolongkan binatang yang menyusui dan memakan daging.
Dalam kegiatan tersebut guru berperan sebagai....
|
A. konselor
|
|
B. penyuluh
|
|
C. fasilitator
|
|
D. pemimpin
|
8
Ki Hajar Dewantara berpendapat bahwa pendidikan mempunyai arah dan
tujuan. Artinya, pendidikan bertujuan untuk memenuhi....
|
A. kepentingan pemerintah
|
|
B. kepentingan golongan
|
|
C. menghilangkan kemiskinan
|
|
D. menanggulangi kebodohan dan kemiskinan
|
9
Peran guru dalam proses belajar sistem pondok yang dikemukakan
oleh Ki Hajar Dewantara adalah sebagai berikut, kecuali....
|
A. mencetak pemimpin yang digugu
|
|
B. menghasilkan seorang intelektual
|
|
C. mengembangkan kondisi dan suasana pondok
|
|
D. mentransfer ilmu pengetahuan pada peserta didik
|
10
Tokoh yang mengungkapkan bahwa kebudayaan merupakan satu kesatuan
dan bukan jumlah dari bagian-bagian adalah....
|
A. E.B. Taylor
|
|
B. Tilaar
|
|
C. Talcott
|
|
D. Selo Sumarjan dan Soelaeman
|
11
Wujud kebudayaan yang merupakan sistem tingkah laku dan tindakan
yang berpola dikemukakan oleh....
|
A. Koentjaraningrat
|
|
B. J.J. Honingmam
|
|
C. Talcott
|
|
D. Tilaar
|
12
Pelanggaran terhadap suatu norma yang tidak membawa akibat yang
berbeda dalam masyarakat adalah folkway. Pernyataan tesebut merupakan
pendapat dari....
|
A. Talcott
|
|
B. Krober
|
|
C. J.J. Honingmam
|
|
D. W.G. Summer
|
13
Pakaian, perumahan, dan alat rumah tangga merupakan peralatan
hidup manusia. Pernyataan tersebut adalah unsur pokok kebudayaan yang
dikemukakan oleh....
|
A. Melvile
|
|
B. Bronislaw
|
|
C. Kluckhohn
|
|
D. Ferdinan Tonies
|
14
Dilihat dari religi, unsur kebudayaan Ralp Linton dapat diwujudkan
pada saat....
|
A. melakukan upacara keagamaan
|
|
B. melakukan kerja sama dengan orang lain
|
|
C. menkomunikasikan ide
|
|
D. mengungkapkan berbagai perasaan
|
15
Membiasakan anak untuk berdoa sebelum melakukan kegiatan dan
mencuci tangan sebelum makan merupakan contoh norma kebudayaan yang
mencerminkan....
|
A. pendidikan
|
|
B. tata tertib
|
|
C. berestetika
|
|
D. bersosialisasi
|
16
Pernyataan yang menyatakan bahwa peran keluarga adalah pewaris
kebudayaan merupakan pendapat dari....
|
A. Ki Hajar Dewantara
|
|
B. D'Antonio
|
|
C. Zimmerman
|
|
D. Tylor
|
17
Salah satu peranan pendidikan dalam kebudayaan yang mengadakan
pembauran antaretnis adalah....
|
A. krisis
|
|
B. fokus
|
|
C. inovasi
|
|
D. asimilasi
|
18
Proses kebudayaan yang dilakukan secara temporer, yaitu masa lalu,
masa kini, dan masa depan merupakan tata susunan pembudayaan secara....
|
A. informal
|
|
B. nonformal
|
|
C. horisontal
|
|
D. vertikal
|
19
Arah baru pendidikan menuju demokrasi menurut pandangan Theodore
Brubacher yang menjelaskan bahwa manusia dan masyarakat senantiasa berubah,
baik perubahan yang direncanakan maupun yang tidak direncanakan mengacu
pada prinsip....
|
A. pembangunan prinsip kesetaraan
|
|
B. pemberdayaan bangsa
|
|
C. kondisi masyarakat yang pluralistik
|
|
D. perencanaan pendidikan
|
20
Pembudayaan dan pemberdayaan sistem, iklim, dan proses dalam
pendidikan nasional yang demokratis dan mengutamakan mutu dalam perspektif
nasional dan global merupakan misi jangka....
|
A. pendek
|
|
B. periodik
|
|
C. menengah
|
|
D. panjang
|
21
Yang dimaksud kerja sama dengan usaha dan industri dalam rangka
demokrasi pendidikan menurut Tilaar adalah....
|
A. memberikan kesempatan siswa untuk menggunakan fasilitas
industri untuk praktik
|
|
B. mengembangkan pendidikan alternatif
|
|
C. mendayagunakan institusi sebagai wahana pembelajaran
|
|
D. menciptakan suasana untuk penunjang pendidikan
|
22
Konsep pembelajaran berwawasan kemasyarakatan yang mengacu pada
kebermaknaan dan kebermanfaatan bagi peserta didik adalah pembelajaran yang....
|
A. mempunyai manfaat yang dapat diterapkan pada kehidupan
|
|
B. menumbuhkan keterbukaan
|
|
C. membantu peserta didik memecahkan masalah
|
|
D. memenuhi kebutuhan peserta didik
|
23
Prinsip pembelajaran berwawasan kemasyarakatan yang membahas
kegiatan pembelajaran dan diupayakan memiliki nilai strategis bagi peserta
didik sehingga memiliki kemudahan untuk dapat dijangkau oleh peserta didik
adalah....
|
A. belajar terus menerus
|
|
B. determinasi diri
|
|
C. belajar terpadu
|
|
D. lokalisasi
|
24
Menurut UU No. 2 Tahun 2003 tentang Sisdiknas, satuan pendidikan
yang dibentuk atas dasar pendekatan dan kebutuhan masyarakat yang berorientasi
pada keagamaan Islam adalah....
|
A. pelatihan
|
|
B. kursus
|
|
C. kelompok belajar
|
|
D. majelis taklim
|
25
Nugroho setelah putus sekolah perlu membekali diri dengan belajar
kepada orang lain yang memiliki pengetahuan yang lebih, yaitu cara
membudidayakan tanaman bunga, sehingga dengan kemampuan yang dimiliki dapat
meningkatkan kesejahteraan. Contoh tersebut mencerminkan pendidikan....
|
A. keterampilan
|
|
B. kepemudaan
|
|
C. kesetaraan
|
|
D. kecakapan hidup
|
26
Salah satu contoh yang sangat berpengaruh dalam proses belajar
dengan pendekatan pedagogi adalah pengalaman ...
|
A. Guru
|
|
B. Orang tua
|
|
C. Sekolah
|
|
D. Anak
|
27
Peserta didik merupakan sumberpengalaman sehingga teknik
pemindahan informasi merupakan yang paling dominan dalam pendekatan pedagogi.
Untuk pernyataan tersebut diperlukan...
|
A. Motivasi belajar
|
|
B. Kesiapan belajar
|
|
C. Kebutuhan belajar
|
|
D. Peran pengalaman
|
28.
Tahap- tahap keberhasilan proses pembelajaran orang dewasa adalah
sebagai berikut, kecuali...
|
A. Merumuskan tujuan belajar
|
|
B. Menciptakan iklim belajar yang cocok
|
|
C. Melaksanakan kegiatan belajar
|
|
D. Mengutamakan kepentingan masing- masing
|
29.
Dalam pelajaran kesenian diperkenalkan macam- macam tarian daerah.
Hal ini termasuk pembelajaran multikultural seperti yang dikemukakan oleh....
|
A. Tilaar
|
|
B. Taylor
|
|
C. Ki Hajar Dewantara
|
|
D. UNESCO
|
30.
Yang dimaksud dengan tugas guru haruslah menjadi model dalam
menerapkan nilai- nilai sebagai inti kebudayaan, diantaranya meliputi....
|
A. Tata tertib di sekolah harus disesuaikan dengan adat setempat
|
|
B. Tindakan dan berperilaku baik selama di dalam maupun di luar
kelas
|
|
C. Kurikulum yang disesuaikan dengan kemampuan siswa
|
|
D. Memperkenalkan macam- macam kebudayaan yang ada di setiap
daerah
|
31.
Pendidikan merupakan suatu proses yang berkesinambungan. Yang
artinya bahwa....
|
A. Kurikulum yang ada sekarang merupakan kurikulum yang sudah
ada sejak dulu
|
|
B. Penyempurnaan program harus dilaksanakan secara pereodik
|
|
C. Dalam menyampaikan materi pelajaran harus disesuaikan dengan
kebutuhan siswa
|
|
D. Pembuatan kurikulum harus disesuaikan dengan tuntutan zaman
|
32.
Strategi introspektif merupakan strategi yang dapat digunakan
dalam pembelajaran perdamaian di dalam kelas, dengan harapan siswa dapat....
|
A. Menerima keberadaan teman- teman di kelasnya
|
|
B. Memilih situasi yang ada di lingkungannya
|
|
C. Menyesuaikan diri dengan teman-temannya
|
|
D. Mengikuti pelajaran dengan baik
|
33.
Metode yang dapat dijadikan acuan dalam menyampaikan bahan
pembelajaran di antaranya adalah....
|
A. Pemberian tugas
|
|
B. Tanya jawab
|
|
C. Demonstrasi
|
|
D. Karyawisata
|
34.
Yang dimaksud dengan belajar tentang hak- hak asasi manusia
diantaranya adalah belajar untuk....
|
A. Memperlakukan yang adil terhadap manusia
|
|
B. Mengetahui kebutuhan- kebutuhan sesama manusia
|
|
C. Menghargai keberadaan orang lain
|
|
D. Mengetahui kewajiban kita sebagai warga masyarakat
|
35.
Yang dimaksud dengan kegiatan utama dalam pengelolaan pembelajaran
multikultural, diantaranya adalah seperti di bawah ini, kecuali....
|
A. Mempersiapkan siswa dalam kegiatan pembelajaran
|
|
B. Agar siswa dapat mengetahui keterampilan yang akan dicapai
|
|
C. Mempermudah menyiapkan mental anak
|
|
D. Guru dapat menyiapkan metode yang sesuai dengan materi
pembelajaran
|
36.
Guru menyampaikan tujuan- tujuan belajar yang hendak dicapai
siswa. Hal tersebut merupakan kegiatan ....
|
A. Pendahuluan
|
|
B. Utama
|
|
C. Analisis
|
|
D. Perkenalan
|
37.
Seorang dianggap memiliki kecakapan personal jika orang tersebut
mampu....
|
A. Menyesuaikan diri dengan lingkungan
|
|
B. Menghargai kelebihan maupun kekurangan orang lain
|
|
C. Membimbing diri sendiri sesuai dengan kemampuannya
|
|
D. Menguasai kemampuan akademik yang memadai
|
38.
Menurut Sondra Stein, Kategori standar yang perlu dipersiapkan
tentang kecakapan hidup bagi orang dewasa, di antaranya adalah....
|
A. selalu belajar untuk mendapatkan ilmu yang baru
|
|
B. Dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan
|
|
C. Menjadi teladan bagi anak- anaknya
|
|
D. Membimbing bagi yang lebih muda
|
39.
Yang dimaksud kecakapan hidup pribadi/menurut Broling adalah
apabila seseorang dapat....
|
A. Membagi waktunya dengan baik antara tugasnya sebagai anggota
masyarakat dengan tugas profesionalnya
|
|
B. Membimbing dirinya sendiri agar dapat menyelesaikan
masalahnya sebaik mungkin
|
|
C. Mempunyai kepercayaan diri dapat menghadapi tantangan zaman
yang semakin maju
|
|
D. Melakukan pekerjaan sebaik mungkin agar mendapat kepercayaan
dari atasan tempat kerjanya
|
40.
Pendidikan berbasis luas merupkan pendekatan yang memiliki
karakteristik bahwa....
|
A. Pendidikan menjangkau seluruh lapisan masyarakat
|
|
B. Masyarakat di pelosok pedesaan juga mendapatkan pendidikan
formal
|
|
C. Pendidikan memberikan fondasi yang kuat dan mendasar pada
siswa
|
|
Pembelajaran diberikan secara menyeluruh
|
41.
Strategi renung- latih- telaah pada pembelajaran bermaksud agar
siswa....
|
A. Memahami diri sendiri sehingga dapat menjalankan tugasnya
sesuai dengan kemampuan
|
|
B. Mengembangkan kemampuannya sesuai dengan bakat serta minatnya
|
|
C. Melatih keterampilannya agar mencapai hasil maksimal
|
|
D. Memilih salah satu keterampilan yang menjadi minatnya
|
42.
Pembelajaran partisipasif pada tahap perencanaan dimaksudkan agar....
|
A. Siswa dapat mengetahui rancangan pembelajaran dari guru
|
|
B. Siswa memberikan masukan pada guru tentang mater pelajaran
yang diperlukan
|
|
C. Gurumemberikan alternatif pembelajaran yang akan diberikan
|
|
D. Guru ikut menentukan pembuatan kurikulum
|
43.
Salah satu ciri dari pembelajaran partisipatif terlihat
apabila....
|
A. Pendidik berperan aktif dalam pembelajaran
|
|
B. Siswa merasanyaman dan termotivasi saat pembelajaran
|
|
C. Pembelajaran berjalan dengan lancar
|
|
D. Siswa diikutsertakan dalam pembuatan kurikulum
|
44.
Iklim belajar diciptakan pendidik dengan maksud agar....
|
A. Antara pendidik dan peserta didik dapat terjalin kebersamaan
|
|
B. Dapat tercapai tujuan belajar seperti yang diharapkan
|
|
C. Peserta didik lebih semangat dalam mengikuti pembelajaran
|
|
D. Kelas lebih terlihat tertib pada waktu pembelajaran
berlangsung
|
45.
Jika dilihatdari proses, yang dimaksud dengan pendekatan
pembelajaran kontekstual di antaranya adalah....
|
A. Dalam menerima materi pelajaran, siswa diharapkan dapat
menerapkannya dalam kehidupan sehari- hari
|
|
B. Guru dalam menyampaikan pembelajaran harus melalui
tahapan-tahapan tertentu
|
|
C. Materi pelajaran yang akan disampaikan guru perlu
memperhatikan karakteristik setiap siswa
|
|
D. Pembelajaran berlangsung dimulai dengan menjelaskan hal- hal
yang sifatnya sederhana terlebih dahulu
|
46.
Perbedaan antara kontekstual dengan pembelajaran konvensional
dilihat dari aktivitas siswa terlihat ketika....
|
A. Pembelajaran kontekstual melibatkan siswa secara aktif
|
|
B. Pembelajaran konvensional melibatkan siswa lebih aktif
|
|
C. Guru berperan aktif dalam pembelajaran kontekstual
|
|
D. Guru hanya sebagai pembimbing dalam pembelajaran konvensional
|
47.
Pembelajaran kontekstual yang didasarkan pada konsktruksivisme
bercirikan....
|
A. Pembelajaran berpusat pada guru sebagai pendidik
|
|
B. Siswa aktif mengembangkan pengetahuan yang diperoleh di kelas
|
|
C. Guru mengkonstruksi pengetahuan
|
|
D. Antara siswa dan guru sama- sama mengkonstruksi pengetahuan
|
48.
Belajar mandiri pada orang dewasa menurut pendapat Knowles
menekankan pada....
|
A. Penguasaan materi yang lebih mendalam
|
|
B. Kesadaran untuk belajar lebih baik
|
|
C. Menerapkan pengalaman sehari - hari sebagai sumber
pengetahuan
|
|
D. Kebutuhan pengetahuan yang berbeda- beda dengan pada waktu
anak- anak
|
49.
Terbuka terhadap setiap kesempatan belajar merupakan salah satu
faktor yang mempengaruhi kesiapan belajar mandiri. Artinya, si pelajar
harus....
|
A. Kreatif dalam mengolah pengetahuan
|
|
B. Menimba pengalaman terhadap orang dapat memperoleh
pengetahuan
|
|
C. Mampu melihat orang lain agar dapat memperoleh sukses
|
|
D. Didorong rasa keingintahuannya terhadap ilmu yang baru
|
50.
Menurut Rogers pendidik dapat berperan sebagai fasilitator dengan
tugasnya....
|
A. Menyiapkan rencana pembelajaran sesuai dengan kemampuan anak
|
|
B. Memotivasi siswa agarlebih mudah menerima pembelajaran
|
|
C. Merencanakan media yang diperlukan dalam pembelajaran
|
|
D. Mempersiapkan mental siswa untuk menerima pembelajaran.
|
No comments:
Post a Comment