KUNCI JAWABAN DAN PEMBAHASAN SOAL UAS
UT
PDGK4202
PEMBELAJARAN IPA DI SD
1. Pelajari Modul 1 tentang Teori Piaget dabn
penerapannya dalam pembelajaran IPA
A. Salah, karena amak berada pada tahap kecerdasan
motorik
B. Salah, karena anak telah berada pada tahap
berfikir secara egosentris
C. Benar, karena anak telah berada pada tahap
melakukan
D. Salah, karena anak telah berada pada tahap
pemikiran yang lengkap
2. Pelajari Modul 1 tentang Teori Piaget dan
penerapannya dalam pembelajaran IPA SD
A. Salah, karena Sensori motorik adalah
perkembangan anak pada usia < 3 tahun
B. Salah, karena Pre-Operasional adalah
perkembangan anak pada usia 3 - 7 tahun
C. Benar, karena Konkret Operasional adalah
perkembangan anak pada usia 7 - 11 tahun
D. Salah, karena Formal Operasional adalah
perkembangan anak pada usia 12 - 15 tahun
3. Pelajari Modul 2 tentang Pendekatan dalam
pembelajaran IPA SD
A. Salah, karena penjelasan fakta atau konsep
merupakan informasi verbal
B. Benar, karena menunjukkan proses berfikir dan
keterampilan intelektual siswa
C. Salah, karena pertanyaan nama penemu merupakan
informasi verbal
D. Salah, karena penjelasan generalisasi dapat
diperoleh melalui informasi verbal
4. Pelajari Modul 2 tentang Pendekatan dalam
pembelajaran IPA SD
A. Benar, karena mendeskriminasikan lingkungan
bersih dan tercemar
B. Salah, karena menunjukkan konsep terapung,
tenggelam, dan melayang secara nyata
C. Salah, karena mendefinisikan merupakan
membangun pengetahuan tentang maksud suatu konsep
D. Salah, karena mendemonstrasikan merupakan
membuktikan atau menjukkan aturan yang berlaku
5. Pelajari Modul 1 tentang Teori Belajar Ausubel
dalam pembelajaran IPA
A. Salah, karena diferensiasi progresif merupakan
penyajian konsep-konsep yang dimulai dari konsep-konsep umum kemudian
dilanjutkan dengan penyajian konsep yang lebih khusus
B. Salah, karena diferensiasi integratif tidak ada
C. Salah, karena rekonsiliasi progresif tidak ada
D. Benar, karena rekonsiliasi integrative
merupakan konsep-konsep baru diintegrasikan dengan konsep-konsep yang telah
dipelajari sebelumnya
PDGK4202 PEMBELAJARAN IPA DI SD
6. Pelajari Modul 1 tentang Teori Piaget dan
penerapannya dalam pembelajaran IPA SD
A. Salah, karena pendekatan faktual memberikan
gambaran namun belum pada tahap merefleksikan
B. Salah, karena keterampilan proses cenderung
melibatkan konsep dengan materi konkret dan bekerja ilmiah
C. Benar, karena merupakan rangkaian dari
fakta-fakta dan menyajikan ilustrasi yang lebih konkret daripada pendekatan
faktual
D. Salah, karena pembelajaran dikembangkan dengan
menggunakan lingkungan sebagai sumber belajar
7. Pelajari Modyul 2 tentang pendekatan dalam
pembelajaran IPA SD
A. Benar, karena hasil belajar dapat dilihat
berdasarkan keteracapaian kompetensi dasar
B. Kurang tepat karena pemilihan metoda nmerupakan
bagian dari proses pembelajaran yang belum tentu sangat berpengaruh terhadap
hasil belajar
C. Kurang tepat karena ketercepaian tugas belum
menggambarkan hasil belajar secara keseluruhan hanya sebagaian
D. Kurang tepat karena kesesuaian kompetensi dasar
dengan topik bahasan memang diperlukan namun belum menggambarkan hasil belajar
8. Pelajari Modul 3 tentang Keterampilan roses
dasar dan keterampilan roses terintegerasi
A. Salah, karena berat air tergolong varabel
terikat
B. Benar, karena volume air yang berbeda-beda
merupakan variabel bebas
C. Salah, karena perbedaan berat air merupakan
variabel bebas
D. Salah, karena volume air di akhir percobaan
merupakan bukan variabel
9. Pelajari Modul 4 tentang keterampilan proses
dalam pembelajaran IPA SD
A. Salah, karena mengobservasi merupakan
keterampilan mengamati
B. Benar, karena mengklasifikasi telah mampu
mencirikan berdasarkan karakteristik
C. Salah, karena membedakan baru sampaui tahap
melihat perbedaan
D. Salah, karena menjelaskan belum tentu mampu
mengelompokkan
10. Pelajari Modul 4 tentang penerapan pendekatan
dalam IPA SD
A. Salah, karena pembelajaran tersebut tidak
selalu memprediksi
B. Salah, karena pembelajaran tersebut tidak hanya
mengamati
C. Salah, karena pembelajaran tersebut tidak
mengelompokkan
D. Benar, karena pembelajaran tersebut menjelaskan
hasil temuan
PDGK4202 PEMBELAJARAN IPA DI SD
11. Pelajari Modul 4 tentang keterampilan proses
memformulasi hipotesis, mengontrol variabel, membuat definisi operasional dan
menginterpretasi data
A. Salah, karena merupakan sebagian dari objek
yang diteliti
B. Benar, karena merupakan seluruh objek yang
diteliti
C. Salah, karena survey merupakan teknik
pengambilan data
D. Salah, karena variabel merupakan komponen yang
akan diteliti
12. Pelajari Modul 5 tentang alat peraga dalam
pembelajaran IPA SD
A. Benar, karena kaleng yang dilubangi dan diberi
air akan menekan ke segala arah
B. Salah, karena pasir yang diberi air maka air
akan merembes, digunakan untuk menjelaskan air meresap melalui celah-celah kecil
C. Salah, karena kaleng berisi air yang dipanaskan
untuk menjelaskan konsep perubahan wujud air ke uap
D. Salah, karena digunakan untuk menjelaskan air
mampu melarutkan zat
13. Modul 6 tentang merancang pembelajaran IPA
terintegrasi
A. Benar, karena konsep berasal dari 1 mata
pelajaran sesuai untuk siswa kelas IV
B. Salah, karena penjernihan air tidak untuk siswa
kelas IV
C. Salah, karena konsep debit air tidak sesuai
dengan pelajaran kelas IV
D. Salah, karena konsep rumus molekul air belum
tepat diberikan untuk siswa kelas IV
14. Pelajari Modul 6 tentang Merancang
pembelajaran IPA terintegrasi
A. Salah, karena topik matahari sulit dikembangkan
untuk mata pelajaran matematika bagi siswa SD
B. Salah, karena topik pembahasan IPA sulit
dikembangkan lebih jauh
C. Benar, karena topik banjir dapat dikembangkan
dari pelajaran IPA, Matematika, Bahasa Indonesia dan IPS
D. Salah, karena benda, padat, cair, dan gas
cenderung lebih banyak dapat dibahas untuk mata pelajaran IPA
15. Pelajari Modul 7 tentang Evaluasi hasil
belajar IPA di SD
A. Benar, karena berkenaan dengan sikap
B. Salah, karena berkenaan dengan kognitif
C. Salah, karena merupakan evaluasi proses
D. Salah, karena tidak tepat dengan kata
"harus"
PDGK4202 PEMBELAJARAN IPA DI SD
16. Pelajari Modul 9 tentang merancang
pembelajaran IPA kelas V
A. Salah, karena kegiatan awal tidak langsung
menjelaskan materi
B. Salah, karena kegiatan awal tidak langsung
menjelaskan fungsi alat-alat pencernaan
C. Salah, karena kegiatan awal kurang tepat jika
langsung menjelaskan macam-macam alat pencernaan seperti tertera pada alat
peraga
D. Benar, karena dibandingkan jawaban lain lebih
tepat, karena diawal pembelajaran sebaiknya guru memancing perhatian siswa
17. Pelajari Modul 9 tentang merancang
Pembelajaran IPA kelas V
A. Benar, karena indikator berisi tentang
kompetensi yang diharapkan tercapai pada akhir pembelajaran
B. Salah, karena materi pokok bahasan merupakan
topik bahasan yang manghantarkan pemahaman siswa
C. Salah, karena kegiatan pembelajaran merupakan
sarana kegiatan belajar
D. Salah, karena kompetensi dasar merupakan
kumpulan kompetensi yang diperoleh tidak dari satu kegiatan pembelajaran
18. Pelajari Modul 9 tentang merancang
pembelajaran IPAkelas Vi
A. Kurang tepat, karena kurang menarik perhatian
siswa dalam kegiatan belajar
B. Kurang tepat, karena informasi diberikan
disela-sela kegiatan belajar yang diberikan guru
C. Kurang tepat, karena sulit ditangkap oleh siswa
jika tanpa demonstrasi
D. Lebih tepat, karena kegiatan belajar dapat
berupa demonstrasi atau eksperimen. Bila peralatan terbatas dapat digunakan
demonstrasi
19.
Butir 1 dan 2 Benar sedangkan Butir 3 Salah,
karena perubahan wujud uap menjadi cair atau mengembun tidak dapat diperagakan
di kelas
20.
Butir 2 dan 3 Benar sedangkan Butir 1 Salah,
karena pengetahuan yang kompleks merupakan proses akomodasi
PDGK4202 PEMBELAJARAN IPA DI SD
21.
Butir 1,2 dan 3 Benar
22.
Butir 1 dan 3 Benar sedangkan Butir 2 Salah,
karena tidak termasuk contoh model penemuan
23.
Butir 1, 2 dan 3 Benar
24.
Butir 1,2 dan 3 Benar, karena merupakan taksonomi
hasil belajar menurut Gagne
25.
Butir 1,2 dan 3 Benar, karena Hewan menggunakan oksigen
untuk mempertahankan proses hidup, Tumbuhan menggunakan hewan dan karbon
dioksida untuk mempertahan proses hidup dan tumbuhan juga mengeluarkan oksigen
PDGK4202 PEMBELAJARAN IPA DI SD
26.
Butir 1, 2 dan 3 Benar, karena merupakan
butir-butir yang diperlukan dalam pembelajaran dengan pendekatan IPA SD
27.
Butir 1,2 dan 3 Benar
28.
Butir 1 dan 2 Benar sedangkan Butir 3 Salah,
karena bukan pendekatan yang dimaksud
29.
Butir 2 dan 3 Benar sedangkan Butir 1 Salah,
karena merupakan kekuatan penggunaan metoda diskusi bukan kelemahan
30.
Butir 1 dan 3 Benar, karena metoda eksperimen dan
demonstrasi dapat digunakan untuk menjelaskan konsep dengan menggunakan
alat-alat sederhana, tidak berbahaya dan mudah didapat sedangkan Butir 2 Salah,
karena siswa kelas III belum tepat bila diberi diskusi
PDGK4202 PEMBELAJARAN IPA DI SD
31.
Butir 1 dan 2 Benar, sedangkat Butir 3 Salah,
karena tidak mungking bereksperimen dengan sesungguhnya
32.
Butir 1 dan 3 Benar karena siswa mengamati /
memeriksa dan akhirnya menyimpulkan dan dapat dilakukan untuk melihat bentuk
daun sedang Butir 2 Salah, karena tidak bertujuan untuk mengukur
33.
Butir 1, 2 dan 3 Benar, karena siswa mengamati /
memeriksa, melihat perbedaan, menuliskan hasil percobaan akhirnya menyimpulkan
34.
Butir 1 dan 2 Benar karena ditunjukkan dengan ada
prediksi berkenaan dengan proses penggunaan observasi. Sedang Butir 3 Salah,
karena tidak menggambarkan prediksi
35.
Butir 1, 2 dan 3 Benar
PDGK4202 PEMBELAJARAN IPA DI SD
36.
Butir 1, 2 dan 3 Benar, karena peran alat peraga
memeng diantaranya sebagai membangkitkan rasa ingin tahu siswa, pembelajaran
lebih bermakna bagi siswa dan memberi pengalaman belajar pada siswa
37.
Butir 1 dan 2 Benar, sedangkan Butir 3 Salah
karena tidak semua siswa harus terampil, nila alat terlalu sulit dapat
dilakukan demonstrasi oleh guru
38.
Butir 1, 2 dan 3 Benar, karena terintegrasi
merupakan keterpaduan konsep-konsep baik itu dalam satu atau berbagai disiplin
ilmu. Pernyataan soal ini tidak membedakan antara inter dan anatar disiplin
ilmu
39.
Butir 1 dan 2 Benar, karena merupakan mata pelajaran
yang terdapat di kelas rendah sedang Butir 3 Salah, karena mata pelajaran
ekonomi tidak secara khusus diberikan di SD
40.
Butir 1, 2 dan 3 Benar
PDGK4202 PEMBELAJARAN IPA DI SD
41.
Butir 1, 2 dan 3 Benar, karena kognitif adalah
bagian dari kognitig, afektif dan psikomotor
42.
Butir 1 dan 3 Benar sedang Butir 2 Salah karena
anak timbangan tidak dapt dipegang langsung dapat mengganggu berat akibat
adanya zat atau keringat yang menempel
43.
Butir 1, 2 dan 3 Benar
44.
Pernyataan 1 berkenaan dengan sistem Pendidikan
Nasional
Pernyataan 2 berkenaan dengan standar Nasional
Pendidikan
Pernyataan 3 berkenaan dengan standar isi dan
standar kompetensi lulusan
45.
Butir 1, 2 dan 3 Benar
PDGK4202 PEMBELAJARAN IPA DI SD
46.
Butir 1 dan 3 Benar sedang Butir 2 Salah karena TIU sudah tidak lagi
digunakan tetapi dikembangkan Kompetensi dasar yang dijabarkan dari Standar
Kompetensi yang telah ditetapkan
47.
Butir 1, 2 dan 3 Benar
48.
Butir 1 dan 2 Benar Sedangkan Butir 3 Salah karena
panas tinggi diduga akibat pemanasan global
49.
Butir 1 dan 3 Benar sedangkan Butir 2 Salah,
karena SD belum belajar tentang kandungan zat pencemar dalam air sungai
50.
Butir 1 logam dasar baik dalam menghatar listrik,
sedang kayu tidak
Butir 2 rangkaian listrik dapat diberikan secara
seri dan parallel
Butir 3 rangakaian tertutup dapat menghindarkan
listrik dengan baik
No comments:
Post a Comment