KUNCI JAWABAN DAN PEMBAHASAN SOAL UAS UT PDGK4202 PEMBELAJARAN IPA DI SD



KUNCI JAWABAN DAN PEMBAHASAN SOAL UAS UT
PDGK4202 PEMBELAJARAN IPA DI SD


1. Pelajari Modul 1 tentang Teori Piaget dabn penerapannya dalam pembelajaran IPA
A. Salah, karena amak berada pada tahap kecerdasan motorik
B. Salah, karena anak telah berada pada tahap berfikir secara egosentris
C. Benar, karena anak telah berada pada tahap melakukan
D. Salah, karena anak telah berada pada tahap pemikiran yang lengkap

2. Pelajari Modul 1 tentang Teori Piaget dan penerapannya dalam pembelajaran IPA SD
A. Salah, karena Sensori motorik adalah perkembangan anak pada usia < 3 tahun
B. Salah, karena Pre-Operasional adalah perkembangan anak pada usia 3 - 7 tahun
C. Benar, karena Konkret Operasional adalah perkembangan anak pada usia 7 - 11 tahun
D. Salah, karena Formal Operasional adalah perkembangan anak pada usia 12 - 15 tahun


3. Pelajari Modul 2 tentang Pendekatan dalam pembelajaran IPA SD
A. Salah, karena penjelasan fakta atau konsep merupakan informasi verbal
B. Benar, karena menunjukkan proses berfikir dan keterampilan intelektual siswa
C. Salah, karena pertanyaan nama penemu merupakan informasi verbal
D. Salah, karena penjelasan generalisasi dapat diperoleh melalui informasi verbal

4. Pelajari Modul 2 tentang Pendekatan dalam pembelajaran IPA SD
A. Benar, karena mendeskriminasikan lingkungan bersih dan tercemar
B. Salah, karena menunjukkan konsep terapung, tenggelam, dan melayang secara nyata
C. Salah, karena mendefinisikan merupakan membangun pengetahuan tentang maksud suatu konsep
D. Salah, karena mendemonstrasikan merupakan membuktikan atau menjukkan aturan yang berlaku

5. Pelajari Modul 1 tentang Teori Belajar Ausubel dalam pembelajaran IPA
A. Salah, karena diferensiasi progresif merupakan penyajian konsep-konsep yang dimulai dari konsep-konsep umum kemudian dilanjutkan dengan penyajian konsep yang lebih khusus
B. Salah, karena diferensiasi integratif tidak ada
C. Salah, karena rekonsiliasi progresif tidak ada
D. Benar, karena rekonsiliasi integrative merupakan konsep-konsep baru diintegrasikan dengan konsep-konsep yang telah dipelajari sebelumnya

PDGK4202 PEMBELAJARAN IPA DI SD

6. Pelajari Modul 1 tentang Teori Piaget dan penerapannya dalam pembelajaran IPA SD
A. Salah, karena pendekatan faktual memberikan gambaran namun belum pada tahap merefleksikan
B. Salah, karena keterampilan proses cenderung melibatkan konsep dengan materi konkret dan bekerja ilmiah
C. Benar, karena merupakan rangkaian dari fakta-fakta dan menyajikan ilustrasi yang lebih konkret daripada pendekatan faktual
D. Salah, karena pembelajaran dikembangkan dengan menggunakan lingkungan sebagai sumber belajar

7. Pelajari Modyul 2 tentang pendekatan dalam pembelajaran IPA SD
A. Benar, karena hasil belajar dapat dilihat berdasarkan keteracapaian kompetensi dasar
B. Kurang tepat karena pemilihan metoda nmerupakan bagian dari proses pembelajaran yang belum tentu sangat berpengaruh terhadap hasil belajar
C. Kurang tepat karena ketercepaian tugas belum menggambarkan hasil belajar secara keseluruhan hanya sebagaian
D. Kurang tepat karena kesesuaian kompetensi dasar dengan topik bahasan memang diperlukan namun belum menggambarkan hasil belajar

8. Pelajari Modul 3 tentang Keterampilan roses dasar dan keterampilan roses terintegerasi
A. Salah, karena berat air tergolong varabel terikat
B. Benar, karena volume air yang berbeda-beda merupakan variabel bebas
C. Salah, karena perbedaan berat air merupakan variabel bebas
D. Salah, karena volume air di akhir percobaan merupakan bukan variabel

9. Pelajari Modul 4 tentang keterampilan proses dalam pembelajaran IPA SD
A. Salah, karena mengobservasi merupakan keterampilan mengamati
B. Benar, karena mengklasifikasi telah mampu mencirikan berdasarkan karakteristik
C. Salah, karena membedakan baru sampaui tahap melihat perbedaan
D. Salah, karena menjelaskan belum tentu mampu mengelompokkan

10. Pelajari Modul 4 tentang penerapan pendekatan dalam IPA SD
A. Salah, karena pembelajaran tersebut tidak selalu memprediksi
B. Salah, karena pembelajaran tersebut tidak hanya mengamati
C. Salah, karena pembelajaran tersebut tidak mengelompokkan
D. Benar, karena pembelajaran tersebut menjelaskan hasil temuan

PDGK4202 PEMBELAJARAN IPA DI SD

11. Pelajari Modul 4 tentang keterampilan proses memformulasi hipotesis, mengontrol variabel, membuat definisi operasional dan menginterpretasi data
A. Salah, karena merupakan sebagian dari objek yang diteliti
B. Benar, karena merupakan seluruh objek yang diteliti
C. Salah, karena survey merupakan teknik pengambilan data
D. Salah, karena variabel merupakan komponen yang akan diteliti

12. Pelajari Modul 5 tentang alat peraga dalam pembelajaran IPA SD
A. Benar, karena kaleng yang dilubangi dan diberi air akan menekan ke segala arah
B. Salah, karena pasir yang diberi air maka air akan merembes, digunakan untuk menjelaskan air meresap melalui celah-celah kecil
C. Salah, karena kaleng berisi air yang dipanaskan untuk menjelaskan konsep perubahan wujud air ke uap
D. Salah, karena digunakan untuk menjelaskan air mampu melarutkan zat

13. Modul 6 tentang merancang pembelajaran IPA terintegrasi
A. Benar, karena konsep berasal dari 1 mata pelajaran sesuai untuk siswa kelas IV
B. Salah, karena penjernihan air tidak untuk siswa kelas IV
C. Salah, karena konsep debit air tidak sesuai dengan pelajaran kelas IV
D. Salah, karena konsep rumus molekul air belum tepat diberikan untuk siswa kelas IV

14. Pelajari Modul 6 tentang Merancang pembelajaran IPA terintegrasi
A. Salah, karena topik matahari sulit dikembangkan untuk mata pelajaran matematika bagi siswa SD
B. Salah, karena topik pembahasan IPA sulit dikembangkan lebih jauh
C. Benar, karena topik banjir dapat dikembangkan dari pelajaran IPA, Matematika, Bahasa Indonesia dan IPS
D. Salah, karena benda, padat, cair, dan gas cenderung lebih banyak dapat dibahas untuk mata pelajaran IPA

15. Pelajari Modul 7 tentang Evaluasi hasil belajar IPA di SD
A. Benar, karena berkenaan dengan sikap
B. Salah, karena berkenaan dengan kognitif
C. Salah, karena merupakan evaluasi proses
D. Salah, karena tidak tepat dengan kata "harus"

PDGK4202 PEMBELAJARAN IPA DI SD

16. Pelajari Modul 9 tentang merancang pembelajaran IPA kelas V
A. Salah, karena kegiatan awal tidak langsung menjelaskan materi
B. Salah, karena kegiatan awal tidak langsung menjelaskan fungsi alat-alat pencernaan
C. Salah, karena kegiatan awal kurang tepat jika langsung menjelaskan macam-macam alat pencernaan seperti tertera pada alat peraga
D. Benar, karena dibandingkan jawaban lain lebih tepat, karena diawal pembelajaran sebaiknya guru memancing perhatian siswa

17. Pelajari Modul 9 tentang merancang Pembelajaran IPA kelas V
A. Benar, karena indikator berisi tentang kompetensi yang diharapkan tercapai pada akhir pembelajaran
B. Salah, karena materi pokok bahasan merupakan topik bahasan yang manghantarkan pemahaman siswa
C. Salah, karena kegiatan pembelajaran merupakan sarana kegiatan belajar
D. Salah, karena kompetensi dasar merupakan kumpulan kompetensi yang diperoleh tidak dari satu kegiatan pembelajaran

18. Pelajari Modul 9 tentang merancang pembelajaran IPAkelas Vi
A. Kurang tepat, karena kurang menarik perhatian siswa dalam kegiatan belajar
B. Kurang tepat, karena informasi diberikan disela-sela kegiatan belajar yang diberikan guru
C. Kurang tepat, karena sulit ditangkap oleh siswa jika tanpa demonstrasi
D. Lebih tepat, karena kegiatan belajar dapat berupa demonstrasi atau eksperimen. Bila peralatan terbatas dapat digunakan demonstrasi

19.
Butir 1 dan 2 Benar sedangkan Butir 3 Salah, karena perubahan wujud uap menjadi cair atau mengembun tidak dapat diperagakan di kelas

20.
Butir 2 dan 3 Benar sedangkan Butir 1 Salah, karena pengetahuan yang kompleks merupakan proses akomodasi

PDGK4202 PEMBELAJARAN IPA DI SD

21.
Butir 1,2 dan 3 Benar

22.
Butir 1 dan 3 Benar sedangkan Butir 2 Salah, karena tidak termasuk contoh model penemuan

23.
Butir 1, 2 dan 3 Benar

24.
Butir 1,2 dan 3 Benar, karena merupakan taksonomi hasil belajar menurut Gagne

25.
Butir 1,2 dan 3 Benar, karena Hewan menggunakan oksigen untuk mempertahankan proses hidup, Tumbuhan menggunakan hewan dan karbon dioksida untuk mempertahan proses hidup dan tumbuhan juga mengeluarkan oksigen

PDGK4202 PEMBELAJARAN IPA DI SD

26.
Butir 1, 2 dan 3 Benar, karena merupakan butir-butir yang diperlukan dalam pembelajaran dengan pendekatan IPA SD

27.
Butir 1,2 dan 3 Benar

28.
Butir 1 dan 2 Benar sedangkan Butir 3 Salah, karena bukan pendekatan yang dimaksud

29.
Butir 2 dan 3 Benar sedangkan Butir 1 Salah, karena merupakan kekuatan penggunaan metoda diskusi bukan kelemahan

30.
Butir 1 dan 3 Benar, karena metoda eksperimen dan demonstrasi dapat digunakan untuk menjelaskan konsep dengan menggunakan alat-alat sederhana, tidak berbahaya dan mudah didapat sedangkan Butir 2 Salah, karena siswa kelas III belum tepat bila diberi diskusi

PDGK4202 PEMBELAJARAN IPA DI SD

31.
Butir 1 dan 2 Benar, sedangkat Butir 3 Salah, karena tidak mungking bereksperimen dengan sesungguhnya

32.
Butir 1 dan 3 Benar karena siswa mengamati / memeriksa dan akhirnya menyimpulkan dan dapat dilakukan untuk melihat bentuk daun sedang Butir 2 Salah, karena tidak bertujuan untuk mengukur

33.
Butir 1, 2 dan 3 Benar, karena siswa mengamati / memeriksa, melihat perbedaan, menuliskan hasil percobaan akhirnya menyimpulkan

34.
Butir 1 dan 2 Benar karena ditunjukkan dengan ada prediksi berkenaan dengan proses penggunaan observasi. Sedang Butir 3 Salah, karena tidak menggambarkan prediksi

35.
Butir 1, 2 dan 3 Benar

PDGK4202 PEMBELAJARAN IPA DI SD

36.
Butir 1, 2 dan 3 Benar, karena peran alat peraga memeng diantaranya sebagai membangkitkan rasa ingin tahu siswa, pembelajaran lebih bermakna bagi siswa dan memberi pengalaman belajar pada siswa

37.
Butir 1 dan 2 Benar, sedangkan Butir 3 Salah karena tidak semua siswa harus terampil, nila alat terlalu sulit dapat dilakukan demonstrasi oleh guru

38.
Butir 1, 2 dan 3 Benar, karena terintegrasi merupakan keterpaduan konsep-konsep baik itu dalam satu atau berbagai disiplin ilmu. Pernyataan soal ini tidak membedakan antara inter dan anatar disiplin ilmu

39.
Butir 1 dan 2 Benar, karena merupakan mata pelajaran yang terdapat di kelas rendah sedang Butir 3 Salah, karena mata pelajaran ekonomi tidak secara khusus diberikan di SD

40.
Butir 1, 2 dan 3 Benar

PDGK4202 PEMBELAJARAN IPA DI SD

41.
Butir 1, 2 dan 3 Benar, karena kognitif adalah bagian dari kognitig, afektif dan psikomotor

42.
Butir 1 dan 3 Benar sedang Butir 2 Salah karena anak timbangan tidak dapt dipegang langsung dapat mengganggu berat akibat adanya zat atau keringat yang menempel

43.
Butir 1, 2 dan 3 Benar

44.
Pernyataan 1 berkenaan dengan sistem Pendidikan Nasional
Pernyataan 2 berkenaan dengan standar Nasional Pendidikan
Pernyataan 3 berkenaan dengan standar isi dan standar kompetensi lulusan

45.
Butir 1, 2 dan 3 Benar

PDGK4202 PEMBELAJARAN IPA DI SD

46.
Butir 1 dan 3 Benar sedangĂ‚  Butir 2 Salah karena TIU sudah tidak lagi digunakan tetapi dikembangkan Kompetensi dasar yang dijabarkan dari Standar Kompetensi yang telah ditetapkan

47.
Butir 1, 2 dan 3 Benar

48.
Butir 1 dan 2 Benar Sedangkan Butir 3 Salah karena panas tinggi diduga akibat pemanasan global

49.
Butir 1 dan 3 Benar sedangkan Butir 2 Salah, karena SD belum belajar tentang kandungan zat pencemar dalam air sungai

50.
Butir 1 logam dasar baik dalam menghatar listrik, sedang kayu tidak
Butir 2 rangkaian listrik dapat diberikan secara seri dan parallel
Butir 3 rangakaian tertutup dapat menghindarkan listrik dengan baik

No comments:

Post a Comment