Soal PDGK4207 PENDIDIKAN SENI DI SD

PDGK4207



LATIHAN SOAL UAS S1 PGSD UNIVERSITAS TERBUKA (UT)
PDGK4207 PENDIDIKAN SENI DI SD
 
1. Seni dapat dipahami dan dimaknai sebagai refleksi kehidupan manusia yang dituangkan ke dalam berbagai ekspresi, merupakan pemahaman dari ....

A. seni murni
B. seni terapan
C. seni universal
D. seni Ansich

2. Falsafah hidup selalu muncul dalam pertunjukan seni rakyat seperti pada pertunjukan Wayang Kulit. Hal ini menunjukan bahwa seni dapat berfungsi sebagai ....

A. tontonan
B. tutunan
C. ritual
D. hiburan

3. Happening Art merupakan salah satu bentuk dari bentuk pemahaman bahwa seni memiliki fungsi sebagai media ....

A. terapi
B. aktualisasi diri
C. komersial
D. tontonan

4. Seni yang memanfaatkan media kulit sapi atau kambing dapat dikategorikan sebagai seni ....

A. Kriya
B. rupa
C. terapan
D. tari

5. Interval nada pada suku kata ”ne” ke suku kata ”sia” pada awal lagu ”Indonesia Raya” adalah interval ....

A. kuin
B. sext
C. septim
D. kuart


6. Down beat pada kata ’In do ne sia’ di awal lagu ”Indonesia Raya” jatuh pada suku kata ....

A. 'in'
B. 'do'
C. 'ne'
D. 'sia'

7. Lagu ”Merah Putih” ciptaan Ibu Sud menggunakan tanda birama ....

A. 4/4
B. 3/4
C. 2/4
D. 6/8

8. Nada dasar lagu ”Indonesia Raya” adalah G Mayor. Trinada pertama yang dimainkan adalah trinada ....

A. C Mayor
B. G Mayor
C. D Mayor
D. F Mayor

9. Not pertama pada lagu ”Bunga Tanjungku” ciptaan Ibu Sud bernilai ....

A. setengah
B. seperenambelas
C. seperdelapan
D. seperempat

10. Ketika seorang penari menggerakan kipas pada tari Kipas, maka pada saat itu penari tersebut menggunakan unsur ....

A. waktu dan tenaga
B. ruang, waktu, gerak
C. ruang dan gerak
D. gerak, ruang, tenaga, dan waktu

11. Unsur musik yang ada pada tari ”Saman” dari Aceh, oleh para penari digunakan ....

A. musik daerah
B. musik acapella
C. musik external
D. musik internal

12. Tarian yang termasuk dalam kelompok koreografi primitif adalah tari ....

A. Bedaya dari Yogyakarta
B. Minak Jinggo dari Jawa
C. Tor Tor dari Tapanuli
D. Yapong dari Betawi

13. Garis yang menciptakan bentuk dan lingkup suatu bidang disebut ....

A. kontur
B. ruang
C. gelap terang
D. arsir

14. Meletakan objek dengan posisi tertentu pada gambar sehingga memberi kesan ada ”gerak”, adalah usaha perupa untuk memberi ....

A. keseimbangan
B. kesatuan
C. irama
D. proporsi

15. Seorang anak yang sudah mampu memecahkan masalah-masalah abstrak secara logis, adalah anak yang berada pada tingkat kecerdasan intelektual tahap ....

A. operasi formal
B. operasi konkret
C. pra operasional
D. sensori motor

16. Suara cambiata terjadi pada anak laki-laki yang menginjak usia ....

A. 10-14 tahun
B. 10-12 tahun
C. 14-16 tahun
D. 8-10 tahun

17. Gerabah, merupakan salah satu produk seni yang mendasarkan pada prinsip teknologi yang mengan­dalkan bentuk karya terapan, yaitu yang disebut dengan teknologi ….

A. rekayasa
B. kerajinan
C. pengelolaan
D. peniruan

18. Jarum jam menggunakan energi yang bersumber dari ....

A. kumparan gas
B. gerakan tangan
C. tuas
D. gerigi roda

19. Tahap ekshalasi pada pernafasan saat kita bernyanyi adalah tahap ....

A. menghirup nafas
B. menghembuskan nafas
C. menahan nafas
D. diam

20. Aba-aba dalam mendireksi untuk jenis pukulan 6 secara garis besar ....

A. mirip jenis aba-aba 2/4
B. mirip jenis aba-aba ¾
C. mirip jenis aba-aba 4/4
D. tidak ada yang mirip

21. Release merupakan bagian dari aba-aba mendireksi yang terdapat pada ....

A. aba-aba permulaan
B. gerakan pendahuluan
C. aba-aba penutup
D. persiapan aba-aba

22. Nut adalah bagian pada gitar yang terdapat pada ....

A. leher gitar
B. antara kepala dengan leher
C. antara leher dengan badan
D. bagian badan gitar

23. Alat musik berbilah terbuat dari kayu dengan tabung resonansi, dan berukuran lebih besar dari xylophone bernama ....

A. piano
B. marimba
C. glokenspiel
D. gender

24. Pernafasan yang digunakan ketika meniup recorder adalah pernafasan ....

A. dada
B. diaphragma
C. perut
D. biasa

25. Berikut ini adalah teknik mengembang­kan motif lagu menjadi tema lagu, kecuali ....

A. inversi
B. augmented
C. repetitif
D. interval

26. Dalam membuat pola iringan lagu, berikut adalah hal yang perlu diperhatikan, kecuali ....

A. pitch
B. tempo
C. melodi
D. harmoni

27. Mengembangkan imajinasi sebagai elemen esensial dalam berkarya tari, merupakan proses yang terdapat pada tahap ....

A. eksplorasi
B. improvisasi
C. evaluasi
D. forming

28. Berikut ini beberapa sumber garapan yang dapat dimanfaatkan bila seseorang hendak menciptakan sebuah karya tari, kecuali ....

A. auditif
B. kinestetik
C. tertulis
D. gerak

29. Gambar-gambar yang berfungsi menjelaskan jalan cerita dapat ditemui pada ....

A. karikatur
B. kover
C.komik
D. kartun

30. Berikut adalah teknik mencetak, kecuali teknik ....

A. Cetak tinggi
B. sablon
C. klise
D. vinyet

31. Menciptakan sebuah karya rupa dengan mengggunakan uliran panjang termasuk teknik ....

A. lempengan
B. global
C. pilin
D. ukir

32. Lagu anak-anak yang bertema Ketuhanan adalah ....

A. Twinkle-Twinkle Little Star
B. Uncle John
C. ABC
D. Do Re Mi

33. Sebagai langkah awal memperkenalkan kepada anak apresiasi tari, adalah dengan memperkenalkan ....

A.  gerak Wantah
B. gerak Maknawi
C. stilasi
D. improvisasi

34. Seni rupa memiliki beberapa fungsi berikut ini, kecuali ....

A.   seni sebagai bahasa visual
B. seni sebagai media bermain
C. seni sebagai tujuan belajar
D. seni sebagai media belajar

35. Objek yang selalu digambarkan di atas garis, merupakan ciri gambar anak yang menggunakan komposisi ....

A. rabatement
B. juntax position
C. folding over
D. transparent

36. Gambar anak yang lebih mengembang­kan perasaan daripada pikiran adalah gambar tipe ....

A. Haptic type
B.  Non haptic type
C. Willing type
D. X-ray type

37. Gambar anak yang bersisi penuh dengan objek yang membuat orang yang melihatnya perlu menyusun urutan objek-objek tersebut, termasuk lukisan ....

A. potret
B. komik
C. dekoratif
D. heroisme

38. Usia 4 – 7 tahun, anak biasanya menggambar dengan ciri gambaran masa ....

A. realisme semi  
B. realisme awal
C. bagan
D. pra bagan

39. Keseimbangan antara emosi (perasaan) dengan pikiran (intellectual) yang di­ke­mas dalam model pengalaman kreatif dibutuhklan oleh anak ketika mereka berkembang. Ini adalah pendapat dari .…

A. Ki Hajar Dewantara
B. Wadjid Anwar
C. Leo Toltstoy
D. Lowenfeld

40. Salah satu indikator anak mampu mensistematikakan sesuai dengan rancangannya ber­dasarkan rangsangan yang diterimanya, adalah bahwa anak tersebut ....

A. menyukai seni
B. menikmati seni
C. berbakat seni
D. menghargai seni


41. Model pembelajaran seni yang didominan dengan aktivitas penciptaan atau produksi karya seni, seperti bermain musik secara berkelompok mengiringi sebuah tarian ciptaan siswa-siswa sendiri atau membuat mural di lingkungan sekolah sebagai projek kelas 5 adalah bentuk model pembelajaran seni yang disebut dengan model ....

A. lima
B. empat
C. enam
D. tujuh

42. Karakteristik pembelajaran terpadu yang paling menonjol adalah memadukan materi beberapa mata pelajaran (sesuai dengan topik dan tema yang ada dalam kurikulum) berdasarkan ….

A. kreatif
B. integratif
C. bermain
D. teamwork

43. Karakteristik pembelajaran terpadu yang paling menonjol adalah memadukan materi beberapa mata pelajaran (sesuai dengan topik dan tema yang ada dalam kurikulum) berdasarkan .…

A. sifat dan fungsi materi
B. ruang lingkup materi
C. metode yang digunakan
D. meida yang dipilih

44. Yang dimaksud dengan single subject matter adalah materi pelajaran dikemas atau diberikan dalam bentuk ….

A. penampilan utuh yang tidak dimuat dalam beberapa penggalan pengetahuan
B. secara terpisah-pisah dengan disiplin ilmu yang sama
C. secara terpisah-pisah dengan disiplin ilmu yang tersendiri
D. penampilan utuh yang memuat beberapa penggalan pengetahuan

45. Pemberian materi dari beberapa mata pelajaran tanpa melihat ketrkaitan konsep antara satu mata pelajaran dengan pelajaran yang lain adalah pengembangan materi pelajaran dalam model pembeljaran terpadu yang bersifat ....

A. horizontal
B.  Vertikal     
C. single subject   
D. integrated subject

46. Keterampilan menata meja makan pada mata pelajaran KTK agar tampak serasi, indah, dan nyaman akan memerlukan keterampilan (teknik) mengkomposisi ruang di atas meja makan dengan objek-objeknya (sendok, garpu, gelas, piring, serbet, dsb.nya) yang pengetahuan tersebu berasal dari seni rupa, merupakan salah satu contoh dari pembelajaran terpadu model ....

A. connected
B. Immersed 
C. Shared
D. integrated

47. Pembelajaran seni yang bertujuan agar siswa mempunyai pengalaman estetika dalam mengolah media dalam mencipta atau memproduksi karya seni, seperti bernyanyi, melukis, atau menari akan diperoleh melalui ….

A. aktivitas praktek
B. pilihan media
C. kualitas nilai
D. jenis pengalaman

48. Dalam sebuah pelajaran musik, siswa terlibat dalam aktivitas menciptakan sebuah iringan musik ritmik untuk sebuah tarian. Model pembelajaran tersebut merupakan model pembelajaran yang menggunakan pendekatan ....

A. Definitif
B. Partisipatif
C. Eksploratif
D. dekoratif

49. Bentuk pembelajaran seni terpadu yang disajikan kepada siswa berdasarkan kesamaan minat dan potensi mereka, adalah bentuk pembelajaran seni terpadu yang memadukan ….

A. pembelajaran
B. kurikulum
C. kelas
D. konsep

50. Ketika guru dapat menyatukan beberapa gagasan atau ide yang terdapat dalam seni rupa, musik, dan tari sekaligus, guru tersebut bermaksud menyelenggarakan model pembelajaran seni terpadu berdasarkan ....

A. keterpaduan konsep
B. keterpaduan mata pelajaran  
C. keterpaduan kelas
D. keterpaduan tujuan


No comments:

Post a Comment