Soal PDGK4305 KETERAMPILAN MENULIS


LATIHAN SOAL UAS S1 PGSD UNIVERSITAS TERBUKA (UT)
PDGK4305 KETERAMPILAN MENULIS

KODE NASKAH: LM01
PENULIS: TEGUH PRASOKO (teguh@mail.ut.ac.id)
PENELAAH: RATU BADRIYAH

Sapaan
Halo mahasiswa FKIP –UT selamat berjumpa kembali dalam Latihan Mandiri (LM) Online. Apakah Anda sudah mempelajari buku materi pokok (BMP) matakuliah PDGK4305/Keterampilan Menulis. Bila sudah, Anda dapat langsung mengerjakan LM Online ini. LM Online dimaksudkan untuk membantu Anda mengerahui keberhasilan atau kemajuan belajar Anda setelah mempelajari satu BMP penuh dan untuk menyiapkan diri menghadapi ujian akhir semester (UAS).

Naskah LM Online ini sudah dilengkapi feedback yang berisi penjelasan untuk setiap option benar serta hint yang berisi rambu-rambu untuk menyelesaikan setiap butir soal.

Selamat mengerjakan.


Ikon 1

Sebagai salah satu peserta pelatihan penulisan karya ilmiah di kota kabupaten, oleh penyaji materi Pak Narto diberi pengetahuan tentang bagaimana teori menulis. Dalam pelatihan tersebut, para penyaji memberikan bekal tentang penggunaan kaidah bahasa Indonesia baku, pengalineaan yang baik, konvensi penulisan, dan pemahaman tentang kalimat efektif, serta teknik menggayakan kalimat. Dalam pendekatan penulisan, apa yang ditugaskan oleh penyaji sebenarnya sesuai dengan pendekatan menulis.

Pertanyaan :

Dalam pendekatan menulis, pendekatan apa yang digunakan para penyaji ketika memberikan pelatihan kepada Pak Narto? Jelaskan dan kaitkan dengan salah satu tahap penulisan, yakni menulis sebagai proses.

Skor maksimal  8


Ikon 2

Perhatikan skenario soal berikut ini!

Berikut ini ditampilkan penggalan paragraf yang tidak runtut dan jika diurutkan kembali akan menjadi padu dan komprehensif. Setiap kalimat dalam paragraf tersebut juga mengandung satu kesalahan ejaan/tanda baca/kalimat tidak efektif. Untuk lebih jelasnya simak paragraf berikut.
1. Jalan beraspal berakhir digerbang desa. Berbeda dari Segenter, desa ini sangat ramai oleh turis.
2. Saya menanjak “pinggang” gunung rinjani hingga mendarat di Sendaru.
3. Hal ini mungkin karena Sendaru adalah merupakan pijakan untuk menggelar pendakian ke Danau Segara Anak dan Gunung Rinjani, salah satu gunung dengan panorama indah di nusantara.
4. Pemandangannya cukup atraktif, sementara airnya seolah menembus banyak daun-daun dan batang pohon.
5. Selanjutnya, perjalanan selama 20 menit membawa saya ke Sendang Gile, air terjun paling kondang di pulau lombok. (Dimodifikasi dari “Surga Bernama Lombok” dalam Garuda: The Magazine of Garuda Indonesia, Februari 2011, hlm. 105)

Pertanyaan :

a. Urutkan paragraf dalam soal hingga menjadi paragraf yang padu dan komprehensif. Ketika mengurutkan Anda cukup menuliskan nomor saja dan tidak perlu menyalin kembali seluruh kalimat yang ada! 35421
b. Dalam setiap kalimat, terdapat 1 kesalahan yang disebabkan kesalahan penggunaan kalimat efektif atau karena kesalahan ejaan/tanda baca/kata penghubung, silakan Anda temukan bagian yang salah dan tulis pula pembetulannya! 

Skor maksimal 10



Ikon 3

Perhatikan ilustrasi soal berikut ini!
Anda diumpamakan menjadi seorang guru di SD Negeri Kalirandu 17, Kecamatan Petarukan, Kabupaten Pemalang, Provinsi Jawa Tengah dan bertindak sebagai Ketua Pantia “Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah”. Suatu ketika Anda diminta Kepala Sekolah membuat draft surat undangan untuk salah seorang guru Bahasa Indonesia SMAN 5 Pemalang, Drs. Teguh Nugroho Prasetyo, M.Hum. Guru tersebut diminta menjadi narasumber dalam acara “Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah” tersebut bagi para guru SD Kalirandu 17. Skenario tentang waktu dan tempat pelaksanaan acara silakan Anda tentukan sendiri, tetapi dalam undangan tersebut harus mencantumkan kalimat yang menyatakan kontak person yang dapat dihubungi untuk komunikasi selanjutnya. Surat yang Anda susun juga “seakan-akan” melampirkan rancangan jadwal acara pelaksanaan pelatihan tersebut. Selain itu, Kepala SMAN 5 Pemalang, tempat di mana Drs. Teguh Nugroho, M.Hum., juga harus diberi tahu. Penandatangan surat hanya oleh Kepala Sekolah, yakni Mustarida, S.Pd., NIP 19610312 199103 2 001.

Pertanyaan :

Buatlah draft surat undangan tersebut sesuai dengan kaidah penulisan surat undangan yang benar. Seluruh isi surat, nama, identitas, dan lain-lain harus mengacu pada ilustrasi soal.

Skor maksimal 26


Ikon 4

Perhatikan perintah soal berikut ini!

Buatlah wacana sederhana (sekitar 300 kata) dengan ketentuan sebagai berikut.
1) Topik/tema yang harus Anda kembangkan adalah Bumi Insani: Hunian Ekslusif di Tempat Strategis, atau Asuransi Pendidikan untuk Buah Hati, atau Memilih Kendaraan Bermotor yang Irit dan Bertenaga (pilih salah satu).
2) Judul tulisan Anda bebas tetapi harus merujuk pada topik/tema yang dipilih.
3) Tulisan yang Anda kembangkan harus runtut, padu, komprehensif, dan berjenis persuasif.
4) Anda pun harus memerhatikan kaidah penggunaan ejaan yang disempurnakan serta penggunaan tanda baca.

Skor maksimal 24




No comments:

Post a Comment