NASKAH LATIHAN SOAL UNIVERSITAS TERBUKA
MATAKULIAH: PDGK4404 PENGANTAR PENDIDIKAN LUAR BIASA (PDGK4407 PENGANTAR PENDIDIKAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS)
KODE NASKAH : LM01
NAMA PENULIS: NGADI MARSINAH (ngadi@mail.ut.ac.id)
PENELAAH: PRATISTO
SAPAAN
Halo mahasiswa FKIP - UT selamat berjumpa kembali dalam Latihan Mandiri (LM) Online. Apakah Anda sudah mempelajari buku materi pokok (BMP) matakuliah tersebut. Bila sudah, Anda dapat langsung mengerjakan LM Online tersebut. LM Online ini dimaksudkan untuk membantu Anda mengetahui keberhasilan atau kemajuan belajar Anda setelah mempelajari satu BMP penuh dan untuk menyiapkan diri menghadapi ujian akhir semester (UAS).
Naskah LM Online ini sudah dilengkapi feedback yang berisi penjelasan untuk setiap option benar maupun salah, serta hint yang berisi rambu - rambu untuk menyelesaikan setiap butir soal.
Petunjuk mengerjakan soal dengan teliti, pilihlah salah satu jawaban yang benar dari A, B, C, D.
Selamat mengerjakan
1
Anak Luar Biasa adalah anak yang mempunyai sesuatu yang luar biasa secara sigfikan membedakannya dengan....
A. anak normal
| |
B. anak seusianya
| |
C. Saudara- saudaranya
| |
D. teman- temannya
|
2
Jenis keluarbiasaan karena penyimpangan intelektual adalah....
A. kecerdasan rendah
| |
B. tunanetra
| |
C. tunaganda
| |
D. tunalaras
|
3
Penyebab terjadinya keluarbiasaan yang terjadi setelah kelahiran adalah....
A. virus rubela
| |
B. proses kelahiran
| |
C. Posnatal
| |
D. salah minum obat
|
4
Berikut ini adalah sikap keluarga yang mungkin terjadi apabila ada anggota keluarga yang mengalami kelainan fisik akibat kecelakaan, kecuali....
A. shock
| |
B. menerima kenyataan
| |
C. malu
| |
D. sebagai anugerah
|
5
Keadaan anak yang tidak dapat mendengar sejak lahir akan berakibat kurang baik bagi masa depan anak jika tidak mendapat layanan yang memadai, karena keluarga tersebut dapat berpengaruh dalam....
A. sikap
| |
B. berkomunikasi
| |
C. mobilitas
| |
D. pengembangan keterampilan.
|
6
Penyandang keluarbiasaan juga memerlukan teman sebaya untuk bergaul. Kehadiran seorang teman merupakan kebutuhan dilihat dari aspek....
A. sosial emosional
| |
B. fisik
| |
C. kesehatan
| |
D. pendidikan
|
7
Penyandang keluarbiasaan selain mempunyai hak untuk mendapat pendidikan, juga mempunyai hak untuk hal - hal berikut ini, kecuali....
A. bersosialisasi
| |
B. mendapat pekerjaan
| |
C. memanfaatkan fasilitas umum
| |
D. mentaati peraturan yang berlaku
|
8
Pelayanan bagi anak luar biasa adalah layanan yang diberikan kepada penyandang keluarbiasaan untuk....
A. menumbuhkan potensi anak
| |
B. melayani kebutuhan pribadi
| |
C. pemenuhan kebutuhan
| |
D. pengguna layanan
|
9
Jenis layanan bagi ALB adalah seperti berikut ini, kecuali....
A. kesehatan
| |
B. emosional
| |
C. kebutuhan pendidikan
| |
D. berperilaku sopan dan santun
|
10
Pelayanan bagi ALB di indonesia telah dimulai sejak berdirinya sekolah yang khusus pada tahun.... diperuntukkan bagi tunanetra pada tahun....
A. 1901
| |
B. 19088
| |
C. 1928
| |
D. 1945
|
11
Dalam pelayanan segregasi ALB mendapatkan pendidikan khusus untuk ALB, sedangkan pada proses integrasi penyandang keluarbiasaan bergabung dengan....
A. anak normal
| |
B. anak seusia
| |
C. saudaranya
| |
D. teman - temannya
|
12
Anak luar biasa mendapat layanan pendidikan bersama- sam dengan anak - anak normal di sekolah biasa, diajar oleh guru sekolah biasa yang dibantu guru PLB. Jenis layanan pendidikan demikian merupakan model....
A. layanan di sekolah biasa
| |
B. sekolah biasa dengan guru konsultan
| |
C. sekolah biasa dengan ruang sumber
| |
D. sekolah khusus ALB
|
13
Pelayanan yang diberikan oleh satu tim kepada ALB dalam membantu mengembangkan potensinya, merupakan pelayanan yang menggunakan pendekatan ....
A. mandiri
| |
B. kolaborasi
| |
C. pereodik
| |
D. berkesinambungan
|
14
Anak berbakat adalah anak yang memiliki IQ 130-140. Pernyataan tersebut dikemukakan oleh....
A. Moh Yamin
| |
B. Erancoya
| |
C. Clark
| |
D. teman
|
15
Ketekunan dan rasa ingin tahu yang besar merupakan karakteristik anak berbakat ditinjau dari segi....
A. sosial
| |
B. fisik
| |
C. akademik
| |
D. emosional
|
16
Pendidikan bagi anak berbakat merupakan kebutuhan bagi mereka untuk....
A.pengembangan fungsi otak yang efektif dan efisien
| |
B. membutuhkan kepedulian masyarakat
| |
C. pengembangan aset bangsa
| |
D. emosional
|
17
Salah satu tujuan program pendidikan anak berbakat adalah....
A. Pengajaran semua matapelajaran di sekolah
| |
B. penguasaan konsep penting matapelajaran sesuai tingkat kemampuannya.
| |
C. meningkatkan potensi belajar di atas rata - rata kelas
| |
D. membina terciptanya anak unggulan
|
18
Layanan adaptasi lingkungan belajar yang sesuai dengan karakteristik kebutuhan anak berbakat dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut, kecuali....
A. mengadakan kelas pengayaan
| |
B. menggunakan guru konsultan
| |
C. sekolah umum
| |
D. studi mandiri
|
19
Jenis layanan bagi anak berbakat yang sesuai dengan karakteristik kebutuhan adaptasi program, dapat dilakukan dengan....
A. percepatan/ akselerasi siswa
| |
B. studi mandiri
| |
C. menggunakan guru konsultan
| |
D. menggunakan ruangan sumber belajar.
|
20
Anak tunanetra yang diklasifikasikan kurang lihat (low vision), memiliki ketajaman penglihatan....
A. 20/20 - 20/50 feet
| |
B. 60/60 - atau 20/200 feet
| |
C. virus o
| |
D. 6/20 atau 20/70 feet
|
21
Pencegahan terjadinya tunanetra dapat dilakukan dengan pemeriksaan dini. Pernyataan tersebut merupakan pencegahan secara....
A. edukatif
| |
B. sosial
| |
C. medis
| |
D. pribadi
|
22
Dini mengalami kecelakaan sehingga mengakibatkan gangguan kebutaan, selanjutnya hari - harinya dipenuhi kesedihan, dan keputusan. Dari kejadian tersebut Dini mengalami gangguan serius pada....
A. emosi
| |
B. curiga pada orang lain
| |
C. kepekaan terhadap lingkungan
| |
D. ketergantungan pada orang lain
|
23
Keterbatasan penglihatan dan tidak bebas bergerak seperti orang normal lainnya merupakan karakteristik anak tunanetra dilihat dari aspek....
A. Fisik
| |
B. motorik
| |
C. sosial
| |
D. akademis
|
24
Layanan rehabilitasi yang paling dibutuhkan anak tunanetra adalah latihan....
A. tali temali
| |
B. bermain bola
| |
C. membaca dan menulis huruf braille
| |
D. menulis huruf latin
|
25
Anak tunarungu konduktif adalah anak yang mengalami kerusakan organ pendengaran pada bagian....
A. luar dan tengah
| |
B. tengah dalam dan syaraf pendengaran
| |
C. tengah
| |
D. dalam saja
|
26
Jenis tunarungu yang disebabkan oleh faktor genetik adalah sebagai berikut, kecuali....
A. rubela
| |
B. meningtis
| |
C. tympanisclerosis
| |
D. trauma akustik
|
27
Tuna mengalami kecelakaan yang mengakibatkan pecahnya selaput gendang dengar dan lepasnya rangkaian tulang pendengaran. Dari pernyataan tersebut ketunarunguan Tama termasuk tunarungu tipe....
A. konduktif
| |
B. sensor
| |
C. endogen
| |
D. eksogen
|
28
Anak tunarungu cenderung bergaul dengan sesama tunarungu dan menarik diri dari lingkungan orang mendengar. Pernyataan tersebut mencerminkan karakteristik anak tunarungu dilihat dari aspek....
A. akademis
| |
B. sosial
| |
C. kesehatan
| |
D. fisik
|
29
Layanan pendidikan bagi anak tunarungu antara lain meliputi, layanan....
A. pendidikan yang sama dengan anak normal.
| |
B. memperbanyak pelajaran praktek
| |
C. akademik dan layanan untuk mengurangi kelaianannya.
| |
D. latihan, administrasi
|
30
Pendekatan dengan menerapkan berbagai metode baik lisan, tulisan, maupun isyarat adalah merupakan metode....
A. oral
| |
B. membaca ujaran
| |
C. manual ( isyarat)
| |
D. komunikasi total
|
31
Anak tunagrahita yang memiliki ukuran kepala kecil, merupakan jenis kelainan jasmani ....
A. kretin
| |
B. hydrocephal.
| |
C. microcephal
| |
D. Macrocephal
|
32
Tunagrahita yang disebabkan karena faktor keturunan adalah sebagai berikut, kucuali....
A. infeksi dan keracunan
| |
B. faktor bawaan
| |
C. kerusakan gen
| |
D. kelainan kromoson
|
33
Upaya terjadinya pencegahan terhadap terjadinya tunagrahita dapat dilakukan dengan cara penyampaian informasi tentang....
A. penyuluhan genetik
| |
B. diagnostik prenatal
| |
C. pemeliharaan kesehatan
| |
D. sanitasi lingkungan
|
34
Anak tunagrahita yang kematangan belajar membaca baru dicapainya pada umur 12 tahun termasuk....
A. ringan
| |
B. sedang
| |
C. berat
| |
D. sangat berat
|
35
Mampu mengurus dan membina diri sendiri, serta dapat bergaul di masyarakat, merupakan tujuan pendidikan anak tunagrahita....
A. ringan
| |
B. sedang
| |
C. berat
| |
D. sangat berat
|
36
Keuntungan pendidikan dengan sistem integrasi bagi anak tunagrahita antara lain....
A. berkesempatan bergaul dengan anak normal
| |
B. pergaulan lebih spesifik
| |
C. lebih konsentrasi dalam belajar.
| |
D. lahir dari rasa rendah diri
|
37
AnaK tunagrahita yang mengalami cerebral palsy 45% dapat diketahui dengan gejala....
A. mudah tersinggung
| |
B. mudah marah
| |
C. keterbelakangan mental
| |
D. ketidakmampuan bicara
|
38
Memberikan kegiatan melalui berkesenian, keterampilan dan kerajinan merupakan tujuan pendidikan anak tunadaksa dalam hl....
A. mematangkan moral
| |
B. meningkatkan ekspresi diri
| |
C. membantu perkembangan fisik
| |
D. mematangkan aspek sosial
|
39
Lama belajar dalam satu jam pelajaran pada jenjang SDLB adalah....
A. 25 menit
| |
B. 30 menit
| |
C. 45 menit
| |
D. 50 menit
|
40
Menentukan metode dan evaluasi kemajuan belajar merupakan langkah- langkah yang terdapat dalam....
A. perencanaan kegiatan belajar mengajar
| |
B. prinsip multi sensori
| |
C. prinsip individual
| |
D. fungsi pembelajaran menyediakan ruangan khusus
|
41
Pencapaian hasil belajar yang jauh di bawah rata- rata merupakan karakteristik anak tunalaras dilihat dari segi....
A. fisik
| |
B. emosional
| |
C. akademik
| |
D. sosial
|
42
Salah satu kebutuhan anak tunalaras adalah....
A. memberi keterampilan khusus untuk bekal hidup
| |
B. memberi hukuman
| |
C. menjelaskan perilaku yang akan diubah
| |
D. mengatakan perilaku yang akan diterima
|
43
Salah satu kebutuhan anak tunalaras yang perlu mendapat perhatian khusus adalah gangguan....
A. perhatian
| |
B. berbahasa
| |
C. motorik
| |
D. kesulitan membaca
|
44
Adi tidak mampu membedakan dalam mengerjakan soal perkalian dan pembagian. Kesulitan yang dialami Adi termasuk bidang....
A. akademik
| |
B. perkembangan
| |
C. pertumbuhan
| |
D. motorik
|
45
Karakteristik anak berkesulitan belajar adalah sebagai berikut, kecuali....
A. hiperaktif
| |
B. gangguan persepsi motorik
| |
C. kesulitan menyesuaikan diri
| |
D. gangguan bicara dan mendengar
|
46
Menentukan pengelompokan anak secara tepat untuk pengajaran, merupakan salah satu tujuan asesmen....
A. kemampuan membaca
| |
B. prosedur bimbingan membaca
| |
C. pendekatan remidial membaca
| |
D. membantu siswa membaca pemahaman
|
47
Pengajaran remidi bagi anak berkesulitan matematika, harus sistematis sesuai dengan urutan tingkat....
A. semi konkrit - konkrit - abstrak
| |
B. konkrit - semi konkrit - abstrak
| |
C. konkrit
| |
D. abstrak - semi konkrit - konkrit
|
48
Langkah pertama yang harus dilakukan pada pelayanan ALB di sekolah biasa adalah....
A. memeriksa riwayat hidup siswa
| |
B. mencatat nama siswa yang mengalami kelainan
| |
C. melakukan identifikasi
| |
D. melakukan wawancara
|
49
Berdasarkan pengamatan, tulisan Tia masih jauh dari kemampuan yang diharapkan. Oleh karena itu oleh guru kelas Tia dianggap sebagai anak yang berkesulitan belajar. Tindakan yang dilakukan guru tersebut adalah merupakan tindakan....
A. evaluasi
| |
B. wawancara
| |
C. diagnosa
| |
D. identifikasi
|
50
Jenis layanan yng diperlukan ALB adalah didasarkan pada pertimbangan sebagai hal berikut ini, kecuali....
A. menentukan kemampuan yang semestinya dikuasai anak.
| |
B. untuk pengembangan potensi yang optimal
| |
C. setiap anak memerlukan bantuan khusus dari guru.
| |
D. setiap anak mempunyai kebutuhan yang berbeda
|
No comments:
Post a Comment