Soal PDGK4404 PENGANTAR PENDIDIKAN LUAR BIASA (PDGK4407 PENGANTAR PENDIDIKAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS)



NASKAH LATIHAN SOAL UNIVERSITAS TERBUKA

MATAKULIAH: PDGK4404 PENGANTAR PENDIDIKAN LUAR BIASA (PDGK4407 PENGANTAR PENDIDIKAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS)
KODE NASKAH : LM01
NAMA PENULIS: NGADI MARSINAH (ngadi@mail.ut.ac.id)
PENELAAH: PRATISTO

SAPAAN
Halo mahasiswa FKIP - UT selamat berjumpa kembali dalam Latihan Mandiri (LM) Online. Apakah Anda sudah mempelajari buku materi pokok (BMP) matakuliah tersebut. Bila sudah, Anda dapat langsung mengerjakan LM Online tersebut. LM Online ini dimaksudkan untuk membantu Anda mengetahui keberhasilan atau kemajuan belajar Anda setelah mempelajari satu BMP penuh dan untuk menyiapkan diri menghadapi ujian akhir semester (UAS).
Naskah LM Online ini sudah dilengkapi feedback yang berisi penjelasan untuk setiap option benar maupun salah, serta hint yang berisi rambu - rambu untuk menyelesaikan setiap butir soal.
Petunjuk mengerjakan soal dengan teliti, pilihlah salah satu jawaban yang benar dari A, B, C, D.
Selamat mengerjakan

IDevice Question Icon1
Anak Luar Biasa adalah anak yang mempunyai sesuatu yang luar biasa secara sigfikan membedakannya dengan....
       
A. anak normal
B. anak seusianya
C. Saudara- saudaranya
D. teman- temannya

IDevice Question Icon2
Jenis keluarbiasaan karena penyimpangan intelektual adalah....
       
A. kecerdasan rendah
B. tunanetra
C. tunaganda
D. tunalaras

IDevice Question Icon3
Penyebab terjadinya keluarbiasaan yang terjadi setelah kelahiran adalah....
       
A. virus rubela
B. proses kelahiran
C. Posnatal
D. salah minum obat

IDevice Question Icon4
Berikut ini adalah sikap keluarga yang mungkin terjadi apabila ada anggota keluarga yang mengalami kelainan fisik akibat kecelakaan, kecuali....
       
A. shock
B. menerima kenyataan
C. malu
D. sebagai anugerah

IDevice Question Icon5
Keadaan anak yang tidak dapat mendengar sejak lahir akan berakibat kurang baik bagi masa depan anak jika tidak mendapat layanan yang memadai, karena keluarga tersebut dapat berpengaruh dalam....
       
A. sikap
B. berkomunikasi
C. mobilitas
D. pengembangan keterampilan.


IDevice Question Icon6
Penyandang keluarbiasaan juga memerlukan teman sebaya untuk bergaul. Kehadiran seorang teman merupakan kebutuhan dilihat dari aspek....
       
A. sosial emosional
B. fisik
C. kesehatan
D. pendidikan

IDevice Question Icon7
Penyandang keluarbiasaan selain mempunyai hak untuk mendapat pendidikan, juga mempunyai hak untuk hal - hal berikut ini, kecuali....
       
A. bersosialisasi
B. mendapat pekerjaan
C. memanfaatkan fasilitas umum
D. mentaati peraturan yang berlaku

IDevice Question Icon8
Pelayanan bagi anak luar biasa adalah layanan yang diberikan kepada penyandang keluarbiasaan untuk....
       
A. menumbuhkan potensi anak
B. melayani kebutuhan pribadi
C. pemenuhan kebutuhan
D. pengguna layanan

IDevice Question Icon9
Jenis layanan bagi ALB adalah seperti berikut ini, kecuali....
       
A. kesehatan
B. emosional
C. kebutuhan pendidikan
D. berperilaku sopan dan santun

IDevice Question Icon10
Pelayanan bagi ALB di indonesia telah dimulai sejak berdirinya sekolah yang khusus pada tahun.... diperuntukkan bagi tunanetra pada tahun....
       
A. 1901
B. 19088
C. 1928
D. 1945

IDevice Question Icon11
Dalam pelayanan segregasi ALB mendapatkan pendidikan khusus untuk ALB, sedangkan pada proses integrasi penyandang keluarbiasaan bergabung dengan....
       
A. anak normal
B. anak seusia
C. saudaranya
D. teman - temannya

IDevice Question Icon12
Anak luar biasa mendapat layanan pendidikan bersama- sam dengan anak - anak normal di sekolah biasa, diajar oleh guru sekolah biasa yang dibantu guru PLB. Jenis layanan pendidikan demikian  merupakan model....
       
A. layanan di sekolah biasa
B. sekolah biasa dengan guru konsultan
C. sekolah biasa dengan ruang sumber
D. sekolah khusus ALB

IDevice Question Icon13
Pelayanan yang diberikan oleh satu tim kepada ALB dalam membantu mengembangkan potensinya, merupakan pelayanan yang menggunakan pendekatan ....
       
A. mandiri
B. kolaborasi
C. pereodik
D. berkesinambungan

IDevice Question Icon14
Anak berbakat adalah anak yang memiliki IQ 130-140. Pernyataan tersebut dikemukakan oleh....
       
A. Moh Yamin
B. Erancoya
C. Clark
D. teman

IDevice Question Icon15
Ketekunan dan rasa ingin tahu yang besar merupakan karakteristik anak berbakat ditinjau dari segi....
       
A. sosial
B. fisik
C. akademik
D. emosional

IDevice Question Icon16
Pendidikan bagi anak berbakat merupakan kebutuhan bagi mereka untuk....
       
A.pengembangan fungsi otak yang efektif dan efisien
B. membutuhkan kepedulian masyarakat
C. pengembangan aset bangsa
D. emosional

IDevice Question Icon17
Salah satu tujuan program pendidikan anak berbakat adalah....
       
A. Pengajaran semua matapelajaran di sekolah
B. penguasaan konsep penting matapelajaran sesuai tingkat kemampuannya.
C. meningkatkan potensi belajar di atas rata - rata kelas
D. membina terciptanya anak unggulan

IDevice Question Icon18
Layanan adaptasi lingkungan belajar yang sesuai dengan karakteristik kebutuhan anak berbakat dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut, kecuali....
       
A. mengadakan kelas pengayaan
B. menggunakan guru konsultan
C. sekolah umum
D. studi mandiri

IDevice Question Icon19
Jenis layanan bagi anak berbakat yang sesuai dengan karakteristik kebutuhan adaptasi program, dapat dilakukan dengan....
       
A. percepatan/ akselerasi siswa
B. studi mandiri
C. menggunakan guru konsultan
D. menggunakan ruangan sumber belajar.

IDevice Question Icon20
Anak tunanetra yang diklasifikasikan kurang lihat (low vision), memiliki ketajaman penglihatan....
       
A. 20/20 - 20/50 feet
B. 60/60 - atau 20/200 feet
C. virus o
D. 6/20 atau 20/70 feet

IDevice Question Icon21
Pencegahan terjadinya tunanetra dapat dilakukan dengan pemeriksaan dini. Pernyataan tersebut merupakan pencegahan secara....
       
A. edukatif
B. sosial
C. medis
D. pribadi

IDevice Question Icon22
Dini mengalami kecelakaan sehingga mengakibatkan gangguan kebutaan, selanjutnya hari - harinya dipenuhi kesedihan, dan keputusan. Dari kejadian tersebut Dini mengalami gangguan serius pada....
       
A. emosi
B. curiga pada orang lain
C. kepekaan terhadap lingkungan
D. ketergantungan pada orang lain

IDevice Question Icon23
Keterbatasan penglihatan dan tidak bebas bergerak seperti orang normal lainnya merupakan karakteristik anak tunanetra dilihat dari aspek....
       
A. Fisik
B. motorik
C. sosial
D. akademis

IDevice Question Icon24
Layanan rehabilitasi yang paling dibutuhkan anak tunanetra adalah latihan....
       
A. tali temali
B. bermain bola
C. membaca dan menulis huruf braille
D. menulis huruf latin

IDevice Question Icon25
Anak tunarungu konduktif adalah anak yang mengalami kerusakan organ pendengaran pada bagian....
       
A. luar dan tengah
B. tengah dalam dan syaraf pendengaran
C. tengah
D. dalam saja

IDevice Question Icon26
Jenis tunarungu yang disebabkan oleh faktor genetik adalah sebagai berikut, kecuali....
       
A. rubela
B. meningtis
C. tympanisclerosis
D. trauma akustik

IDevice Question Icon27
Tuna mengalami kecelakaan yang mengakibatkan pecahnya selaput gendang dengar dan lepasnya rangkaian tulang pendengaran. Dari pernyataan tersebut ketunarunguan Tama termasuk tunarungu tipe....
       
A. konduktif
B. sensor
C. endogen
D. eksogen

IDevice Question Icon28
Anak tunarungu cenderung bergaul dengan sesama tunarungu dan menarik diri dari lingkungan orang mendengar. Pernyataan tersebut mencerminkan karakteristik anak tunarungu dilihat dari aspek....
       
A. akademis
B. sosial
C. kesehatan
D. fisik

IDevice Question Icon29
Layanan pendidikan bagi anak tunarungu antara lain meliputi, layanan....
       
A. pendidikan yang sama dengan anak normal.
B. memperbanyak pelajaran praktek
C. akademik dan layanan untuk mengurangi kelaianannya.
D. latihan, administrasi

IDevice Question Icon30
Pendekatan dengan menerapkan berbagai metode baik lisan, tulisan, maupun isyarat adalah merupakan metode....
       
A. oral
B. membaca ujaran
C. manual ( isyarat)
D. komunikasi total

IDevice Question Icon31
Anak tunagrahita yang memiliki ukuran kepala kecil, merupakan jenis kelainan jasmani ....
       
A. kretin
B. hydrocephal.
C. microcephal
D. Macrocephal

IDevice Question Icon32
Tunagrahita yang disebabkan karena faktor keturunan adalah sebagai berikut, kucuali....
       
A. infeksi dan keracunan
B. faktor bawaan
C. kerusakan gen
D. kelainan kromoson

IDevice Question Icon33
Upaya terjadinya pencegahan terhadap terjadinya tunagrahita dapat dilakukan dengan cara penyampaian informasi tentang....
       
A. penyuluhan genetik
B. diagnostik prenatal
C. pemeliharaan kesehatan
D. sanitasi lingkungan

IDevice Question Icon34
Anak tunagrahita yang kematangan belajar membaca baru dicapainya pada umur 12 tahun termasuk....
       
A. ringan
B. sedang
C. berat
D. sangat berat

IDevice Question Icon35
Mampu mengurus dan membina diri sendiri, serta dapat bergaul di masyarakat, merupakan tujuan pendidikan anak tunagrahita....
       
A. ringan
B. sedang
C. berat
D. sangat berat

IDevice Question Icon36
Keuntungan pendidikan dengan sistem integrasi bagi anak tunagrahita antara lain....
       
A. berkesempatan bergaul dengan anak normal
B. pergaulan lebih spesifik
C. lebih konsentrasi dalam belajar.
D. lahir dari rasa rendah diri

IDevice Question Icon37
AnaK tunagrahita yang mengalami cerebral palsy 45% dapat diketahui dengan gejala....
       
A. mudah tersinggung
B. mudah marah
C. keterbelakangan mental
D. ketidakmampuan bicara

IDevice Question Icon38
Memberikan kegiatan melalui berkesenian, keterampilan dan kerajinan merupakan tujuan pendidikan anak tunadaksa dalam hl....
       
A. mematangkan moral
B. meningkatkan ekspresi diri
C. membantu perkembangan fisik
D. mematangkan aspek sosial

IDevice Question Icon39
Lama belajar dalam satu jam pelajaran pada jenjang SDLB adalah....
       
A. 25 menit
B. 30 menit
C. 45 menit
D. 50 menit

IDevice Question Icon40
Menentukan metode dan evaluasi kemajuan belajar merupakan langkah- langkah yang terdapat dalam....
       
A. perencanaan kegiatan belajar mengajar
B. prinsip multi sensori
C. prinsip individual
D. fungsi pembelajaran menyediakan ruangan khusus

IDevice Question Icon41
Pencapaian hasil belajar yang jauh di bawah rata- rata merupakan karakteristik anak tunalaras dilihat dari segi....
       
A. fisik
B. emosional
C. akademik
D. sosial

IDevice Question Icon42
Salah satu kebutuhan anak tunalaras adalah....
       
A. memberi keterampilan khusus untuk bekal hidup
B. memberi hukuman
C. menjelaskan perilaku yang akan diubah
D. mengatakan perilaku yang akan diterima

IDevice Question Icon43
Salah satu kebutuhan anak tunalaras yang perlu mendapat perhatian khusus adalah gangguan....
       
A. perhatian
B. berbahasa
C. motorik
D. kesulitan membaca

IDevice Question Icon44
Adi tidak mampu membedakan dalam mengerjakan soal perkalian dan pembagian. Kesulitan yang dialami Adi termasuk bidang....
       
A. akademik
B. perkembangan
C. pertumbuhan
D. motorik

IDevice Question Icon45
Karakteristik anak berkesulitan belajar adalah sebagai berikut, kecuali....
       
A. hiperaktif
B. gangguan persepsi motorik
C. kesulitan menyesuaikan diri
D. gangguan bicara dan mendengar

IDevice Question Icon46
Menentukan pengelompokan anak secara tepat untuk pengajaran, merupakan salah satu tujuan asesmen....
       
A. kemampuan membaca
B. prosedur bimbingan membaca
C. pendekatan remidial membaca
D. membantu siswa membaca pemahaman

IDevice Question Icon47
Pengajaran remidi bagi anak berkesulitan matematika, harus sistematis sesuai dengan urutan tingkat....
       
A. semi konkrit - konkrit - abstrak
B. konkrit - semi konkrit - abstrak
C. konkrit
D. abstrak - semi konkrit - konkrit

IDevice Question Icon48
Langkah pertama yang harus dilakukan pada pelayanan ALB di sekolah biasa adalah....
       
A. memeriksa riwayat hidup siswa
B. mencatat nama siswa yang mengalami kelainan
C. melakukan identifikasi
D. melakukan wawancara

IDevice Question Icon49
Berdasarkan pengamatan, tulisan Tia masih jauh dari kemampuan yang diharapkan. Oleh karena itu oleh guru kelas Tia dianggap sebagai anak yang berkesulitan belajar. Tindakan yang dilakukan guru tersebut adalah merupakan tindakan....
       
A. evaluasi
B. wawancara
C. diagnosa
D. identifikasi

IDevice Question Icon50
Jenis layanan yng diperlukan ALB adalah didasarkan pada pertimbangan sebagai hal berikut ini, kecuali....
       
A. menentukan kemampuan yang semestinya dikuasai anak.
B. untuk pengembangan potensi yang optimal
C. setiap anak memerlukan bantuan khusus dari guru.
D. setiap anak mempunyai kebutuhan yang berbeda



 

No comments:

Post a Comment