KUNCI JAWABAN DAN PEMBAHASAN SOAL PDGK4101 KETERAMPILAN BERBAHASA INDONESIA SD


KUNCI JAWABAN DAN PEMBAHASAN SOAL UAS UT
PDGK4101 KETERAMPILAN BERBAHASA INDONESIA SD
1.       Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada modul 1, kegiatan belajar 1, halaman 1.3 sampai 1.5
      A. Benar, pengiriman dan penerimaan suatu pesan di antara para penutur suatu bahasa adalah proses komunikasi
      B. Salah, hal tersebut adalah proses adaptasi.
      C. Salah, karena pernyataan tersebut merupakan proses enkulturasi.
      D. Salah, karena pernyataan tersebut merupakan proses akulturasi.

2.       Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada modul 1, kegiatan belajar 1, halaman 1.6 sampai 1.7
      A. Salah, karena menjadi wartawan tidak cukup memiliki keterampilan membaca dan menyimak saja.
B. Salah, karena menjadi seorang wartawan tidak cukup memiliki keterampilan membaca dan menulis.
C. Salah, karena menjadi seorang wartawan tidak cukup memiliki keterampilan membaca dan berbicara saja.
D. benar, karena idealnya seorang wartawan memiliki 4 ketrampilan berbahasa untuk mendukung profesinya

3.       Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada modul 1, kegiatan belajar 2, halaman 1.10 sampai dengan 1.13.
      A. Salah, karena membaca bukan keterampilan berbahasa yang bersifat produktif.
B. Salah, karena mendengarkan bukan keterampilan berbahasa yang bersifat produktif.
C. Benar, karena berbicara dan menulis adalah jenis keterampilan berbahasa yang bersifat produktif.
D. Salah, karena mendengarkan dan membaca adalah keterampilan berbahasa yang bersifat reseptif.

4.       Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada modul 1, kegiatan belajar 2, halaman 1.10 sampai dengan 1.11.
A. Salah, karena mendengarkan khotbah Jumat adalah kegiatan semiinteraktif.
B. Salah, karena menyimak pidato pembukaan sebuah pusat perbelanjaan adalah kegiatan semiinteraktif.
C. Benar, karena dalam rapat anggota Dewan Perwakilan Rakyat terjadi interaksi antaranggota.
D. Salah, karena menonton suatu pementasan teater, merupakan kegiatan noninteraktif.

5.       Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada modul 1, kegiatan belajar 2, halaman 1.10  sampai dengan 1.12.
A. Salah, karena hal tersebut merupakan kegiatan berbicara secara semiinteraktif.
B. Salah, karena kegiatan tersebut merupakan situasi berbicara interaktif.
C. Salah, karena kegiatan tersebut juga merupakan situasi berbicara interaktif.
D. Benar, kegiatan berpidato melalui radio atau televisi merupakan contoh berbicara noninteraktif, karena pendengar tidak dapat melakukan interupsi atau tanya jawab.


6.       Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada modul 1, kegiatan belajar 2, halaman 1.12  sampai dengan 1.13.
A. Benar, menggunakan bentuk kata dengan benar, merupakan keterampilan mikro yang harus dimiliki dalam menulis.
B. Salah, karena hal tersebut merupakan keterampilan mikro yang harus dimiliki ketika membaca.
C. Salah, karena hal tersebut adalah keterampilan mikro yang harus dimiliki ketika membaca.
D. Salah, karena hal tesebut adalah keterampilan mikro yang harus dimiliki ketika menyimak.

7.       Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada modul 1, kegiatan belajar 3, halaman 1.21  sampai dengan 1.23
A. Benar, baik keterampilan mendengarkan maupun keterampilan membaca merupakan keterampilan yang bersifat reseptif.
B. Salah, karena keterampilan yang bersifat produktif adalah keterampilan menulis dan keterampilan berbicara.
C. Salah, karena semua keterampilan berbahasa termasuk menulis dan berbicara adalah hasil akal budi manusia, tidak hanya membaca dan mendengarkan.
D. Salah, karena keterampilan berbahasa bukan bagian dari kajian bahasa.

8.       Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada modul 1, kegiatan belajar 3, halaman 1.21  sampai dengan 1.23
A. Benar, komunikasi yang dilakukan dengan berbicara bersifat langsung, tatap muka/interaktif, sedangkan menulis tidak.
B. Salah, komunikasi yang dilakukan dengan menulis bersifat langsung, tatap muka/interaktif, sedangkan berbicara tidak.
C. Salah, tempat merupakan sarana yang diperlukan baik dalam kegiatan berbicara maupun menulis.
D. Salah, tempat merupakan sarana yang diperlukan baik dalam kegiatan berbicara maupun menulis.

9.       Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada modul 2, kegiatan belajar 1, halaman 2.3  sampai dengan 2.4
A. Salah, karena hal tersebut ada pada tataran identifikasi dengan seleksi terpimpin dan retensi jangka pendek.
B. Salah, karena hal tersebut ada pada tataran identifikasi.
C. Benar, karena hal tersebut memang ada pada tataran identifkasi dan seleksi tanpa retensi.
D. Salah, karena hal tersebut ada pada tataran identifikasi, seleksi, dan retensi jangka panjang.

10.   Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada modul 2, kegiatan belajar 2, halaman 2.18 sampai dengan 2.19
A. Salah, karena hal tersebut merupakan kegiatan menangkap gagasan ketika berbicara.
B. Benar, untuk dapat  menangkap isi simakan penyimak harus  memusatkan perhatian dan memuat catatan, serta menjawab latihan-latihan merupakan strategi untuk menangkap gagasan.
C. Salah, karena kegiatan tersebut adalah bagian dari memahirkan keterampilan menulis.
D. Salah, karena mengekspresikan pkiran dan perasaan dalam tuturan, adalah bentuk kegiatan berbicara.

11.   Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada modul 2, kegiatan belajar 2, halaman 2.19 sampai dengan 2.20
A. Benar, menyimak kritis harus dilakukan dengan sungguh-sungguh agar dapat memberikan penilaian secara objektif.
B. Salah, karena pernyataan tersebut menjelaskan tentang jenis menyimak kreatif.
C. Salah, karena hal tersebut menjelaskan tentang menyimak eksploratif.
D. Salah, karena untuk memperoleh informasi yang akurat dapat dilakukan melalui membaca dan berbicara, tidak hanya melalui menyimak.

12.   Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada modul 3, kegiatan belajar 1, halaman 3.7 sampai dengan 3.8
A. Benar, karena hal-hal tersebut harus diperhatikan ketika bercerita.
B. Salah, karena  hal-hal tersebut merupakan manfaat bercerita.
C. Salah, karena hal-hal tersebut merupakan kegiatan mempersiapkan diri sebelum kegiatan bercerita.
D. Salah, karena hal-hal tersebut terdapat pada kegiatan menyusun atau menulis cerita.

13.   Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada modul 3, kegiatan belajar 1, halaman 3.6  sampai dengan 3.7
A. Benar, karena sebaiknya menyusun materi dan argumentasi dengan referensi yang memadai, sebelum menyampaikan argumentasi, agar pihak lawan menjadi yakin dan berpihak serta setuju dengan pendapat peserta debat.
B. Salah, karena hal tersebut dilakukan pada persiapan melakukan mendongeng.
C. Salah, karena hal tersebut merupakan persiapan untuk melakukan dialog.
D. Salah, karena hal tersebut merupakan persiapan untuk melakukan wawancara

14.   Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada modul 3, kegiatan belajar 1, halaman 3.14 sampai dengan 3.15
A. Salah, karena pidato adalah pengungkapan dalam bentuk kata-kata yang ditujukan kepada orang banyak atau wacana yang disiapkan untuk diungkapkan di depan khalayak.
B. Benar, karena diskusi adalah bentuk tukar pikiran secara teratur dan terarah dalam kelompok besar atau kecil, dengan tujuan mengambil keputusan.
C. Salah, karena musyawarah adalah membicarakan sesuatu supaya mencapai kata sepakat.
D. Salah, karena kampanye sebuah partai politik adalah pengungkapan kepada khalayak dengan tujuan mempengaruhi pendengarnya agar memilih partai politik tersebut.

15.   Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada modul 3, kegiatan belajar 1, halaman 3.17 sampai dengan 3.19
A. Salah, tujuan berpidato bukan untuk mengumbar pujian.
B. Benar, karena agar pidato menjadi efektif dan komunikatif gunakanlah kata-kata yang sederhana, yang mudah dipahami dengan cepat.
C. Salah, semakin banyak istilah asing digunakan, pendengar menjadi semakin bingung.
D. Salah, karena penggunaan makna konotatif dapat menyebabkan salah interpretasi.

16.   Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada modul 3, kegiatan belajar 1, halaman 3.14 sampai dengan 3.15
A. Benar, dalam menyampaikan sanggahan, peserta diskusi hendaknya menyampaikan dengan cara yang santun dan tidak berbelit-belit.
B. Salah, suara yang terlalu keras terkesan tidak santun.
C. Salah, dalam memberi sanggahan tidak diperlukan kata pembuka dan penutup.
D. Salah, menyanggah tidak berarti mematahkan argumen pembicara.

17.   Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada modul 3, kegiatan belajar 1, halaman 3.14 sampai dengan 3.15
A. Salah, karena mengangkat kehidupan pribadi seseorang merupakan hal yang tidak etis
B. Salah, karena melembutkan nada/suara tidak menjadi syarat dalam berkomunikasi.
C. Salah, karena berprasangka dan meninggikan emosi justru suatu hal yang harus dihindari dalam berbahasa.
D. Benar, karena ketika berdiskusi, tanggapan atau jawaban harus berhubungan dengan pembahasan bersifat objektif, dan memuaskan berbagai pihak.

18.   Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada modul 3, kegiatan belajar 1, halaman 3.18 sampai dengan 3.19
A. Salah, karena pernyataan tersebut merupakan bagian dari membuka pidato.
B. Salah, karena pernyataan tersebut merupakan bagian dari membuka pidato.
C. Salah, karena hal tersebut adalah esensi diskusi.
D. Benar, karena pernyataan tersebut adalah cara menutup pidato.

19.   Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada modul 4, kegiatan belajar 1, halaman 4.1 sampai dengan 4.12
A. Benar, karena membaca scanning dilakukan dengan cara menangkap kata kunci untuk menemukan informasi khusus dengan sangat cepat.
B. Salah, pernyataan tersebut adalah jenis membaca skimming.
C. Salah, pernyataan tersebut adalah jenis membaca pemahaman.
D. Salah, pernyataan tersebut merupakan hal yang harus dihindari pada saat membaca.

20.   Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada modul 4, kegiatan belajar 1, halaman 4.12 sampai dengan 4.14
A. Benar, membaca naskah pidato/ berpidato memerlukan keterampilan membaca bersuara yag memadai.
B. Salah, bermain drama memerlukan kemampuan bermain tokoh.
C. Salah, mendengarkan musik memerlukan kemampuan menyimak, bukan membaca.
D. Salah, menulis laporan memerlukan kemampuan menulis.
21.   Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada modul 5, kegiatan belajar 1, halaman 5.6 sampai dengan 5.13
A. Benar, kalimat tersebut merupakan kalimat yang memiliki kata yang bersinonim, yaitu kalbu.
B. Salah, karena kalimat tersebut memiliki makna kata yang antonim, yaitu laki-laki, perempuan, anak-anak, orang tua.
C. Salah, karena kalimat tersebut memiliki makna kata yang khusus, yaitu mawar, yang merupakan kata khusus dari kata bunga.
D. Salah, karena kalimat tersebut memiliki makna kata asing dan serapan, yaitu kata kontribusi.
22.   Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada modul 5, kegiatan belajar 1, halaman 5.8 sampai dengan 5.9
A. Benar, karena kata alat komunikasi merupakan kata umum.
B. Salah, karena kata surat kabar merupakan kata khusus.
C. Salah, karena kata perahu merupakan kata khusus.
D. Salah, karena kata korelasi merupakan kata kajian.
23.   Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada modul 5, kegiatan belajar 1, halaman 5.11 sampai dengan 5.13
A. Salah, karena kata pigmentasi, merupakan kata kajian
B. Salah, karena kata fenomena, adalah kata kajian.
C. Benar, karena kata alami, merupakan kata populer.
D. Salah, karena kata propaganda merupakan kata kajian.
24.   Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada modul 5, kegiatan belajar 1, halaman 5.14 sampai dengan 5.22
A. Benar, karena hal tersebut merupakan syarat pemakaian kalimat efektif.
B. Salah, karena hal tersebut adalah syarat penggunaan ejaan yang disempurnakan.
C. Salah, karena hal tersebut adalah syarat penulisan paragraf yang baik.
D. Salah, karena hal tersebut adalah aspek yang harus diperhatikan dalam penulisan dan pemilihan kata.
25.   Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada modul 5, kegiatan belajar 1, halaman 5.21 sampai dengan 5.22
A. Salah, karena tanda titik dua tersebut tidak diikuti dengan pernyataan lengkap.
B. Benar, karena tanda titik dua juga dipakai antara tempat terbit dengan penerbit dalam penulisan daftar pustaka.
C. Salah, karena penulisan tahun dalam daftar pustaka diikuti oleh titik (satu), bukan titik dua.
D. Salah, karena tanda titik tersebut digunakan pada kalimat yang tidak mengandung perincian.
26.   Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada modul 5, kegiatan belajar 1, halaman 5.22 sampai dengan 5.25
A. Salah, karena pernyataan tersebut merupakan definisi dari paragraf induktif.
B. Benar, karena pernyataan tersebut merupakan penjelasan dari paragraf deduktif.
C. Salah, karena pernyataan tersebut merupakan penjelasan dari pengembangan paragraf secara deduktif-induktif.
D. Salah, karena pernyataan tersebut merupakan definisi dari pengembangan paragraf deskriptif.
27.   Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada modul 5, kegiatan belajar 1, halaman 5.24 sampai dengan 5.25
A. Salah, karena pokok pikiran utama paragraf tersebut ada di awal dan di akhir paragraf,  sedangkan paragraf tersebut adalah paragraf kombinasi deduktif dan induktif.
B. Salah, perhatikan rambu A.
C. Benar, karena pokok pikiran utama paragraf tersebut ada di awal dan di akhir paragraf.
D. Salah, karena isi paragraf  naratif adalah kisah/peristiwa/kejadian yang dikembangkan secara kronologis sedangkan paragraf tersebut berisi pengetahuan.
28.   Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada modul 5, kegiatan belajar 1, halaman 5.24 sampai dengan 5.25
A. Benar, paragraf narasi adalah paragraf yang terdapat dalam  rangkaian peristiwa dan disajikan menurut urutan waktu.
B. Salah, karena pernyataan tersebut merupakan definisi  jenis paragraf deskripsi.
C. Salah, karena pernyataan tersebut merupakan definisi  jenis paragraf argumentasi.
D. Salah, karena pernyataan tersebut merupakan definisi jenis paragraf persuasi.
29.   Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada modul 5, kegiatan belajar 1, halaman 5.24 sampai dengan 5.25
A. Salah, karena deskripsi merupakan jenis paragraf yang mengambarkan  atau melukiskan suatu objek atau tempat secara detail.
B. Benar, paragraf tersebut merupakan jenis paragraf argumnetasi karena paragraf tersebut menyajikan fakta dan data untuk memperkuat  alasan yang terdapat dalam paragraf tersebut.
C. Salah, karena persuasi merupakan jenis paragraf yang bertujuan untuk mempengaruhi pembacanya dengan berbagai cara.
D. Salah, karena narasi adalah jenis paragraf yang di dalamnya terdapat rangkaian peristiwa dan disajikan menurut urutan waktu.
30.   Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada modul 5, kegiatan belajar 2, halaman 5.29  sampai dengan 5.30
A. Salah, karena hal tersebut merupakan kriteria pemilihan topik karangan.
B. Salah, karena hal tersebut merupakan kriteria pemilihan topik karangan.
C. Salah, karena hal tersebut merupakan kriteria pemilihan topik karangan.
D. Benar, karena pernyataan tersebut bertentangan dengan kriteria penulis.

31.   Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada modul 5, kegiatan belajar 1, halaman 6.3  sampai dengan 6.7
A. Benar, proses berbicara selalu berpadu dengan proses menyimak.
B. Salah, karena pernyataan tersebut merupakan keterpaduan keterampilan menulis dengan fokus menyimak.
C. Salah, karena pembicara tidak selamanya berperan sebagai pendengar saja.
D. Salah, karena pernyataan tersebut tidak menjelaskan hubungan antara keterampilan berbicara dan menyimak.
32.   Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada modul 6, kegiatan belajar 1, halaman 6.5  sampai dengan 6.7
A. Benar, karena kegiatan pertama, fokus yang dilakukan siswa sekolah adalah menyimak dilanjutkan dengan berdiskusi (berbicara).
B. Salah, karena pernyataan tersebut bukan contoh keterpaduan keterampilan berbicara dengan fokus menyimak adalah keterampilan  berbahasa  yang dilatihkan adalah menulis dan membaca.
C. Salah, karena pernyataan tersebut bukan contoh keterpaduan keterampilan berbicara dengan fokus menyimak adalah keterampilan  berbahasa  yang dilatihkan adalah menulis dan membaca.
D. Salah, karena fokus kegiatan berbahasa yang dilatihkan adalah membaca dan berbicara.
33.   Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada modul 6 , kegiatan belajar 2, halaman 6.10  sampai dengan 6.11
A. Benar, karena menyimak dan membaca membutuhkan penguasaan simbol-simbol bahasa, pengetahuan, yang berkaitan dengan materi simakan, diksi dan gaya bahasa.
B. Salah, karena orang yang senang menyimak, belum tentu suka membaca.
C. Salah, karena keterampilan membaca belum tentu membuat seseorang menjadi sering menyimak.
D. Salah, karena keterampilan menyimak dan membaca juga dapat berlangsung dalam situasi nonformal.
34.   Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada modul 6 , kegiatan belajar 2, halaman 6. 12 sampai dengan 6.13
A. Benar, kegiatan tersebut berfokus pada keterampilan menyimak yang dilanjutkan/dipadukan dengan keterampilan membaca.
B. Salah, karena kegiatan tersebut melatih siswa menyimak dan berbicara.
C. Salah, karena fokus kegiatan tersebut adalah berbicara.
D. Salah, karena hal tersebut merupakan keterpaduan keterampilan menyimak, membaca,dengan fokus menulis.
35.   Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada modul 5, kegiatan belajar 1, halaman 6.17 sampai dengan 6.21
A. Salah, contoh kegiatan tersebut tidak menunjukkan keterpaduan keterampilan menulis dengan fokus menyimak.
B. Benar, contoh kegiatan tersebut merupakan keterpaduan keterampilan menulis dengan fokus menyimak
C. Salah, contoh kegiatan tersebut hanya melatih siswa terampil menulis dengan fokus menyimak.
D. Salah, contoh kegiatan tersebut menunjukkan keterpaduan keterampilan berbicara dan menulis.
36.   Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada modul 7, kegiatan belajar 1, halaman 7.5 sampai dengan 7.6
      A. Salah, karena hal tersebut bukan merupakan keterpaduan keterampilan menyimak dengan fokus menulis.
      B. Benar, karena kegiatan tersebut merupakan keterpaduan keterampilan menyimak dengan fokus berbicara.
      C. Salah, karena kegiatan tersebut merupakan keterpaduan keterampilan membaca dengan fokus sastra.
      D. Salah, karena kegiatan tersebut hanya memfokuskan pada keterampilan menyimak saja.

37.   Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada modul 7, kegiatan belajar 2, halaman 7. 13 sampai dengan 7.17
A. Salah, karena hal tersebut merupakan cara membatasi tema.
B. Salah, karena hal tersebut adalah cara membatasi tema.
C. Salah, karena hal tersebut juga cara membatasi tema.
D. Benar, karena menentukan tema sesuai dengan keahlian merupakan cara memilih tema.
38.   Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada modul 7, kegiatan belajar 2, halaman 7.21 sampai dengan 7.23
A. Benar, hal tersebut merupakan jenis karangan narasi sugestif.
B. Salah, karena pernyataan tersebut merupakan jenis karangan narasi ekspositoris.
C. Salah, karena hal tersebut merupakan jenis karangan narasi ekspositoris.
D. Salah, karena hal tersebut merupakan jenis karangan narasi ekspositoris.
39.   Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada modul 7, kegiatan belajar 2, halaman 7.27 sampai dengan 7.29
A. Benar, contoh kegiatan tersebut merupakan keterpaduan keterampilan menulis dengan fokus berbicara.
B. Salah, karena kegiatan tersebut kegiatan menulis (puisi).
C. Salah, karena contoh kegiatan tersebut bukan merupakan keterpaduan keterampilan membaca dan menulis.
D. Salah, karena contoh kegiatan tersebut bukan merupakan keterpaduan keterampilan membaca dan berbicara 
40.   Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada modul 7, kegiatan belajar 3, halaman 7.36 sampai dengan 7.47
A. Benar, kegiatan tersebut merupakan keterpaduan keterampilan membaca dengan fokus berbicara.
B. Salah, karena kegiatan tersebut hanya menggunakan keterampilan berbicara.
C. Salah, karena kegiatan tersebut hanya menggunakan keterampilan membaca berbicara.
D. Salah, karena dalam kegiatan tersebut hanya menggunakan keterampilan menyimak.

41.   Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada modul 8, kegiatan belajar 1, halaman 8.3 sampai dengan 8.15A. Benar, kegiatan tersebut tidak menunjukkan adanya keterpaduan keterampilan menyimak dengan fokus menulis.
      B. Salah, karena kegiatan tersebut merupakan keterpaduan keterampilan menyimak  dengan fokus menulis.
      C. Salah, karena kegiatan tersebut merupakan keterpaduan keterampilan menyimak  dengan fokus menulis.
D. Salah, karena kegiatan tersebut merupakan keterpaduan keterampilan menyimak  dengan fokus menulis.
42.   Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada modul 5, kegiatan belajar 1, halaman 6.17 sampai dengan 6.21
A. Benar, kegiatan tersebut merupakan keterpaduan keterampilan berbicara dengan fokus menulis.
B. Salah, karena kegiatan tersebut merupakan keterpaduan keterampilan menulis dengan membaca.
C. Salah, karena kegiatan tersebut merupakan keterpaduan keterampilan menyimak dengan menulis.
D. Salah, karena kegiatan tersebut merupakan keterpaduan keterampilan berbicara, menyimak dan menulis.

43.   Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada modul 8 , kegiatan belajar 2, halaman 8.28 sampai dengan 8.34
A. Salah, karena kegiatan tersebut adalah berlatih menulis dan berbicara (bersastra.
B. Benar, kegiatan tersebut menggambarkan adanya keterpaduan keterampilan membaca dengan fokus menulis.
C. Salah, karena kegiatan yang dilakukan siswa adalah menyimak dan berbicara.
D. Salah, karena kegiatan tersebut hanya melatih kemampuan membaca.

44.   Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada modul, kegiatan belajar 1, halaman 6.17 sampai dengan 6.21
A. Benar, hal tersebut menggambarkan keterpaduan keterampilan menyimak, berbicara dengan fokus membaca.
B. Salah, karena kegiatan tersebut tidak menunjukkan adanya keterpaduan keterampilan menyimak, berbicara dengan fokus membaca.
C. Salah, karena kegiatan tersebut merupakan keterpaduan keterampilan membaca, menulis, dengan fokus menyimak.
D. Salah, karena kegiatan tersebut menunjukkan keterpaduan keterampilan membaca, berbicara, dengan fokus menyimak.

45.   Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada modul 6 , kegiatan belajar 1, halaman 6.17 sampai dengan 6.21
A. Salah, karena kegiatan tersebut merupakan keterpaduan keterampilan menulis dengan fokus membaca.
B. Salah, karena kegiatan tersebut merupakan keterpaduan keterampilan berbicara dengan fokus membaca.
C. Salah, karena kegiatan tersebut juga merupakan keterpaduan keterampilan menulis dengan fokus membaca.
D. Benar, karena kegiatan tersebut tidak menggambarkan keterpaduan keterampilan menulis dengan fokus membaca.
46.   Pernyataan 1 dan 2 benar, karena cerita yang baik mengandung ajaran kebenaran dan memberikan keteladanan.
Pernyataan 3 salah, karena menguasai cerita merupakan syarat untuk memperoleh kemampuan bercerita, bukan manfaat bercerita.

47.   Pernyataan 1 dan 2, benar, karena jenis membaca ekstensif adalah membaca sekilas dan membaca dangkal.
Pernyataan 3, salah, karena membaca sastra bukan jenis membaca ekstensif tetapi termasuk jenis membaca telaah bahasa atau membaca intensif. 


48.   Pernyataan 1 dan 3, benar, karena kata kebersihan dan higienis adalah kata yang bermakna denotasi.
Pernyataan 2 salah, karena kata berkilau dan cerah pada pilihan ke-2 merupakan kata yang bermakna konotasi.

49.   Pernyataan 1 dan 2 benar, karena kata kuliner dan kasih merupakan kata abstrak.
Pernyataan 3  salah, karena kata tablet merupakan kata konkret.


50.   Pernyataan 2 dan 3 benar, karena kata costumer dan judgment adalah kata asing.
Pernyataan 1  salah, karena kata terkontaminasi adalah kata serapan bukan kata asing.


No comments:

Post a Comment