KUNCI
JAWABAN DAN PEMBAHASAN SOAL UAS UT
PDGK4101
KETERAMPILAN BERBAHASA INDONESIA SD
1.
Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada
modul 1, kegiatan belajar 1, halaman 1.3 sampai 1.5
A. Benar, pengiriman dan
penerimaan suatu pesan di antara para penutur suatu bahasa adalah proses
komunikasi
B. Salah, hal tersebut adalah
proses adaptasi.
C. Salah, karena pernyataan
tersebut merupakan proses enkulturasi.
D. Salah, karena pernyataan
tersebut merupakan proses akulturasi.
2.
Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada
modul 1, kegiatan belajar 1, halaman 1.6 sampai 1.7
A. Salah, karena menjadi
wartawan tidak cukup memiliki keterampilan membaca dan menyimak saja.
B. Salah, karena menjadi seorang wartawan
tidak cukup memiliki keterampilan membaca dan menulis.
C. Salah, karena menjadi seorang wartawan
tidak cukup memiliki keterampilan membaca dan berbicara saja.
D. benar, karena idealnya seorang wartawan
memiliki 4 ketrampilan berbahasa untuk mendukung profesinya
3.
Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada
modul 1, kegiatan belajar 2, halaman 1.10 sampai dengan 1.13.
A. Salah, karena membaca
bukan keterampilan berbahasa yang bersifat produktif.
B. Salah, karena mendengarkan bukan
keterampilan berbahasa yang bersifat produktif.
C. Benar, karena berbicara dan menulis adalah
jenis keterampilan berbahasa yang bersifat produktif.
D. Salah, karena mendengarkan dan membaca
adalah keterampilan berbahasa yang bersifat reseptif.
4.
Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada
modul 1, kegiatan belajar 2, halaman 1.10 sampai dengan 1.11.
A. Salah, karena mendengarkan khotbah Jumat
adalah kegiatan semiinteraktif.
B. Salah, karena menyimak pidato pembukaan
sebuah pusat perbelanjaan adalah kegiatan semiinteraktif.
C. Benar, karena dalam rapat anggota Dewan
Perwakilan Rakyat terjadi interaksi antaranggota.
D. Salah, karena menonton suatu pementasan
teater, merupakan kegiatan noninteraktif.
5.
Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada
modul 1, kegiatan belajar 2, halaman 1.10
sampai dengan 1.12.
A. Salah, karena hal tersebut merupakan kegiatan
berbicara secara semiinteraktif.
B. Salah, karena kegiatan tersebut merupakan
situasi berbicara interaktif.
C. Salah, karena kegiatan tersebut juga
merupakan situasi berbicara interaktif.
D. Benar, kegiatan berpidato melalui radio
atau televisi merupakan contoh berbicara noninteraktif, karena pendengar tidak
dapat melakukan interupsi atau tanya jawab.
6.
Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada
modul 1, kegiatan belajar 2, halaman 1.12
sampai dengan 1.13.
A. Benar, menggunakan bentuk kata dengan benar,
merupakan keterampilan mikro yang harus dimiliki dalam menulis.
B. Salah, karena hal tersebut merupakan
keterampilan mikro yang harus dimiliki ketika membaca.
C. Salah, karena hal tersebut adalah
keterampilan mikro yang harus dimiliki ketika membaca.
D. Salah, karena hal tesebut adalah
keterampilan mikro yang harus dimiliki ketika menyimak.
7.
Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada
modul 1, kegiatan belajar 3, halaman 1.21
sampai dengan 1.23
A. Benar, baik keterampilan mendengarkan
maupun keterampilan membaca merupakan keterampilan yang bersifat reseptif.
B. Salah, karena keterampilan yang bersifat
produktif adalah keterampilan menulis dan keterampilan berbicara.
C. Salah, karena semua keterampilan
berbahasa termasuk menulis dan berbicara adalah hasil akal budi manusia, tidak hanya
membaca dan mendengarkan.
D. Salah, karena keterampilan berbahasa bukan
bagian dari kajian bahasa.
8.
Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada
modul 1, kegiatan belajar 3, halaman 1.21
sampai dengan 1.23
A. Benar, komunikasi yang dilakukan dengan
berbicara bersifat langsung, tatap muka/interaktif, sedangkan menulis tidak.
B. Salah, komunikasi yang dilakukan dengan
menulis bersifat langsung, tatap muka/interaktif, sedangkan berbicara tidak.
C. Salah, tempat merupakan sarana yang
diperlukan baik dalam kegiatan berbicara maupun menulis.
D. Salah, tempat merupakan sarana yang
diperlukan baik dalam kegiatan berbicara maupun menulis.
9.
Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada
modul 2, kegiatan belajar 1, halaman 2.3
sampai dengan 2.4
A. Salah, karena hal tersebut ada pada
tataran identifikasi dengan seleksi terpimpin dan retensi jangka pendek.
B. Salah, karena hal tersebut ada pada
tataran identifikasi.
C. Benar, karena hal tersebut memang ada
pada tataran identifkasi dan seleksi tanpa retensi.
D. Salah, karena hal tersebut ada pada
tataran identifikasi, seleksi, dan retensi jangka panjang.
10.
Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada
modul 2, kegiatan belajar 2, halaman 2.18 sampai dengan 2.19
A. Salah, karena hal tersebut merupakan
kegiatan menangkap gagasan ketika berbicara.
B. Benar, untuk dapat menangkap isi simakan penyimak harus memusatkan perhatian dan memuat catatan,
serta menjawab latihan-latihan merupakan strategi untuk menangkap gagasan.
C. Salah, karena kegiatan tersebut adalah
bagian dari memahirkan keterampilan menulis.
D. Salah, karena mengekspresikan pkiran dan
perasaan dalam tuturan, adalah bentuk kegiatan berbicara.
11.
Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada
modul 2, kegiatan belajar 2, halaman 2.19 sampai dengan 2.20
A. Benar, menyimak kritis harus dilakukan
dengan sungguh-sungguh agar dapat memberikan penilaian secara objektif.
B. Salah, karena pernyataan tersebut
menjelaskan tentang jenis menyimak kreatif.
C. Salah, karena hal tersebut menjelaskan
tentang menyimak eksploratif.
D. Salah, karena untuk memperoleh informasi
yang akurat dapat dilakukan melalui membaca dan berbicara, tidak hanya melalui
menyimak.
12.
Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada
modul 3, kegiatan belajar 1, halaman 3.7 sampai dengan 3.8
A. Benar, karena hal-hal tersebut harus
diperhatikan ketika bercerita.
B. Salah, karena hal-hal tersebut merupakan manfaat bercerita.
C. Salah, karena hal-hal tersebut merupakan
kegiatan mempersiapkan diri sebelum kegiatan bercerita.
D. Salah, karena hal-hal tersebut terdapat
pada kegiatan menyusun atau menulis cerita.
13.
Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada
modul 3, kegiatan belajar 1, halaman 3.6
sampai dengan 3.7
A. Benar, karena sebaiknya menyusun materi
dan argumentasi dengan referensi yang memadai, sebelum menyampaikan
argumentasi, agar pihak lawan menjadi yakin dan berpihak serta setuju dengan
pendapat peserta debat.
B. Salah, karena hal tersebut dilakukan
pada persiapan melakukan mendongeng.
C. Salah, karena hal tersebut merupakan
persiapan untuk melakukan dialog.
D. Salah, karena hal tersebut merupakan
persiapan untuk melakukan wawancara
14.
Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada
modul 3, kegiatan belajar 1, halaman 3.14 sampai dengan 3.15
A. Salah, karena pidato adalah pengungkapan
dalam bentuk kata-kata yang ditujukan kepada orang banyak atau wacana yang
disiapkan untuk diungkapkan di depan khalayak.
B. Benar, karena diskusi adalah bentuk
tukar pikiran secara teratur dan terarah dalam kelompok besar atau kecil,
dengan tujuan mengambil keputusan.
C. Salah, karena musyawarah adalah
membicarakan sesuatu supaya mencapai kata sepakat.
D. Salah, karena kampanye sebuah partai
politik adalah pengungkapan kepada khalayak dengan tujuan mempengaruhi
pendengarnya agar memilih partai politik tersebut.
15.
Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada
modul 3, kegiatan belajar 1, halaman 3.17 sampai dengan 3.19
A. Salah, tujuan berpidato bukan untuk
mengumbar pujian.
B. Benar, karena agar pidato menjadi
efektif dan komunikatif gunakanlah kata-kata yang sederhana, yang mudah
dipahami dengan cepat.
C. Salah, semakin banyak istilah asing
digunakan, pendengar menjadi semakin bingung.
D. Salah, karena penggunaan makna konotatif
dapat menyebabkan salah interpretasi.
16.
Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada
modul 3, kegiatan belajar 1, halaman 3.14 sampai dengan 3.15
A. Benar, dalam menyampaikan sanggahan,
peserta diskusi hendaknya menyampaikan dengan cara yang santun dan tidak
berbelit-belit.
B. Salah, suara yang terlalu keras terkesan
tidak santun.
C. Salah, dalam memberi sanggahan tidak
diperlukan kata pembuka dan penutup.
D. Salah, menyanggah tidak berarti
mematahkan argumen pembicara.
17.
Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada
modul 3, kegiatan belajar 1, halaman 3.14 sampai dengan 3.15
A. Salah, karena mengangkat kehidupan
pribadi seseorang merupakan hal yang tidak etis
B. Salah, karena melembutkan nada/suara
tidak menjadi syarat dalam berkomunikasi.
C. Salah, karena berprasangka dan
meninggikan emosi justru suatu hal yang harus dihindari dalam berbahasa.
D. Benar, karena ketika berdiskusi,
tanggapan atau jawaban harus berhubungan dengan pembahasan bersifat objektif,
dan memuaskan berbagai pihak.
18.
Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada
modul 3, kegiatan belajar 1, halaman 3.18 sampai dengan 3.19
A. Salah, karena pernyataan tersebut
merupakan bagian dari membuka pidato.
B. Salah, karena pernyataan tersebut
merupakan bagian dari membuka pidato.
C. Salah, karena hal tersebut adalah esensi
diskusi.
D. Benar, karena pernyataan tersebut adalah
cara menutup pidato.
19.
Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada
modul 4, kegiatan belajar 1, halaman 4.1 sampai dengan 4.12
A. Benar, karena membaca scanning dilakukan
dengan cara menangkap kata kunci untuk menemukan informasi khusus dengan sangat
cepat.
B. Salah, pernyataan tersebut adalah jenis
membaca skimming.
C. Salah, pernyataan tersebut adalah jenis
membaca pemahaman.
D. Salah, pernyataan tersebut merupakan hal
yang harus dihindari pada saat membaca.
20.
Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada
modul 4, kegiatan belajar 1, halaman 4.12 sampai dengan 4.14
A. Benar, membaca naskah pidato/ berpidato
memerlukan keterampilan membaca bersuara yag memadai.
B. Salah, bermain drama memerlukan
kemampuan bermain tokoh.
C. Salah, mendengarkan musik memerlukan
kemampuan menyimak, bukan membaca.
D. Salah, menulis laporan memerlukan
kemampuan menulis.
21.
Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada
modul 5, kegiatan belajar 1, halaman 5.6 sampai dengan 5.13
A. Benar, kalimat tersebut merupakan
kalimat yang memiliki kata yang bersinonim, yaitu kalbu.
B. Salah, karena kalimat tersebut memiliki
makna kata yang antonim, yaitu laki-laki, perempuan, anak-anak, orang tua.
C. Salah, karena kalimat tersebut memiliki
makna kata yang khusus, yaitu mawar, yang merupakan kata khusus dari kata bunga.
D. Salah, karena kalimat tersebut memiliki
makna kata asing dan serapan, yaitu kata kontribusi.
22.
Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada
modul 5, kegiatan belajar 1, halaman 5.8 sampai dengan 5.9
A. Benar, karena kata alat komunikasi
merupakan kata umum.
B. Salah, karena kata surat kabar merupakan
kata khusus.
C. Salah, karena kata perahu merupakan kata
khusus.
D. Salah, karena kata korelasi merupakan
kata kajian.
23.
Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada
modul 5, kegiatan belajar 1, halaman 5.11 sampai dengan 5.13
A. Salah, karena kata pigmentasi, merupakan
kata kajian
B. Salah, karena kata fenomena, adalah kata
kajian.
C. Benar, karena kata alami, merupakan kata
populer.
D. Salah, karena kata propaganda merupakan
kata kajian.
24.
Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada
modul 5, kegiatan belajar 1, halaman 5.14 sampai dengan 5.22
A. Benar, karena hal tersebut merupakan
syarat pemakaian kalimat efektif.
B. Salah, karena hal tersebut adalah syarat
penggunaan ejaan yang disempurnakan.
C. Salah, karena hal tersebut adalah syarat
penulisan paragraf yang baik.
D. Salah, karena hal tersebut adalah aspek
yang harus diperhatikan dalam penulisan dan pemilihan kata.
25.
Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada
modul 5, kegiatan belajar 1, halaman 5.21 sampai dengan 5.22
A. Salah, karena tanda titik dua tersebut
tidak diikuti dengan pernyataan lengkap.
B. Benar, karena tanda titik dua juga
dipakai antara tempat terbit dengan penerbit dalam penulisan daftar pustaka.
C. Salah, karena penulisan tahun dalam
daftar pustaka diikuti oleh titik (satu), bukan titik dua.
D. Salah, karena tanda titik tersebut
digunakan pada kalimat yang tidak mengandung perincian.
26.
Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada
modul 5, kegiatan belajar 1, halaman 5.22 sampai dengan 5.25
A. Salah, karena pernyataan tersebut
merupakan definisi dari paragraf induktif.
B. Benar, karena pernyataan tersebut
merupakan penjelasan dari paragraf deduktif.
C. Salah, karena pernyataan tersebut
merupakan penjelasan dari pengembangan paragraf secara deduktif-induktif.
D. Salah, karena pernyataan tersebut
merupakan definisi dari pengembangan paragraf deskriptif.
27.
Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada
modul 5, kegiatan belajar 1, halaman 5.24 sampai dengan 5.25
A. Salah, karena pokok pikiran utama
paragraf tersebut ada di awal dan di akhir paragraf, sedangkan paragraf tersebut adalah paragraf
kombinasi deduktif dan induktif.
B. Salah, perhatikan rambu A.
C. Benar, karena pokok pikiran utama
paragraf tersebut ada di awal dan di akhir paragraf.
D. Salah, karena isi paragraf naratif adalah kisah/peristiwa/kejadian yang
dikembangkan secara kronologis sedangkan paragraf tersebut berisi pengetahuan.
28.
Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada
modul 5, kegiatan belajar 1, halaman 5.24 sampai dengan 5.25
A. Benar, paragraf narasi adalah paragraf
yang terdapat dalam rangkaian peristiwa
dan disajikan menurut urutan waktu.
B. Salah, karena pernyataan tersebut
merupakan definisi jenis paragraf
deskripsi.
C. Salah, karena pernyataan tersebut
merupakan definisi jenis paragraf
argumentasi.
D. Salah, karena pernyataan tersebut
merupakan definisi jenis paragraf persuasi.
29.
Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada
modul 5, kegiatan belajar 1, halaman 5.24 sampai dengan 5.25
A. Salah, karena deskripsi merupakan jenis
paragraf yang mengambarkan atau
melukiskan suatu objek atau tempat secara detail.
B. Benar, paragraf tersebut merupakan jenis
paragraf argumnetasi karena paragraf tersebut menyajikan fakta dan data untuk
memperkuat alasan yang terdapat dalam
paragraf tersebut.
C. Salah, karena persuasi merupakan jenis
paragraf yang bertujuan untuk mempengaruhi pembacanya dengan berbagai cara.
D. Salah, karena narasi adalah jenis
paragraf yang di dalamnya terdapat rangkaian peristiwa dan disajikan menurut
urutan waktu.
30.
Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada
modul 5, kegiatan belajar 2, halaman 5.29
sampai dengan 5.30
A. Salah, karena hal tersebut merupakan
kriteria pemilihan topik karangan.
B. Salah, karena hal tersebut merupakan kriteria
pemilihan topik karangan.
C. Salah, karena hal tersebut merupakan
kriteria pemilihan topik karangan.
D. Benar, karena pernyataan tersebut
bertentangan dengan kriteria penulis.
31.
Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada
modul 5, kegiatan belajar 1, halaman 6.3
sampai dengan 6.7
A. Benar, proses berbicara selalu berpadu
dengan proses menyimak.
B. Salah, karena pernyataan tersebut
merupakan keterpaduan keterampilan menulis dengan fokus menyimak.
C. Salah, karena pembicara tidak selamanya
berperan sebagai pendengar saja.
D. Salah, karena pernyataan tersebut tidak
menjelaskan hubungan antara keterampilan berbicara dan menyimak.
32.
Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada
modul 6, kegiatan belajar 1, halaman 6.5
sampai dengan 6.7
A. Benar, karena kegiatan pertama, fokus
yang dilakukan siswa sekolah adalah menyimak dilanjutkan dengan berdiskusi
(berbicara).
B. Salah, karena pernyataan tersebut bukan
contoh keterpaduan keterampilan berbicara dengan fokus menyimak adalah
keterampilan berbahasa yang dilatihkan adalah menulis dan membaca.
C. Salah, karena pernyataan tersebut bukan
contoh keterpaduan keterampilan berbicara dengan fokus menyimak adalah
keterampilan berbahasa yang dilatihkan adalah menulis dan membaca.
D. Salah, karena fokus kegiatan berbahasa
yang dilatihkan adalah membaca dan berbicara.
33.
Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada
modul 6 , kegiatan belajar 2, halaman 6.10
sampai dengan 6.11
A. Benar, karena menyimak dan membaca
membutuhkan penguasaan simbol-simbol bahasa, pengetahuan, yang berkaitan dengan
materi simakan, diksi dan gaya bahasa.
B. Salah, karena orang yang senang
menyimak, belum tentu suka membaca.
C. Salah, karena keterampilan membaca belum
tentu membuat seseorang menjadi sering menyimak.
D. Salah, karena keterampilan menyimak dan
membaca juga dapat berlangsung dalam situasi nonformal.
34.
Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada
modul 6 , kegiatan belajar 2, halaman 6. 12 sampai dengan 6.13
A. Benar, kegiatan tersebut berfokus pada
keterampilan menyimak yang dilanjutkan/dipadukan dengan keterampilan membaca.
B. Salah, karena kegiatan tersebut melatih
siswa menyimak dan berbicara.
C. Salah, karena fokus kegiatan tersebut
adalah berbicara.
D. Salah, karena hal tersebut merupakan
keterpaduan keterampilan menyimak, membaca,dengan fokus menulis.
35.
Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada
modul 5, kegiatan belajar 1, halaman 6.17 sampai dengan 6.21
A. Salah, contoh kegiatan tersebut tidak
menunjukkan keterpaduan keterampilan menulis dengan fokus menyimak.
B. Benar, contoh kegiatan tersebut
merupakan keterpaduan keterampilan menulis dengan fokus menyimak
C. Salah, contoh kegiatan tersebut hanya
melatih siswa terampil menulis dengan fokus menyimak.
D. Salah, contoh kegiatan tersebut
menunjukkan keterpaduan keterampilan berbicara dan menulis.
36.
Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada
modul 7, kegiatan belajar 1, halaman 7.5 sampai dengan 7.6
A. Salah, karena hal
tersebut bukan merupakan keterpaduan keterampilan menyimak dengan fokus
menulis.
B. Benar, karena kegiatan
tersebut merupakan keterpaduan keterampilan menyimak dengan fokus berbicara.
C. Salah, karena kegiatan
tersebut merupakan keterpaduan keterampilan membaca dengan fokus sastra.
D. Salah, karena kegiatan
tersebut hanya memfokuskan pada keterampilan menyimak saja.
37.
Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada
modul 7, kegiatan belajar 2, halaman 7. 13 sampai dengan 7.17
A. Salah, karena hal tersebut merupakan
cara membatasi tema.
B. Salah, karena hal tersebut adalah cara
membatasi tema.
C. Salah, karena hal tersebut juga cara
membatasi tema.
D. Benar, karena menentukan tema sesuai
dengan keahlian merupakan cara memilih tema.
38.
Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada
modul 7, kegiatan belajar 2, halaman 7.21 sampai dengan 7.23
A. Benar, hal tersebut merupakan jenis karangan
narasi sugestif.
B. Salah, karena pernyataan tersebut
merupakan jenis karangan narasi ekspositoris.
C. Salah, karena hal tersebut merupakan
jenis karangan narasi ekspositoris.
D. Salah, karena hal tersebut merupakan
jenis karangan narasi ekspositoris.
39.
Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada
modul 7, kegiatan belajar 2, halaman 7.27 sampai dengan 7.29
A. Benar, contoh kegiatan tersebut
merupakan keterpaduan keterampilan menulis dengan fokus berbicara.
B. Salah, karena kegiatan tersebut kegiatan
menulis (puisi).
C. Salah, karena contoh kegiatan tersebut
bukan merupakan keterpaduan keterampilan membaca dan menulis.
D. Salah, karena contoh kegiatan tersebut
bukan merupakan keterpaduan keterampilan membaca dan berbicara
40.
Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada
modul 7, kegiatan belajar 3, halaman 7.36 sampai dengan 7.47
A. Benar, kegiatan tersebut merupakan
keterpaduan keterampilan membaca dengan fokus berbicara.
B. Salah, karena kegiatan tersebut hanya
menggunakan keterampilan berbicara.
C. Salah, karena kegiatan tersebut hanya
menggunakan keterampilan membaca berbicara.
D. Salah, karena dalam kegiatan tersebut
hanya menggunakan keterampilan menyimak.
41.
Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada
modul 8, kegiatan belajar 1, halaman 8.3 sampai dengan 8.15A. Benar, kegiatan tersebut
tidak menunjukkan adanya keterpaduan keterampilan menyimak dengan fokus
menulis.
B. Salah, karena kegiatan
tersebut merupakan keterpaduan keterampilan menyimak dengan fokus menulis.
C. Salah, karena kegiatan
tersebut merupakan keterpaduan keterampilan menyimak dengan fokus menulis.
D. Salah, karena kegiatan tersebut
merupakan keterpaduan keterampilan menyimak
dengan fokus menulis.
42.
Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada
modul 5, kegiatan belajar 1, halaman 6.17 sampai dengan 6.21
A. Benar, kegiatan tersebut merupakan
keterpaduan keterampilan berbicara dengan fokus menulis.
B. Salah, karena kegiatan tersebut
merupakan keterpaduan keterampilan menulis dengan membaca.
C. Salah, karena kegiatan tersebut
merupakan keterpaduan keterampilan menyimak dengan menulis.
D. Salah, karena kegiatan tersebut
merupakan keterpaduan keterampilan berbicara, menyimak dan menulis.
43.
Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada
modul 8 , kegiatan belajar 2, halaman 8.28 sampai dengan 8.34
A. Salah, karena kegiatan tersebut adalah
berlatih menulis dan berbicara (bersastra.
B. Benar, kegiatan tersebut menggambarkan
adanya keterpaduan keterampilan membaca dengan fokus menulis.
C. Salah, karena kegiatan yang dilakukan
siswa adalah menyimak dan berbicara.
D. Salah, karena kegiatan tersebut hanya
melatih kemampuan membaca.
44.
Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada
modul, kegiatan belajar 1, halaman 6.17 sampai dengan 6.21
A. Benar, hal tersebut menggambarkan
keterpaduan keterampilan menyimak, berbicara dengan fokus membaca.
B. Salah, karena kegiatan tersebut tidak
menunjukkan adanya keterpaduan keterampilan menyimak, berbicara dengan fokus
membaca.
C. Salah, karena kegiatan tersebut
merupakan keterpaduan keterampilan membaca, menulis, dengan fokus menyimak.
D. Salah, karena kegiatan tersebut
menunjukkan keterpaduan keterampilan membaca, berbicara, dengan fokus menyimak.
45.
Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada
modul 6 , kegiatan belajar 1, halaman 6.17 sampai dengan 6.21
A. Salah, karena kegiatan tersebut
merupakan keterpaduan keterampilan menulis dengan fokus membaca.
B. Salah, karena kegiatan tersebut
merupakan keterpaduan keterampilan berbicara dengan fokus membaca.
C. Salah, karena kegiatan tersebut juga
merupakan keterpaduan keterampilan menulis dengan fokus membaca.
D. Benar, karena kegiatan tersebut tidak
menggambarkan keterpaduan keterampilan menulis dengan fokus membaca.
46.
Pernyataan 1 dan 2 benar, karena cerita yang
baik mengandung ajaran kebenaran dan memberikan keteladanan.
Pernyataan 3 salah, karena menguasai cerita
merupakan syarat untuk memperoleh kemampuan bercerita, bukan manfaat bercerita.
47.
Pernyataan 1 dan 2, benar, karena jenis membaca
ekstensif adalah membaca sekilas dan membaca dangkal.
Pernyataan 3, salah, karena membaca sastra
bukan jenis membaca ekstensif tetapi termasuk jenis membaca telaah bahasa atau
membaca intensif.
48.
Pernyataan 1 dan 3, benar, karena kata kebersihan
dan higienis adalah kata yang bermakna denotasi.
Pernyataan 2 salah, karena kata berkilau
dan cerah pada pilihan ke-2 merupakan kata yang bermakna konotasi.
49.
Pernyataan 1 dan 2 benar, karena kata kuliner
dan kasih merupakan kata abstrak.
Pernyataan 3 salah, karena kata tablet merupakan kata
konkret.
50.
Pernyataan 2 dan 3 benar, karena kata costumer dan
judgment adalah kata asing.
Pernyataan 1 salah, karena kata terkontaminasi adalah kata
serapan bukan kata asing.
No comments:
Post a Comment