KUNCI JAWABAN DAN PEMBAHASAN SOAL UAS
UT
PDGK4104 PERSPEKTIF PENDIDIKAN SD
1.
Untuk menjawab soal ini Anda dapat mempelajari modul 1, Kegiatan Belajar (KB)
1.
A.
salah, karena anak salah satu pilar konseptual tentang perkembangan kognitif
anak relevan dengan teori kognitifisme.
B.
benar, karena teori historis-kultural pertama dikembangkan oleh Vygotsky yang
memusatkan perhatian pada bidang telaah aspek manusia dari kognisi (Modul 1.
Landasan Pendidikan SD, KB1 tentang landasan filosofis psikologis-pedagogis
pendidikan di SD).
C.
salah, karena pernyataan tersebut merupakan hakikat dari teori humanistik.
D.
salah, karena pernyataan tersebut merupakan hakikat dari teori kognitifisme.
2.
Untuk menjawab soal ini Anda dapat mempelajari modul 2 KB 1.
A.
salah, karena pernyataan tersebut merupakan kemampuan kemelekwacanaan
B.
salah, karena pernyataan tersebut merupakan kemampuan memecahkan masalah
C.
salah, karena pernyataan tersebut merupakan kemampuan bernalar
D.
benar, karena dapat menginfomasikan sesuatu yang diperoleh merupakan kemampuan
berkomunikas (Modul 2. Karakteristik Pendidikan SD), KB 1: tentang: Fungsi,
tujuan, dan ciri-ciri pendidikan SD)
3.
Untuk menjawab soal ini Anda dapat mempelajari modul 2 KB 2.
A.
salah, karena ketiga pernyataan tersebut memang makna ayat 2 dari pasal 9 Bab
VI PP no.28/1990 tentang pengelolaan pendidikan SD.
B.
salah, karena ketiga pernyataan tersebut memang makna ayat 2 dari pasal 9 Bab
VI PP no.28/1990 tentang pengelolaan pendidikan SD.
C.
benar, karena pernyataan tersebut bukan makna ayat 2 dari pasal 9 Bab VI PP
no.28/1990 tentang pengelolaan pendidikan SD, melainkan makna ayat 1. (Modul 2.
Karakteristik Pendidikan SD KB 2: tentang makna ayat 1 dari pasal 9 Bab VI PP
no.28/1990 tentang pengelolaan pendidikan SD).
D.
salah, karena ketiga pernyataan tersebut memang makna ayat 2 dari pasal 9 Bab
VI PP no.28/1990 tentang pengelolaan pendidikan SD.
4.
Untuk menjawab soal ini Anda dapat mempelajari modul 2 KB 2.
A.
benar, karena sekolah yang menyelenggarakan pendidikan umum setingkat SD, di
samping pendidikan Agama Islam merupakan bentuk pendidikan formal Madrash
Ibtidaiyah (Modul 2. Karakteristik Pendidikan SD, KB 2: tentang Bentuk-bentuk penyelenggaraan pendidikan SD)
B.
salah, karena pernyataan tersebut
merupakan bentuk pendidikan umum di SD.
C.
salah, karena pernyataan tersebut
merupakan bentuk SD Unggulan.
D.
salah, karena pernyataan tersebut
merupakan bentuk SD Luar biasa.
5.
Untuk menjewab soal tersebut, pelajari modul 2 KB 2.
A.
salah, karena pernyataan tersebut menunjukkan bentuk program paket A
B.
salah, karena pernyataan tersebut menunjukkan termasuk juga bentuk program
paket A
C.
salah, karena pernyataan tersebut menunjukkan bentuk SD Inklusi
D.
benar, karena pernyataan tersebut menunjukkan bentuk Sekolah Rumah
6.
A.
benar, karena pernyataan tersebut merupakan penjabaran dari Pasal 31 UUD 1945
tentang system pendidikan Nasional Yaitu UU no. 4 Tahun 1950 (Modul 3:
Perkembangan Pendidikan SD, KB 1: tentang: Ketentuan Perundang-Undangan Terkait
Pendidikan SD)
B.
salah, karena pernyataan tersebut penjabaran dari Pasal 31 UUD 1945 tentang
system pendidikan Nasional tanggal 1 Maret 1946
C.
salah, karena pernyataan tersebut penjabaran dari Pasal 31 UUD 1945 tentang
system pendidikan Nasional Keputusan Presiden No. 145 tahun 1965
D.
salah, karena pernyataan tersebut penjabaran dari Pasal 31 UUD 1945 tentang
system pendidikan Nasional tanggal tentang Undang-Undang No.22 tahun 1961.
7.
A.
salah, karena pernyataan tersebut merupakan tempat belajar siswa, dan tidak ada
kaitannya dengan program perluasan.
B.
salah, karena berkolaborasi dengan masyarakat tidak ada kaitannya dengan
program perluasan.
C.
benar, karena tujuan upaya program perluasan dan pemerataan kesempatan belajar,
untuk menciptakan agar setiap orang mempunyai kesempatan untuk memperoleh
pendidikan (Moddul 3: Perkembangan Pendidikan SD KB 1: tentang: Program
perluasan dan pemerataan kesempatan belajar)
D.
salah, karena bukan itu yang dimaksud.
8.
Untuk menjawab soal tersebut pelajari modul 3 KB 2.
A.
benar, karena menurunya jumlah penduduk sehingga masyarakat menjadi sejahtera
tidak ada kaitannya dengan prinsip pembangunan menurut GBHN 1998 yang berkaitan
dengan pemerataan & peningkatan kualitas pendidikan dasar, pendidikan
kejuruan, pendidikan professional serta meningkatkan wajib belajar Sembilan
tahun.
B.
salah, karena berkaitan dengan prinsip pembangunan menurut GBHN 1998 yang
berkaitan dengan pemerataan & peningkatan kualitas pendidikan dasar,
pendidikan kejuruan, pendidikan professional serta meningkatkan wajib belajar
Sembilan tahun (Modul 3: Perkembangan Pendidikan SD KB 2: tentang: Prinsip
pembangunan menurut GBHN 1998 yang berkaitan dengan pemerataan &
peningkatan kualitas pendidikan dasar, pendidikan kejuruan, pendidikan
professional serta meningkatkan wajib belajar Sembilan tahun)
C.
salah, karena berkaitan dengan prinsip pembangunan menurut GBHN 1998 yang
berkaitan dengan pemerataan & peningkatan kualitas pendidikan dasar,
pendidikan kejuruan, pendidikan professional serta meningkatkan wajib belajar
Sembilan tahun (Modul 3: Perkembangan Pendidikan SD KB 2: tentang: Prinsip
pembangunan menurut GBHN 1998 yang berkaitan dengan pemerataan &
peningkatan kualitas pendidikan dasar, pendidikan kejuruan, pendidikan
professional serta meningkatkan wajib belajar Sembilan tahun)
D.
salah, karena berkaitan dengan prinsip pembangunan menurut GBHN 1998 yang
berkaitan dengan pemerataan & peningkatan kualitas pendidikan dasar,
pendidikan kejuruan, pendidikan professional serta meningkatkan wajib belajar
Sembilan tahun (Modul 3: Perkembangan Pendidikan SD KB 2: tentang: Prinsip
pembangunan menurut GBHN 1998 yang berkaitan dengan pemerataan &
peningkatan kualitas pendidikan dasar, pendidikan kejuruan, pendidikan
professional serta meningkatkan wajib belajar Sembilan tahun)
9.
Untuk menjawab soal tersebut pelajari kembali modul 3 Kb 2.
A.
benar, karena pendidikan kesetaraan Paket A yang setara SD merupakan rincian
prioritas yang terkait pendidikan SD sesuai dengan UU No.14 2005, tentang
penyelenggaraan pendidikan non formal yang bermutu (Modul 3: Perkembangan
Pendidikan SD,KB 2:tentang rincian prioritas yang terkait pendidikan SD sesuai
dengan UU No.14 2005).
B.
salah, karena ketiga pernyataan tersebut merupakan prinsip pembangunan menurut
GBHN 1998.
C.
salah, karena ketiga pernyataan tersebut merupakan prinsip pembangunan menurut
GBHN 1998.
D.
salah, karena ketiga pernyataan tersebut merupakan prinsip pembangunan menurut
GBHN 1998.
10.
Untuk menjawab soal tersebut pelajari kembali modul 3 KB 2.
A.
salah, karena ketiga pernyataan tersebut adalah contoh dari learning to know
B.
benar, karena ketiga pernyataan tersebut adalah contoh dari learning to know
C.
benar, karena bekerja secara mandiri yang menghasilkan suatu produk adalah
contoh dari learning to do
D.
salah, karena ketiga pernyataan tersebut adalah contoh dari learning to know
11.
Untuk menjawab soal tersebut pelajari kembali modul 3 KB 2.
A.
salah, karena merupakan bagian dari pembaharuan sistem pendidikan
B.
salah, karena merupakan bagian dari pembaharuan sistem pendidikan
C.
salah, karena merupakan bagian dari pembaharuan sistem pendidikan
D.
benar, karena misi pendidikan Nasional yang bertujuan untuk meningkatkan
kesiapan & kualitas proses pendidikan, adalah mengoptimalkan pembentukan
kepribadian yang bermoral (Modul 3: Perkembangan Pendidikan SD, KB 2: tentang:
Visi dan Misi Pendidikan Nasional.
12.
Untuk menjawab soal ini Anda dapat mempelajari modul 3 KB 2.
A.
benar, karena pengembangan kurikulum berbasis kompetensi termasuk salah satu
strategi pembangunan dalam pembaharuan sistem pendidikan yang tertuang dalam
penjelasan umum UU SISDIKNAS 20/2003 (Modul 3: Perkembangan Pendidikan SD KB 2: tentang Visi dan Misi Pendidikan
Nasional)
B.
salah, karena ketiga pernyataan tersebut termasuk misi pendidikan Nasional.
C.
salah, karena ketiga pernyataan tersebut termasuk misi pendidikan Nasional.
D.
salah, karena ketiga pernyataan tersebut termasuk misi pendidikan Nasional.
13.
Untuk menjawab soal tersebut, pelajari kembali modul 3 KB 2.
A.
benar, karena pernyataan tersebut termasuk
Prisip pengembangan Beragam & terpadu pada kurikulum yang sesuai
dengan Pasal 37 UU No. 20 2003 (Modul 3: Perkembangan Pendidikan SD KB 2
Tentang: beberapa prinsip pengembangan kurikulum sesuai dengan Pasal 37 UU No.
20 2003).
B.
salah, karena ketiga pernyataan tersebut tidak sesuai dengan Pasal 37 UU No. 20 2003
C.
salah, karena ketiga pernyataan tersebut tidak sesuai dengan Pasal 37 UU No. 20 2003
D.
salah, karena ketiga pernyataan tersebut tidak sesuai dengan Pasal 37 UU No. 20 2003
14.
Modul 4: Karakteristik Perkembangan Siswa SD.KB 1tentang: : Karakteristik
Perkembangan Fisik, Motorik, Emosi, dan Sosial Anak
A.
benar, karena pertumbuhan anak akan terhambat apabila kekurangan gizi dalam
asupan makanannya merupakan faktor yang berpengaruh terhadap perkembangan anak
B.
salah, karena pernyataan tersebut merupakan faktor keturunan.
C.
salah, karena pernyataan tersebut merupakan faktor emosional.
D.
salah, karena pernyataan tersebut merupakan faktor jenis kelamin.
15.
Modul 4: Karakteristik Perkembangan Siswa SD KB 1: Tentang Karakteristik
Perkembangan Emosi.
A.
salah, karena kasus di atas bukan kasus keluarga yang otoriter
B.
salah, karena keluarga bahagia belum tentu seperti kasus di atas.
C.
benar, karena kasus di atas sesuai dengan kedua pernyataan tersebut.
D.
salah, karena keluarga sejahtera belum tentu seperti kasus di atas.
16.
Modul 4: Karakteristik Perkembangan Siswa SD.KB 1: Tentang Karakteristik
Perkembangan Sosial Anak
A.
salah, karena kedua pernyataan tersebut .termasuk tahap teman akrab
B.
salah, karena kedua pernyataan tersebut .termasuk tahap teman akrab
C.
benar, karena mendapatkan teman karena adanya suatu kepentingan rasa keadilan
termasuk tahap balas jasa
D.
salah, karena pernyataan tersebut termasuk tahap pemenuhan kebutuhan)
17.
Modul 4: Karakteristik Perkembangan Siswa SD, KB 2: Karakteristik Perkembangan
Intelektual
A.
benar, karena pernyataan tersebut adalah contoh dari konservasi Piaget seriasi
B.
salah, karena ketiga pernyataan tersebut tidak termasuk contoh perkembangan intelektual berdasarkan
beberapa percobaan konservasi Piaget Seriasi).
C.
salah, karena ketiga pernyataan tersebut tidak termasuk contoh perkembangan intelektual berdasarkan
beberapa percobaan konservasi Piaget Seriasi).
D.
salah, karena ketiga pernyataan tersebut tidak termasuk contoh perkembangan intelektual berdasarkan
beberapa percobaan konservasi Piaget Seriasi).
18.
Untuk menjawab soal ini pelajari kembali modul 4: Karakteristik Perkembangan
Siswa SD.KB 2: Karakteristik Perkembangan Bahasa Anak
A.
salah, karena pernyataan tersebut termasuk menyampaikan informasi.
B.
salah, karena pernyataan tersebut termasuk mengepresikan perasaan
C.
salah, karena pernyataan tersebut termasuk tahap bicara berceloteh
D.
benar, karena pernyataan tersebut termasuk mempengaruhi orang lain
19.
Modul 4: Karakteristik Perkembangan Siswa SD, KB 2 tentang: Karakteristik
Perkembangan bahasa anak
A.
benar, karena ekspresi tersebut menunjukkan ekspresi anak sedang berceloteh
B.
salah, karena pernyataan tersebut menunjukkan ekspresi holofrase
C.
salah, karena pernyataan tersebut menunjukkan ekspresi mengobrol
D.
salah, karena pernyataan tersebut menunjukkan ekspresi kesakitan
20.
Modul 4: Karakteristik Perkembangan Siswa SD, KB 2:tentang: Perkembangan agama
A.
salah, karena pernyataan tersebut menunjukkan contoh metode karyawisata
B.
benar, karena yang dilakukan guru tersebut adalah contoh yang benar penerapan metode bermain untul perkenbangan agama anak SD
C.
salah, karena pernyataan tersebut menunjukkan metode bercerita yang berkaitan
dengan perkembangan agama
D.
salah, karena pernyataan tersebut menunjukkan metode demonstrasi yang berkaitan
dengan perkembangan agama
21.
Untuk menjawab soal ini pelajari kembali modul 5 KB 1.
A.
benar, karena pengertian belajar menurut Bruner adalah menstransformasikan
informasi
B.
salah, karena ketga pernyataan tersebut bukan termasuk pengertian belajar
menurut Bruner
C.
salah, karena ketga pernyataan tersebut bukan termasuk pengertian belajar
menurut Bruner
D.
salah, karena ketga pernyataan tersebut bukan termasuk pengertian belajar
menurut Bruner
22.
Modul 5: Karakteristik Belajar Siswa SD., KB 1:tentang: Bentuk-bentuk Kegiatan Belajar yang biasa
dilakukan siswa SD
A.
salah, karena ketiga pernyataan tersebut bukan termasuk belajar menemukan.
B.
salah, karena ketiga pernyataan tersebut bukan termasuk belajar menemukan.
C.
salah, karena ketiga pernyataan tersebut bukan termasuk belajar menemukan.
D.
benar, karena dalam kegiatan pembelajaran tersebut guru hanya menugaskan tidak
memberikan rambu-rambu kegiatan apa yang harus dilakukan
23.
Modul 5: Karakteristik Belajar Siswa SD., KB 2 tentang: : Motivasi Belajar
Siswa
A.
benar, karena melalui pemberian hadiah
dengan harapan siswa dapat belajar lebih baik lagi
B.
salah, karena ketiga pernyataan tersebut tidak dapat menumbuhkan motivasi dalam
kegiatan belajar di sekolah.
C.
salah, karena ketiga pernyataan tersebut tidak dapat menumbuhkan motivasi dalam
kegiatan belajar di sekolah.
D.
salah, karena ketiga pernyataan tersebut tidak dapat menumbuhkan motivasi dalam
kegiatan belajar di sekolah.
24.
Modul 6: Layanan Pendidikan bagi Siswa SD, KB 1 tentang: Prinsip-prinsip
Bimbingan di SD
A.
benar, karena memperoleh makna pribadi dari belajarnya termasuk tujuan
bimbingan dan konseling di SD menurut Agus Taufik
B.
salah, karena ketiga pernyataan tersebut tidak termasuk tujuan bimbingan dan
konseling di SD menurut Agus Taufik.
C.
salah, karena ketiga pernyataan tersebut tidak termasuk tujuan bimbingan dan
konseling di SD menurut Agus Taufik.
D.
salah, karena ketiga pernyataan tersebut tidak termasuk tujuan bimbingan dan
konseling di SD menurut Agus Taufik.
25.
Modul 6: Layanan Pendidikan bagi Siswa SD, KB 2: Berbagai Layanan Pendidikan
untuk Anak SD
A.
salah, karena pernyataan tersebut menunjukkan model layanan kognitif-afektif
B.
salah, karena pernyataan tersebut menunjukkan model layanan perkembangan nilai
C.
salah, karena pernyataan tersebut menunjukkan model layanan di bidang khusus
D.
benar, karena pernyataan tersebut menunjukkan model layanan perkembangan moral
26.
Modul 6: Layanan Pendidikan bagi Siswa SD,KB 2: Berbagai Layanan Pendidikan
untuk Anak SD
A.
benar, karena pernyataan tersebut termasuk tindakan yang harus dilakukan dalam
menghadapi anak yang berprilaku responsive terhadap perasaan anak
B.
salah, karena pernyataan tersebut termasuk pendekatan kasih saying
C.
salah, karena pernyataan tersebut termasuk mendengarkan suara hati anak
D.
salah, karena pernyataan tersebut termasuk pembinaan kasih saying antar anak.
27.
Modul 7: Kompetensi Guru SD., KB 2: Forum Peningkatan Profesionalitas Guru
kelompok KKG
A.
benar, karena melakukan refleksi pada setiap akhir pembelajaran termasuk kegiatan
yang dapat dilakukan untuk meningkatkan profesionalitas guru
B.
salah, karena ketiga pernyataan tersebut merupakan wadah peningkatan
profesionalitas guru pada KKG..
C.
salah, karena ketiga pernyataan tersebut merupakan wadah peningkatan profesionalitas
guru pada KKG..
D.
salah, karena ketiga pernyataan tersebut merupakan wadah peningkatan
profesionalitas guru pada KKG..
28.
Modul 7: Kompetensi Guru SD., KB 2: Forum Peningkatan Profesionalitas Guru
kelompok LPMP
A.
salah, karena ketiga pernyataan tersebut termasuk kegiatan yang dapat di
lakukan oleh KKG dalam rangka
peningkatan profesionalitas guru
B.
salah, karena ketiga pernyataan tersebut termasuk kegiatan yang dapat di
lakukan oleh KKG dalam rangka
peningkatan profesionalitas guru
C.
benar, karena pengembangan kurikulum dan perangkat pembelajaran termasuk
kegiatan yang dapat di lakukan di berbagai wadah peningkatan profesionalitas
guru pada LPMP
D.
salah, karena ketiga pernyataan tersebut termasuk kegiatan yang dapat di
lakukan oleh KKG dalam rangka
peningkatan profesionalitas guru
29.
Untuk menjawab soal ini pelajari kembali modul 8 KB 1.
A.
salah, karena pernyataan tersebut termasuk kemelekwacanaan
B.
benar, karena kemampuan peserta didik dalam memahami fenomena di lingkungannya
dan mengemasnya dalam bahasa Indonesia yang baik termasuk kemampuan
berkomuniksi.
C.
salah, karena pernyataan tersebut termasuk memecahkan masalah
D.
salah, karena pernyataan tersebut termasuk kemampuan bernalar.
30.
Modul 8: Kurikulum SD, KB 1: Tentang Hakikat Kurikulum SD
A.
benar, karena standar kompetensi lulusan SD dalam mata pelajaran bahasa
Indonesia didasarkan PP No.23 2006 dari aspek berbicara adalah peserta didik
mampu menggunakan wacana lisan untuk mengungkapkan perasaan dalam kegiatan
perkenalan
B.
salah, karena ketiga pernyataan tersebut tidak termasuk standar kompetensi
lulusan SD dalam mata pelajaran bahasa Indonesia didasarkan PP No.23 2006 dari
aspek berbicara
C.
salah, karena ketiga pernyataan tersebut tidak termasuk standar kompetensi
lulusan SD dalam mata pelajaran bahasa Indonesia didasarkan PP No.23 2006 dari
aspek berbicara
D.
salah, karena ketiga pernyataan tersebut tidak termasuk standar kompetensi
lulusan SD dalam mata pelajaran bahasa Indonesia didasarkan PP No.23 2006 dari
aspek berbicara
31.
Modul 8: Kurikulum SD, KB 2 Tentang: Hakikat KTSP
A.
salah, karena meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan , kepribadian, dan
akhlak mulia merupakan tujuan pendidikan SD.
B.
benar, karena pola dan susunan mata pelajaran yang harus ditempuh peserta
didikdalam kegiatan pembelajaran merupakan ruang lingkup KTSP yang berkaitan
dengan struktur dan muatan kurikulum SD
C.
salah, karena pengaturan waktu untuk kegiatan pembelajaran selama satu tahun
merupakan kalender pendidikan SD
D.
salah, karena rencana pembelajaran pada kelompok mata pelajaran tertentu yang mencakup standar kompetensi
merupakan silabus
32.
Modul 8: Kurikulum SD, KB 2: Tentang Cakupan aspek yang tercantum dalam
struktur dan muatan kurikulum
A.
benar, karena kegiatan yang dilakukan untuk memberikan kesempatan kepada
peserta didik mengembangkan diri sesuai dengan bakat dan kondisi sekolah
merupakan cakupan aspek kegiatan pengembangan diri yang harus disajikan dalam
struktur & muatan kurikulum
B.
salah, karena ketiga pernyataan tersebut bukan cakupan aspek kegiatan
pengembangan diri yang harus disajikan dalam struktur & muatan
kurikulum.
C.
salah, karena ketiga pernyataan tersebut bukan cakupan aspek kegiatan
pengembangan diri yang harus disajikan dalam struktur & muatan kurikulum.
D.
salah, karena ketiga pernyataan tersebut bukan cakupan aspek kegiatan
pengembangan diri yang harus disajikan dalam struktur & muatan
kurikulum.
33.
Modul 8: Kurikulum SD, KB 2:Tentang: Pendidikan berbasis keunggulan lokal dan
globaL
A.
salah, karena ketiga pernyataan tersebut bukan pengertian dari aspek pendidikan
berbasis keunggulan local dan global yang harus di sajikan dalam struktur
& muatan kurikulum
B.
salah, karena ketiga pernyataan tersebut bukan pengertian dari aspek pendidikan
berbasis keunggulan local dan global yang harus di sajikan dalam struktur
& muatan kurikulum
C.
salah, karena ketiga pernyataan tersebut bukan pengertian dari aspek pendidikan
berbasis keunggulan local dan global yang harus di sajikan dalam struktur
& muatan kurikulum
D.
benar, karena pendidikan yang
memanfaatkan keunggulan local dan kebutuhan daya saing global termasuk aspek
pendidikan berbasis keunggulan local dan global yang harus di sajikan dalam
struktur & muatan kurikulum
34.
Untuk menjawab soal ini, pelajari kembali modul 9 KB 2.
A.
salah karena ketiga pernyataan tersebut termasuk komponen-komponen dalam LKS
B.
benar, karena tujuan pembelajaran,
uraian materi, dan evaluasi merupakan komponen dalam buku teks sebagai bahan
ajar.
C.
salah karena ketiga pernyataan tersebut termasuk komponen-komponen dalam LKS
D.
salah karena ketiga pernyataan tersebut termasuk komponen-komponen dalam LKS
35.
Modul 9: Bahan Belajar SD.KB 2: Tentang Pengembangan Bahan Ajar SD
A.
benar, karena pernytaan tersebut menunjukkan langkah-langkah yang harus
dilakukan guru dalam mengembangkan bahan ajar secara berurutan menurut Dick,
Carey, & Carey
B.
salah, karena ketiga pernyataan tersebut tidak menunjukkan langkah-langkah yang
harus dilakukan guru dalam mengembangkan bahan ajar secara berurutan menurut
Dick, Carey, & Carey.
C.
salah, karena ketiga pernyataan tersebut tidak menunjukkan langkah-langkah yang
harus dilakukan guru dalam mengembangkan bahan ajar secara berurutan menurut
Dick, Carey, & Carey.
D.
salah, karena ketiga pernyataan tersebut tidak menunjukkan langkah-langkah yang
harus dilakukan guru dalam mengembangkan bahan ajar secara berurutan menurut
Dick, Carey, & Carey.
36.
Modul 9: Bahan Belajar SD., KB2 tentang: Penggunaan Bahan ajar yang sudah
Tersedia
A.
salah, karena kedua pernyataan tersebut menunjukkan pertimbangan yang
berdasarkan criteria filosofis
B.
salah, karena kedua pernyataan tersebut menunjukkan pertimbangan yang
berdasarkan criteria filosofis
C.
salah, karena pernyataan tersebut menunjukkan pertimbangan yang berpusat pada
tujuan
D.
benar, karena pernyataan tersebut menunjukkan pertimbangan-pertimbangan
pemilihan bahan ajar berdasarkan kriteria psiko-pedagogis
37.
Modul 9: Bahan Belajar SD, KB 2: Tentang: memilih buku kerja siswa berdasarkan
kriteria menurut Omstein
A.
salah, karena pertanyaan tersebut menunjukkan kriteria tujuan
B.
benar, karena pertanyaan tersebut menunjukkan kriteria keterbacaan menurut
Omstein
C.
salah, karena pertanyaan tersebut menunjukkan kriteria kegunaan
D.
salah, karena pertanyaan tersebut menunjukkan kriteria kognisi
38.
Modul 10: Potret Pembelajaran di SD, KB 2: Tentang Pembaharuan Pembelajaran
yang diterapkan di SD
A.
benar, karena fenomena kehidupan sosial masyarakat, dan fenomena dunia
pengalaman dan pengetahuan murid termasuk beberapa hal yang berhubungan dengan
strategi pembelajaran secara kontekstual
B.
salah, karena pernyataan tersebut termasuk program pada pembelajaran
kontekstual
C.
salah, karena kedua pernyataan tersebut adalah upaya meningkatkan mutu
pembelajaran kontekstual.
D.
salah, karena kedua pernyataan tersebut adalah upaya meningkatkan mutu
pembelajaran kontekstual.
39.
Modul 10: Potret Pembelajaran di SD, KB 2: Tentang pembelajaran kontekstual
A.
salah, karena kedua pernyataan tersebut merupakan kegiatan awal
B.
salah, karena kedua pernyataan tersebut merupakan kegiatan awal
C.
jawaban salah, karena pernyataan tersebut termasuk tahap kegiatan akhir
pembelajaran
D.
benar, karena siswa melakukan diskusi kelompok yang dibimbing oleh guru adalah
tahap kegiatan inti pada pembelajaran dikelas yang mengandung pembelajaran
kontekstual
40.
Untuk menjawab soal ini pelajari kembali modul 10 KB 2.
A.
salah, karena ketiga pernyataan tersebut termasuk PAKEM dalam perspektif siswa.
B.
salah, karena ketiga pernyataan tersebut termasuk PAKEM dalam perspektif siswa.
C.
salah, karena ketiga pernyataan tersebut termasuk PAKEM dalam perspektif siswa.
D.
benar, karena guru memantau kegiatan siswa, dan memberi umpan balik adalah
PAKEM dari perspektif guru.
41.
Pelajari kembali modul 11 KB 1.
A.
benar, karena jika model CIPP yang di
terapkan untuk evaluasi program pembelajaran maka yang menjadi sasaran
penilaian adalah seluruh aspek program pembelajaran (Modul 11: Evaluasi Program
Pembelajaran di SD, KB1: Hakikat dan Potret Evaluasi Program Pembelajaran di SD
tentang penerapan model CIPP.
B.
salah, karena masing-masing dari ketiga pernyataan tersebut merupakan bagian
dari program pembelajaran.
C.
salah, karena masing-masing dari ketiga pernyataan tersebut merupakan bagian
dari program pembelajaran.
D.
salah, karena masing-masing dari ketiga pernyataan tersebut merupakan bagian
dari program pembelajaran.
42.
Pelajari kembali modul 11, KB 1.
A.
salah, karena bukan itu yang dimaksud
B.
benar, karena mengetahui kualitas program pembelajaran merupakan tujuan
dilakukannya evaluasi program pembelajaran (Modul 11: Evaluasi Program
Pembelajaran di SD, KB1: Hakikat dan Potret Evaluasi Program Pembelajaran di
SD)
C.
salah, karena kedua pernyataan tersebut bukan termasuk tujuan dilakukannya
evaluasi program pembelajaran
D.
salah, karena kedua pernyataan tersebut bukan termasuk tujuan dilakukannya
evaluasi program pembelajaran
43.
Pelajari kembali modul 11 KB 2.
A.
benar, karena kelima langkah tersebut adalah
yang harus di tempuh sekolah dalam evaluasi program pembelajaran (Modul 11:
Evaluasi Program Pembelajaran di SD, KB2: Langkah-langkah dan Tindak lanjud
Evaluasi Proram Pembelajaran).
B.
salah, karena ketiga pernyataan tersebut bukan termasuk lima (5) langkah dari
12 langkah yang harus di tempuh sekolah dalam evaluasi program pembelajaran.
C.
salah, karena ketiga pernyataan tersebut bukan termasuk lima (5) langkah dari
12 langkah yang harus di tempuh sekolah dalam evaluasi program pembelajaran
D. salah,
karena ketiga pernyataan tersebut bukan termasuk lima (5) langkah dari 12
langkah yang harus di tempuh sekolah dalam evaluasi program pembelajaran
44.
Pelajari Modul 12 KB 2.
A.
benar, karena pernyataan tersebut menunjukkan tugas Pengawas SD yang berperan dalam
penyelenggaraan pendidikan di SD (Modul 12: Sumber Daya Sekolah Dasar, KB 2:
Sumber Daya yang Berasal dari Luar SD)
B.
salah, karena pernyataan tersebut menunjukkan tugas Kepala Dinas Pendidikan
C.
salah, karena pernyataan tersebut menunjukkan tugas Menteri Pendidikan Nasional
D.
salah, karena pernyataan tersebut menunjukkan tugas Dewan Pendidikan dan Komite
Sekolah
45.
Pelajari Modul 12 KB 2.
A.
salah, karena ketiga pernyataan tersebut merupakan larangan yang tidak boleh
didanai dari dana BOS
B.
salah, karena ketiga pernyataan tersebut merupakan larangan yang tidak boleh
didanai dari dana BOS
C.
benar, karena pembelian buku siswa termasuk yang didanai BOS (Modul 12: Sumber
Daya Sekolah Dasar, KB 2: Sumber Daya yang Berasal dari Luar SD)
D.
salah, karena ketiga pernyataan tersebut merupakan larangan yang tidak boleh
didanai dari dana BOS
46.
Jawaban
1, dan 3 benar, karena sesuai dengan kewenangan atas urusan wajib mengenai
pendidikan SD/MI oleh Pemerintah daerah Propinsi (Modul 3: Perkembangan
Pendidikan SD, KB 2: Tentang kewenangan atas urusan wajib mengenai pendidikan
SD/MI oleh Pemerintah daerah Propinsi).
Jawaban
2 salah, karena pernyataan tersebut
merupakan rincian prioritas yang terkait pendidikan SD sesuai dengan UU No.14
2005
47.
1,
2, dan 3 benar, karena ketiga pernyataan tersebut sesuai dengan makna dari
pernyataan dalam pasal 5 UU Sisdiknas 20/2003 bahwa warga Negara yang memilki
kelainan fisik, emosional, mental, intelektual, dan/atau social berhak
memperoleh pendidikan khusus (Modul 3: Perkembangan Pendidikan SD KB 2
tentang:: Makna dari pernyataan dalam pasal 5 UU Sisdiknas 20/2003)
48.
Jawaban
1, 2, dan 3 benar, karena pernyataan tersebut termasuk Standard Kompetensi Kelulusan satuan
Pendidikan berdasarkan Permendiknas No.23 tahun 2006 (Modul 3 Kb2: Tentang
Kompetensi Kelulusan satuan Pendidikan berdasarkan Permendiknas No.23 tahun
2006)
49.
Jawaban
1, 2, dan 3 benar, karena ketiga pernyataan tersebut adalah ciri-ciri anak SD
yang belum berkembang secara motorik dari gerakan berjalan, maka dapat cara
berjalan (modul 4, KB 1 tentang Karakteristik Perkembangan Motorik.)
50.
Jawaban
1, 2, dan 3 benar, karena ketiga pernyataan tersebut merupakan manfaat dari
bermain teka-teki dalam belajar menganalisis (Modul 5: Karakteristik Belajar
Siswa SD., KB 1: Bentuk-bentuk Kegiatan Belajar yang biasa dilakukan siswa SD.)
No comments:
Post a Comment